Syarat Khusus Pada Media Tanam Adenium

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Sebaiknya sebelum kalian akan melakukan proses penanaman pada jenis tanaman adenium, kalian perlu untuk memilih jenis media tanam yang cocok. Sebaiknya untuk media tanam yang di tentukan tidak bersifat lembab, karena bisa membuat tanaman adenium akan gampang terserang oleh penyakit dan hama. Media tanam yang di pakai serupa dengan media tanam yang di gunakan seperti biasanya, Akan tetapi sebaiknya media tanam buat tanaman adenium harus ditentukan sesuai dengan karakter tanaman adenium itu sendiri.

Umumnya orang-orang sudah banyak sekali yang memakai media tanam seperti, pasir putih, sekam bakar, pupuk kandang dan zeloit. Semua jenis media tanam tersebut perlu di berikan dengan jumlah perbandingan yang sesuai. Usahakan untuk jenis media tanam adenium yang di pakai perlu dalam kondisi yang steril dan bersih. Jangan biarkan satu pun hama yang akan menempel pada media tanam adenium tersebut. Karena jika satu hama telah menempel, maka akan menyebar pada bagianseluruhnya.

Oleh sebab itu untuk kalian yang ingin mengetahui Syarat khusus pada media tanam adenium, kamu dapat membaca ulasan ini sampai tuntas, karena ada banyak sekali, manfaat yang akan kamu dapatkan hal ini juga akan berguna untuk tanaman adenium kalian yang ada di rumah, langsung saja kita simak ulasan ini sampai tuntas.

Syarat Khusus Media Tanama Adenium

Syarat Khusus Pada Media Tanam Adenium

Syarat Khusus Pada Media Tanam Adenium. harus diterangkan syarat khusus pada media tanam adenium terangkanlah yang kamu ketahui tentang syarat khusus pada media tanam adenium ini, Jenis tanaman adenium ini memiliki 3 sifat tanaman adenium media tanam yang bagus untuk bunga adenium cara mengganti media tanam adenium.

Baca Juga  Tips Melakukan Budidaya Tanaman Lidah Mertua

Adenium atau merupakan sebuah tanaman yang aslinya berasal dari gurun yang tandus, panas dan beriklim kering. Untuk itu apabila kalian ingin menanam bunga adenium, maka media tanam yang dipakai perlu disesuaikan dengan habitat aslinya.

1. Media Tanam Adenium

Media Tanam Adenium

Media tanam buat tanaman adenium perlu bersifat sangat porous dalam arti bisa mengalirkan air yang berlebihan secara optimal, tidak bersifat terlalu padat, sehingga adenium dapat tumbuh dengan lebih gampang dalam menghasilkan bonggol yang optimal. Media tanam yang sesuai buat adenium biasanya mempunyai derajat keasaman berkisar diangka 6 sampai 7 dengan Skala 1 sampai  12 Beberapa komponen media tanam yang dapat digunakan buat menanam tanaman adenium ialah : pasir malang, sekam mentah, sekam bakar, cocopeat dan pupuk kandang.

2. Media Tanam Majemuk

Media Tanam Majemuk

Biasanya pekebun dan hobiis lebih suka mencampur beberapa komponen media tanam buat memperoleh media tanam majemuk yang berkualitas, sesuai keadaan dan situasi di lingkungan mereka. Jarang sekali yang memakai media tanam tunggal, kecuali buat proses menyemai biji adenium.

3. Penyemaian

Penyemaian

Buat menyemai biji adenium, biasanya dipakai campuran pasir malang yang halus yang sudah disaring dan dicampur dengan sekam bakar dengan komposisi 1 : 1. Dapat juga menambahkan ¼ pada bagian pupuk kandang matang, buat  memperkaya nutrisi media tanam adenium.

4. Menambahkan Cocopeat

Menambahkan Cocopeat

Beberapa pekebun akan menambahkan cocopeat sebagai bahan campuran media tanam adenium buat mencegah media tanam adenium menjadi terlalu kering. Karena bagaimana juga dalam penyemaian, diperlukan media tanam yang relatif lebih lembab dibandingkan dengan media tanam adenium yang dewasa. Sedangkan buat adenium remaja dan dewasa, biasanya tidak memakai campuran dari komponen media tanam yang terlalu banyak mengikat air seperti cocopeat ini.

Baca Juga  Cara Menanam Adenium

Media Tanam Yang Bagus Untuk Bunga Adenium

Media Tanam Yang Bagus Untuk Bunga Adenium

Berikut ini adalah beberapa contoh komposisi media tanam adenium yang sering dipakai buat tanaman adenium adalah sebagai berikut ini :

  • Tahap Penyemaian Biji
  1.  Sekam bakar 100 %
  2. Pasir malang halus : Sekam bakar 1 : 1
  3. Pasir malang halus : Sekam bakar : Pupuk kandang 1 : 1 : ¼
  4. Sekam bakar : cocopeat : Pupuk kandang 3 : 1 : 1
  • Adenium Remaja dan Dewasa
  1. Pasir malang : Sekam bakar 1 : 1
  2. Pasir malang : Sekam bakar : Pupuk kandang 1 : 1 : ¼
  3. Pasir malang : Sekam bakar : Sekam mentah 1 : ½ : ½
  4. Sekam bakar : Sekam mentah : Pupuk Kandang 1 : 1 : ½

Beberapa komposisi dengan campuran media tanam diatas adalah beberapa contoh yang suka digunakan. Dalam pemilihan komponen media tanam adenium, selain didasarkan pada keperluan untuk membuat media tanam adenium yang berkualitas, juga disesuaikan dengan tingkat ketersediaan komponen media tanam didaerah yang bersangkutan.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya di dalam pembuatan media tanam adenium adalah sterilitas media tanam adenium. Buat menjamin sterilitas media tanam adenium, maka media tanam adenium perlu dilakukan sterilisasi terlebih dahulu agar hasilnya akan optimal yang kalian dapatkan.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan pembahasan Syarat Khusus Pada Media Tanam Adenium dapat memberi manfaat bagi kalian semua. sehingga kalian dapat memahami dalam melakukan tindakan yang baik untuk tanaman kesayangan anda di rumah, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :