Cara Menyilangkan Bunga Adenium Arabicum

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Pada dasarnya, tanaman hias bunga adenium atau dikenal dengan bunga kamboja Jepang ini sudah semakin banyak diminati di pasaran. Semakin banyak jenis adenium baru yang memperoleh variasi warna. Hal itu didapatkan dengan adanya penyerbukan silang buatan manusia sendiri.

Prinsip dalam penyerbukan buatan ini dengan cara meletakkan serbuk sari ke kepala putik pada tanaman hias adenium, untuk bunga adenium, yang dilakukan ialah dengan meletakkan pollen atau kumpulan serbuk sari yang berada di bagian ujung kerucut ke suatu area di kepala putik adenium, tepatnya daerah melingkar di bawah kepala adenium.

Namun, tidak semua persilangan berjalan dengan baik. Sebagai seseorang yang belum memahami, maka kalian dituntut untuk mempunyai ketekunan dan ketelatenan dalam melakukannya, karena sering kali persilangan akan gagal atau tidak terjadi pembuahan, jika hal terebut tidak ingin terjadi maka kamu dapat membaca ulasan ini sampai habis.

Cara Menyilangkan Bunga Adenium Arabicum

Cara Menyilangkan Bunga Adenium Arabicum

Dalam melakukan persilangan adenium, pilihlah tanaman hias yang sehat dan sedang berbunga, Bunda. Pilih bunga yang sudah terbuka mahkotanya sekitar 3- 4 hari, lalu pisahkan.

Kemudian, carilah pollen yang berwarna putih kekuningan di dalam corong bunga. Setelah itu, Bunda bisa memilih bunga tua (mekar sempurna) untuk disilangkan karena memiliki serbuk sari yang mudah menyerbuk putik. Jangan lupa sediakan juga gunting atau pisau, beberapa tusuk gigi, kuas kecil, selotip, dan lampu senter untuk mempermudah proses persilangan.

Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Gelombang Cinta

Nah, sebelum melakukan penyerbukan, sebaiknya Bunda perlu tahu cara menyilang tanaman hias adenium dengan benar, seperti dikutip dari sumber buku Galeri Adenium. Bunda bisa mencobanya sambil mengisi waktu luang di rumah nih.

1. Bibit Tanaman Hias Adenium Arabicum

Bibit Tanaman Hias Adenium Arabicum

Ambil pada bagian bunga tanaman hias adenium yang telah diseleksi kualitasnya buat dipanen serbuk sarinya. Lalu, serbuk sari dapat diambil dengan cara memakai tusuk gigi. Selanjutnya, basahi pada bagian ujung tusuk gigi buat mempermudah dalam peroses pengambilan serbuk sari adenium. Dan pakailah kaca pembesar buat melihat serbuk sari benar-benar melekat di ujung tusuk gigi terebut dengan baik.

2. Membuka Kelopak Bunga Adenium Lain

Membuka Kelopak Bunga Adenium Lain

Buka pada bagian kelopak bunga lain, lalu potong mahkota bunganya sepanjang 1,5 cm, dan tekuk ke posisi bawah. Selanjutnya, pertahankan mahkota akan tetap terbuka dengan baik sehingga akan terlihat keseluruhan kepala putik buat melihat pollen, ialah bagian yang akan menerima serbuk sari terebut.

3. Penyerbukan Bunga Adenium

Penyerbukan Bunga Adenium

Lakukan proses penyerbukan terebut dengan cara membuka kelopak bunganya. Lalu, kamu dapat masukan atau sisipkan serbuk sari ke pollen yang kamu tuju, dalam melakukan proses terbut harus dilakukan secara perlahan agar tidak merusak serbuk mahlota yang akan kita ambil.

4. Pengangkatan Tusuk Gigi

Pengangkatan Tusuk Gigi

Sesudah itu, angkat dan gerakkan tusuk gigi naik-turun, lalu putar kembali secara perlahan. Setelah sekitar 10 detik, cabut tusuk gigi dan lihat kemungkinan serbuk sari masih tersisa di bagian ujungnya. Jika masih ada serbuk sari, maka harus diulangi sekali lagi. Demikian proses seterusnya sampai serbuk sari dapat meresap sepenuhnya.

5. Pemasangan Kawat

Pemasangan Kawat

Berikutnya proses dalam penyerbukan berhasil, maka akan terlihat buah sekitar 3 sampai 4 bulan. Ketika buah sudah berhenti tumbuh, maka segera ikat dengan menggunakan kawat supaya benih biji dalam buah tidak terbang atau tertiup oleh angin. Pastikan juga biji perlu dalam keadaan kering sebelum ditaburkan di media tanam berikutnya.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Kacang Agar Cepat

6. Pemberian Pupuk Berkualitas Tinggi

Pemberian Pupuk Berkualitas Tinggi

Sesudah penyerbukan, kamu harus memberikan pupuk yang berkualitas. Bila penyerbukan dilakukan dengan baik, maka dalam dua hari kedepan bunga adenium akan mekar dengan tingkat keberhasilan bisa mencapai 90 sampai 95% .Sebaliknya bila tidak dilakukan dengan baik, maka akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan bunga adenium yang berkualitas.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menyilangkan Bunga Adenium Arabicum Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Menyilangkan Bunga Adenium Arabicum dengan mendapatkan hasil yang maksimal, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Menyilangkan Bunga Adenium Arabicum, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :