Cara Menanam Tanaman Singkong

Diposting pada

Anekabudidaya Halloooo budidayawan.. Sudah tidak sabar lagi bukan untuk pembahasan artikel kali ini??????????? Artikel kali ini akan membaha mengenai “Cara Menanam Tanaman Singkong”. Semoga informasi yang diberikan ini dapat bermanfaat…. Selamat membaca…. ūüôā

Tanaman singkong atau yang biasa dikenal dengan nama ilmiahnya Manihot esculenta  adapun yang menyebutnya dengan ketela pohon atau ubi kayu. Tanaman singkong memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinnggi sehingga tanaman singkong dapat menjadi pengganti beras terutama pada musim panceklik. Tanaman singkong memiliki bentuk batang tanaman yang berbentuk bulat dengan ukuran diameter 2 sampai dengan 4cm dan berkayu serta bergabus. Tanaman singkong juga memiliki batang yang berwarna coklat dan batang tanaman singkong dapat bercabang ganda.

          Budidaya Tanaman Singkong (Manihot esculenta)

Berikut cara – cara yang dapat dilakukan dalam menanam singkong, yaitu:

  1. Persiapan Lahan

Persiapan lahan tidaklah terlepas dari hal utama yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman singkong. Tanaman singkong dapat tumbuh di daerah dataran tinggi dan juga dataran rendah yang terpenting pada lahan yang akan digunakan untuk melakukan penanaman tanaman singkong tidak terlalu banyak menyimpan air. Hal pertma yang harus dilakukan adalah melakukan penggemburan tanah di lahan untuk dibuatkan bedengan. Kemudian taburkanlah pupuk cair sampai tercampur dengan tanah, yang bertujuan supaya akar pada tanaman singkong yang baru tumbuh mudah menyerap mineral serta usahakan lahan berada pada tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup.

                      Lahan Untuk Menanam Singkong

 

  1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit tanaman singkong yang baik akan menghasilkan panen singkong yang berkualitas. Bibit tanaman singkong dapat diperoleh dari batang utama tanaman singkong yang berusia sekitar 8 bulan dan dapat memilih batang utama yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Setelah pembudidaya melakukan pemilihan pada  batang yang baik, selanjutnya lakukanlah pemotongan dengan ukuran panjang 21 cm dan diameter 1,25 cm, tujuannnya ialah untuk meninggikan kualitas pertumbuhan dari tanaman singkong. Kemudian, tancapkan bibit tanaman pada lahan yang sudah siap.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Sri Rejeki
                    Bibit Batang Tanaman Singkong

  1. Proses Tanam

Prose penanaman pada tanamn singkong hanyalah cukup dengan menancapkan saja bibit tanam yanng sudah disediakan pada tanah bedengan lahan. Akan tetatpi, tetap berikanlah jarak jarak antara tanaman singkong. Tunas muda akan mencul yang seiring dengan pertumbuhan akar pada saat tanaman berumur kurang dari 1 bulan setelah masa tanam.

                                               Proses Penanaman

  1. Perawatan

Perawatan yang dilakukan pada tanaman singkong adalah dengan: penyiraman, pemangkasan, pemupukan dan penanggulangan hama. Penyiraman tanaman singkong yang dilakukan pada musim kemarau dilakukan dengan minimal 2 kali penyiraman dalam 1 minggu yang bertujuan supaya kebutuhan mineral pada tanaman singkong dapat terpenuhi. Pupuk yang digunakan untuk tanaman singkong adalah pupuk organik cair yang diberikan pada area bedengan tanaman singkong. Pemangkasan dilakukan ketika cabang tanaman singkong sudah mulai terlalu banyak. Hama yang sering menyerang tanaman singkong ialah tikus tanah yang harus segera dibasmi dengan menggunakan racun tikus dan tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman singkong haruslah segera disingkirkan.

                               Perawatan Tanaman Singkong

  1. Panen

Pemanenan pada tanaman singkong dapatlah dilakukan kpada saat tanaman singkong berumur 7,5 sampai dengan 8 bulan serta terlihat menghasilkan umbi yang baik atau dapat dilihat dari daun yang mulai menguning. Sisakanlah batang batang yang ditebang pada saat panen sekitar 16 hingga 20 cm dengan tujuan memudahkan proses pencabutan akar.

                                                   Panen Singkong

 

Demikianlah informasi tentang “Cara Menanam Singkong” yang kami berikan… Stay terus di website anekabudidaya.com karna masih beragam informasi lagi yang akan kami suguhkan…

Baca Juga Artikel Lainnya :