Cara Menanam Adenium

Diposting pada

Anekabudidaya.ComSaya akan berbagi ilmu untuk kalian semua terhadap cara membuat akar adenium. Akar adenium terurai maksud saya ialah akar yang cukup panjang yang terurai dan banyak dari pangkal pada bagian batang menjalar dari atas kebawah samping sekeliling batang tersebut. Dari atas pangkal batang yang tumbuh beberapa akar yang telah besar, akan terlihat turun kebawah akar mulai bercabang, semakin kebawah cabang maka akan semakin banyak tersusun rapi di sekeliling batang adenium tersbut.

Kalau dilihat seperti gunung memiliki sebuah lereng dan lembah dari akar adenium, pada puncak gunung telah tumbuh batang yang cukup besar. Pasti saja batang adenium, Jenis adenium ini umumnya arabicum, RCN, Obesum dll.

Jika kalian tertarik untuk membuat akar adenium sebagai penghias rumah kalian akan lebih cantik, maka kalian dapat mengikuti artikel ini sampai tuntas, karena saya akan memberikan informasi yang sangat penting dalam membuat akar adenium.

Adenium

Adenium

Buat kalian,yang ingin tanaman adenium kalian memiliki tampilan yang cantik. Kami akan memberikan informasi tentang membuat akar tanaman adenium semoga bisa membantu kalian semua. Cara ini sangat mudah untuk kalian lakukan. Sebenarnya dalam membuat akar adenium ini hampir serupa dengan cara membuat akar adenium mencengkram, akan tetapi yang memiliki perbedaan dalam menanam adenium ialah dengan cara di potong pada bagian bonggolnya saja.

Cara Menanam Adenium

Teknik Membuat Adenium

Saya akan memberikan teknik dalam membuat akar adenium sesuai dengan keinginan kalian dan tahapan ini perlu kamu lakukan denga benar-benar dan kalian harus memiliki ketekunan yang tinggi dalam membuat tanaman adenium agar hasil yang akan kalian dapatkan sesuai denga yang kalian inginkan, teknik ini adalah sebagai berikut ini :

Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Kamboja

1. Pemilihan Bibit Adenium

Pemilihan bibit

Langkah pertama yang perlu untuk kamu lakukan adalah dengan cara merancang akar adenium dimulai dari pemilihan bibit adenium yang berkualitas. Bibit yang berkualitas dari jenis Socotranum, Arabicum dan turunannya, kalau ingin yang lain juga boleh. Setelah kamu mendapatkan bibit yang berkualitas maka pemilihan bibit jenis adenium dapat langsung saja menyemai biji adenium. Mau tahu cara semai biji adenium beserta dengan perawatan adenium yang baik dabn benar.

2. Seleksi Bibit Muda

Seleksi bibit muda

Selanjutnya kamu perlu untuk menyelekasi bibit muda adenium dengan baik dan benar hal ini diperlukan untuk dilakukan. Kamu harus bisa mengira-ngira akar adenium tersebut mempunyai perkembangan dan pertumbuhan yang baik di kemudian hari. Secara garis besar kamu bisa, Cabut bibit adenium kurang lebih berumur 4 bulan dari media. Setelah itu harus dibersihkan dengan cara menggunakan semprotan air. Setelah terlihat akar, pilih adenium pertumbuhan yang paling bongsor, dan memiliki akar percabangan yang banyak. Jangan lupa juga untuk melihat bonggol dan percabangan batang yang simetris supaya nantinya kalau telah tumbuh besar maka akar bonggol dan ranting akan seimbang masa pertumbuhannya sehingga didapat adenium cantik menarik yang kamu inginkan.

3. Siapkan Media Tanam Adenium

Siapkan media tanam Adenium

Persiapkan pot atau polybag untuk adenium dan memiliki ukuran bentuk yang cukup lebar dan tidak terlalu dalam dengan ukuran adenium kamu dan dapat disesuaikan dengan besar adenium, asal nanti pada saat akan menanam akar adenium tidak sampai mentok kepinggir pot atau polybag. Kamu dapat membeli perlengkapan untuk adenium kamu di toko kembang banyak sekali meyediakan perlengkapan yang kamu perlukan.

4. Cara Tanam Adenium

Cara Tanam AdeniumBerikutnya Isi media 1/2 dari bagian dengan bentuk lonjong ditengah seperti gunung, disesuaikan. Tanam bibit adenium di puncak gunung tersebut, lalu akar harus disusun menjalar ke samping pot/polybag. Akar dapat disebar dengan rata sekeliling gunung media tanaman adenium. Supaya akar adenium tidak berubah posisi dan kamu harus menjepit dengan menggunakan lidi yang di tekuk. Hal ini perlu di lakukan secara perlahan agar tidal melukai akar adeniumnya.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Peterseli

Selanjutnya itu dapat timbun dengan media sampai 3/4 bagian. Setelah itu siram adenium dengan media adenium sampai basah dengan menggunakan semprotan halus, ini bertujuan buat menyatukan media dengan dengan tanaman.

Tempatkan adenium tersebut pada area terlindung dari sinar matahari dan binatang lain yang dapat merusak adenium kamu, jangan sampai kena hujan, angin kencang dan kena panas secara langsung. Setelah tanaman kuat kira-kira 1 minggu, maka adenium boleh diberi sinar matahari sepenuhnya sehingga pertumbuhan adenium akan maksimal.

5. Perawatan Tanaman Adenium

Perawatan Tanaman Adenium

Lakukan proses perawatan adenium sebagaimana biasa tanaman pada umumnya. Ulang proses penanaman adenium kembali setiap 4 bulan. Terus kamu perlu untuk memantau dan lakukan proses seleksi seperti tahap pertama yang dilakukan sampai adenium kalian akan tumbuh besar.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Menanam Adenium dengan begitu kamu akan mengetahui cara membuat akar adenium yang baik dan benar, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan membuat akar adenium sehingga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :