Cara Stek Bunga Adenium

Diposting pada

Anekabudidaya.ComDalam menanam bunga adenium sebetulnya adalah solusi yang benar buat kamu yang mempunyai kesibukan yang membosankan, tetapi kamu mau melepaskan rasa jenuh tersebut pada saat dirumah dengan cara menanam pohon akan tetapi tidak mau disibukkan dengan cara perawatan tanaman yang intensif, maka bunga adenium merupakan solusi yang tepat untuk menanam bunga adenium.

Cara untuk menanamnya sangat gampang untuk di lakukan, segampang seperti cara menanam bunga oregano. dapat dibilang hanya sekali kamu menanam dan menyiramnya bunga adenium ini, maka tanaman adenium ini dapat kuat dan bertahan tanpa harus disiram selama seminggu sepenuhnya, sesuai buat yang gampang untuk lupa atau mempunyai kesibukkan yang membosankan tersebut.

Bunga Adenium mempunyai nama lain ialah mawar gurun atau desert rose dikarenakan berasal dari daerah gurun yang sangat kering dari Asia Barat dan Afrika, namun bisa tumbuh dengan optimal di daerah tropis seperti di Negara Indonesia. Sering dijadikan sebagai bonsai atau tanaman hias yang mini di Negara Jepang, sehingga pantas juga disebut di Negara Indonesia dengan nama Kamboja Jepang.

Untuk kalian yang ingin memiliki tanaman adenium dengan cara setek batang bunga adenium ini tergolong cara yang paling gampang buat mencetak bibit baru, karena kita tidak memerlukan alat apapun kecuali sebuah pisau sebagai bahan pemotongan batang bunga adenium yang nantinya akan kita gunakan untuk melakukan setek bunga adenium.

Cara Stek Bunga Adenium

Cara Stek Bunga Adenium

Hal pertama yang akan kita lakukan ialah dengan stek batang, stek batang adenium sendiri ada dua macam ialah dengan stek batang dan stek sambung batang. Hampir serupa namun sebenarnya sangat berbeda untuk proses melakukannya.

Pada stek batang, maka batang akan menjadi satu organisme yang baru dengan sifat yang serupa dengan tanaman induknya, sedangkan untuk stek sambung batang ialah transplantasi potongan batang pada tanaman lain sehingga pada tanaman yang telah disambung akan mempunyai dua sifat yang ada dalam kedua tanaman tersebut.

Baca Juga  Cara Memotong Akar Adenium

Dapat dikatakan ketika kedua tanaman tadi mempunyai warna yang beragam pada awal proses, dan ketika disambungkan akan menghasilkan dua warna baru pada bungan yang kamu lakukan stek tersebut.

1. Cara Melakukan Stek Batang Bunga Adenium

Cara Melakukan Stek Batang Bunga Adenium

Cara untuk menanam Adenium dengan cara stek batang dapat dimulai dengan cara melakukan proses di bawah ini adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan sebuah tanaman yang prima yang akan di jadikan stek dengan panjang batang sekitar 25 cm.
  • Buang pada bagian daunnya buat mengurangi penguapan dn sisakan 2 helai daun saja.
  • Potong pada bagian batang tanaman dengan menggunakan pisau yang steril (dengan cara di cuci menggunakan alkohol) selanjutnya celupkan atau olesi dengan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh).
  • Selanjutnya itu letakan pada potongan batang adenium pada tempat yang teduh sekitar 8 hari supaya kambiumnya telah kering sepenuhnya.
  • Berikutnya tanam batang tersebut pada media tanam berupa campuran sekam dan arang bakar adenium.

Tips Stek Batang Adenium

  • Buat mencegah tanaman adenium akan membusuk pada media penanaman, maka jangan menggunakan pupuk terlebih dahulu sampai akarnya tumbuh dengan sempurna terlebih dahulu dan luka tanaman telah menutup dengan sepenuhnya sekitar dua minggu lamanya.
  • Sirami tanaman sampai tiga hari sekali supaya tidak terlalu basah dan akhirnya membusuk.

2. Cara Melakukan Stek Sambung Batang Bunga Adenium

Cara Melakukan Stek Sambung Batang Bunga Adenium

Cara untuk menanam Bunga Adenium dengan cara stek sambung bisa dimulai dengan melakukan proses di bawah ini adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan media tanaman yang prima yang akan di stek dengan panjang batang sekitar 25 cm.
  • Buang pada bagian daunnya buat mengurangi penguapan dan sisakan 2 helai daun saja.
  • Potong pada bagian batang tanaman dengan menggunakan pisau yang sudah steril dan membentuk lurus.
  • Buat tanaman yang akan menerima sambungan potong dengan bentuk V terbalik supaya sesuai jika disambungkan buat kedua batang tersebut.
  • Ikat pada sambungan dengan sangat kuat memakai tali plastik.
  • Sungkupkan tanaman adenium memakai plastik yang bening selama 8 hari.
  • Buka pada bagian sungkupan tanaman adenium, dan bibit telah siap buat mengeluarkan daun yang baru.
Baca Juga  Program Akar Adenium

Tips Stek Sambung Adenium

  • Menggunakan sebuah pisau yang cukup tajam dan telah steril buat melakukan proses pemotongan batang tanaman adenium.
  • Segera sambungkan pada bagian batang sesudah di potong supaya tidak kering dengan cepat dan tingkat kesuksesan tinggi.
  • Sirami tanaman adenium selama tiga hari sekali supaya tidak terlalu basah dan akhirnya akan membusuk dan mati secara perlahan.

Penanganan Hama Pada Bunga Adenium

Penanganan Hama Pada Bunga Adenium

Pada saat tanaman adenium telah berbunga maka akan ada banyak sekali hama dan penyakit pada tanaman adenium ini. buat pencegahannya kamu perlu tahu juga beberapa jenis hama yang umumnmya menyerang bunga adenium, antara lain :

  • Aphid, atau kutu daun. Adalah kutu yang berwarna kuning yang hidup secara berkoloni dalam jumlah yang masif. Bisa menyerang bagian pucuk daun muda dengan cara menghisap cairan sampai daun tumbuh tidak sempurna hingga keriting.
  • Mealy Bug, atau cabuk. Adalah sejenis kutu yang berwarna putih yang mengeluarkan suatu tepung dan lapisan lilin pada bagian tubuhnya mereka dapat hidup secara berkoloni dengan jumlah sangat banyak. Serangga ini akan menyerang ketiak bagian daun, pucuk daun muda, dan bagian batang tanaman adenium. Sehingga pertumbuhan pucuk normal dan timbul bercak warna hitam di sekitar pucuk tanaman adenium yang menyebabkan klorosis pada bunga adenium.
  • Cacing Tanah, bisa merusak pada bagian akar tanaman adenium dan mengakibatkan tanaman adenium tidak bisa menyerap unsur hara pada tanaman tersebut.
  • Banyak ditemukan di tanah gembur.
  • Fungus Gnat, menyerupai seperti nyamuk yang berwarna hitam. bisa menyerang bunga disertai dengan adanya bintik hitam di pusat bunga, bisa menyebabkan kebusukan pada bunga dan mati secara perlahan.
  • Root Mealy Bug, hidup di media tanaman yang lembap, wujudnya menyerupai kutu berwarna putih. bisa menyerang pucuk tanaman sampai pucuknya menjadi layu danbisa menyebabkan akar tanaman adenium akan membusuk.
  • Semut, bisa merusak akar dan tunas muda tanaman adenium. Juga pencetus penyakit lain yang akan menyerangnya.
Baca Juga  Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan

Kebanyakan penyakit akan menyerang bunga adenium pada saat musim hujan telah datang seperti busuk bagian akar akibat proses penyiraman yang terlalu sering dilakukan dan banyak atau terkena air hujan yang telah menggenang akibat guyuran hujan yang deras. Sehingga harus segera di atasi supaya tidak akan membusuk dan susah untuk diobati.

Selain akibat perubahan cuaca, penyakit adenium juga disebabkan dengan anthropoda, bakteri, infeksi jamur, dan virus. Cara untuk mengatasinya ialah dengan cara memelihara kebersihan lingkungan dan perawatan yang benark dan membuang serangga pengganggu sebelum bertambah banyak dan menyerang secara koloni pada tanaman kamu.

Sebelum kamu akan menanam bunga adenium, kamu setidaknya perlu untuk memahami tentang karakteristik tanaman adenium ini. Karena tanaman adenium ini berasal dari gurun yang sangat kering, adenium akan mudah membusuk apabila media tanamnya terlalu basah dilakukan, adenium menyukai media tanam yang porous seperti pasir namun mempunyai banyak kandungan organik sebagai makanan, ditambah dengan kenyataan bahwa akar adenium membentuk umbi buat menyimpan sumber makanan sehingga kamu tidak harus untuk menyiram tanaman adenium terlalu sering, bunga adenium menyukai media tanam yang kering namun kaya akan nutrisi untuk di perolehnya.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Stek Bunga Adenium dengan cara stek sambung dan stek batang yang dapat kamu lakukan, dan kamu dapat menentukan dalam menggunakan 2 metode tersebut menurut kamu yang terbaik, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua dan tanaman Adenium kamu dapat tumbuh dengan sempurna dengan cara stek yang kamu lakukan, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Stek Bunga Adenium sekian dan terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :