Jenis Bunga Adenium

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Bunga adenium memang sangat populer dengan kecantikannya. Bunga Adenium ini yang terkenal dengan nama lain kamboja Jepang ini merupakan jenis tanaman hias yang banyak sekali dicari belakangan terakhir, terutama di musim pandemi saat ini.

Bunga adenium sendiri mekar dari tanaman yang mempunyai bentuk yang menarik seperti bonsai. Jika bonsai terlihat cantik dan unik karena memiliki batang dan daunnya, sehingga buat tanaman adenium yang satu ini sangat mencolok dan menawan untuk dipandang karena mempunyai bunga adenium dengan nuansa warna yang bervariasi.

Yang indah memang istimewa merupakan salah satu kalimat yang tepat buat menggambarkan bunga adenium. Umumnya, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pemilik tanaman adenium ini ialah jarang berbunga terutama pada saat di musim hujan. Dilansir dari Casa Garden, tanaman ini juga dapat tahan ketika cuaca sedang kering.

Jenis Bunga Adenium

Perawatan Bunga Ademium

Perawatan untuk bunga adenium memang dapat disebut tidak gampang untuk kalian lakukan. Seperti yang telah diketahui, bunga adenium ini memang dapat dibilang jarang sekali untuk mekar dengan sempurna.

Buat kalian yang ingin mengetahui dengan pohon kamboja Jepang ini lebih sering berbunga, ini dia beberapa hal yang perlu untuk dilakukan.

  • Hal pertama adalah Pemangkasan bagian cabang adenium setiap 4 sampai 6 bulan sekali.
  • Lakukan Proses pemangkasan ketika bagian pucuk daun atau kuncup bunga tak tumbuh dalam waktu yang lama.
  • Hal ini harus diperhatikan dengan sangat cermat.
  • Pemangkasan juga dapat dilakukan ketika cabang pohon kamboja Jepang ini sudah menjulur sangat panjang dan terkesan tidak proporsional ketika dilihat secara semua.
Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Hias Pakis

Jenis-jenis Bunga Adenium

Jenis-jenis Bunga Adenium

Seperti apa tanaman yang lain biasanya untuk di tanam, adenium juga mempunyai jenis yang bermacam-macam. Berikut ini adalah bunga adenium yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut ini.

1. Adenium Windmill

Adenium Windmill

Adenium Windmill jenis ini memiliki daun sedikit panjang dan meruncing dengan memiliki warna hijau tua berbulu serta mempunyai kelopak bunga yang berwarna merah muda dengan semburat putih di bagian tengah petal bunga.

2. Adenium Waterfall

Adenium Waterfall

Adenium Waterfall jenis ini mempunyai daun dengan yang berbentuk sedikit bundar dan berbulu serta bunga Waterfall memiliki warna merah tua bercak putih di bagain tengahnya.

3. Adenium Somalense var. Somalense

Adenium Somalense var. Somalense jenis ini mempunyai bentuk daun sempit serta sedikit meruncing dengan memiliki warna daun hijau tua berpadu dengan warna putih, mempunyai bunga yang berbentuk bintang dengan petal berwarna putih atau pink, corongnya berwarna kuning atau putih dengan garis berwarna merah, untuk bunga Somalense var. Somalense dengan ukuran yang relatif kecil dengan diameter sekitar 5 cm. Jenis ini sangat gampang buat beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan relatif cepat berkembang dengan sempurna.

4. Adenium Socotranum

Adenium Socotranum

Adenium Socotranum jenis ini mempunyai batang yang berwarna coklat dan mempunyai kanopi menyempit, mempunyai daun yang berwarna merah dengan kekuningan dengan panjang 12 cm dan lebar 4 cm . Untuk bentuk tulang daun menonjol berwarna kuning, serta mempunyai bunga dengan ukuran besar berdiameter 10 sampai dengan 13 cm.

5. Adenium Multiflorum

Adenium Multiflorum

Adenium Multiflorum jenis ini berhabitat asli di Afrika selatan tepatnya di daerah Mozambik. Bunga jenis Multiflorum ini mempunyai bunga yang berwarna putih dengan bagian pinggir berwarna merah sampai dengan merah tua dengan diameter berkisar 6 sampai 7 cm, mempunyai bonggol yang tidak membesar, tapi memiliki batang dan akar yang membesar, serta mempunyai daun yang berwarna hijau tua dengan tulang daun berwarna putih bersih.

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Teratai

6. Adenium Somalense var. Crispum

Adenium Somalense var. Crispum

Adenium Somalense var. Crispum ini berasal dari Somalia. Adenium jenis ini mempunyai percabangan yang sedikit merunduk dan lemah, mempunyi bonggol dengan berukuran cukup besar yang tumbuh di dalam tanah, mempunyai Daun berwarna hijau tua, sempit meruncing, dan bergelombang dengan memiliki tulang daun yang berwarna putih, mempunyai bunga dengan warna dasar pink salem dan putih atau merah darah dengan memiliki hiasan seperti semburat merah atau pink berukuran 2 sampai 5 cm.

Jika bunganya telah tumbuh secara bersamaan maka bunga Somalense var. Crispum ini akan mempunyai tampilan yang indah. Akan tetapi disayangkan, Bunga adenium Somalense var. Crispum ini mempunyai masa pertumbuhan yang lambat dan kerdil untuk berkembang.

7. Adenium Obesum

Adenium Obesum

Adenium Obesum ini berasal dari Negara Afrika Selatan dengan mempunyai banyak sekali cabang, mempunyai batang yang cukup besar dan mempunyai bunga yang berbentuk seperti bintang dengan memiliki warna bervariasi dari merah muda sampai dengan merah tua dengan semburat berwarna putih di bagian petal serta mempunyai warna daun yang beragam dari hijau sampai dengan keabuan dan jika keadaan lahan tidak memungkinkan maka adenium Obesum ini akan menggugurkan daunnya dengan sendirinya.

8. Adenium White Knight

Adenium White Knight

Adenium White Knight jenis ini mmepunyai daun yang berwarna hijau tua dan tidak berbulu dengan bunga berwarna putih bersih yang sangat indah untuk dilihat.

9. Adenium Boehmianum

Adenium Boehmianum

Adenium Boehmianum jenis ini berasal dari Namibia dan Angola. Bunga ini mempunyai percabangan yang cukup banyak dengan tinggi yang bisa mencapai 3 meter, mempunyai bunga yang berwarna merah muda sampai dengan warna ungu berukuran sekitar 5 cm, mempunyai daun yang cukup besar, lebar berbulu, serta mempunyai bonggol yang menawan.

Baca Juga  Cara Perawatan Bunga Seruni

10. Adenium Swazicum

Adenium Swazicum

Adenium jenis ini bisa mencapai tinggi sekitar 2 meter. Adenium jenis ini memiliki batang yang cukup lentur serta tidak mempunyai bongkol, mempunyai warna daun yang berwarna hijau muda sampai dengan keabuan dengan terdapat bulu-bulu yang halus di dibagian bawah serta ada lapisan lilin di bagian atas daun Swazicum, mempunyai bentuk bunga seperti bulat atau bintang dengan memiliki warna bervariasi ada yang berwarna merah sampai dengan keungguan dan ada juga yang berwarna putih yang terang.

11. Adenium Arabicum

Adenium Arabicum

Adenium jenis ini mempunyai Batang yang gemuk dan besar dengan diameter bonggol mencapai kurang lebih 1 meter dengan tinggi tanaman bisa mencapai 4 sampai 5 meter. Bercabang banyak dengan bentuk yang cendrung menyemak. bunga arabicum memiliki warna merah muda dan polos.

12. Adenium Oleifolium

Adenium Oleifolium

Adenium jenis Oleifolium ini mmepunyai percabangan yang banyak dan memiliki bonggol dengan ukuran sangat besar, mempunyai daun yang berwarna abu-abu kebiruan sempit dan memanjang ,mempunyai bunga yang berwarna pink dengan petal berwarna kekuningan serta untuk ukuran bunganya sekitar 3 cm.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Jenis Bunga Adenium yang dapat saya sampaikan, dan kamu bisa memilih bunga adenium yang kamu sukai dan kamu rawat di rumah kalian, semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memahami Jenis Bunga Adenium, Itu saja yang dapat saya sampaikan sekian dan terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :