Cara Ternak Ular Piton

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Ular piton menjadi salah satu hewan melata yang menjadi favorit untuk masyarakat untuk di jadikan sebagai binatang peliharaan. Hal yang satu ini tentu sangat wajar karena ulat piton tak begitu berbahaya dan tak memiliki bisa yang beracun. Sehingga sangat aman bila digunakan untuk hewan peliharaan. Ular piton memang banyak sekali jenis dan motif pada bagian sisiknya yang karena dan unik dan cantik. Karena itulah membuat harga dari ulat piton relatif cukup tinggi.

Tentu bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan dari ular piton, dapat membuka sebuah ternak ular piton. Dengan melakukan ternak ular piton ini dipastikan Anda memiliki keuntungan yang sangat banyak. Lalu, bagaimana cara ternak ular piton yang benar dan menhsalikan telur saat panen, mari kita simak bersama di artikel ini.


Ular Piton

Ular Python atau Sanca sejati nya adalah genus ular sanca yang meliputi ular-ular sanca besar di asia Afrika. Terdapat banayak  spesies dari ular piton ini sekitar 10 spesies. Sebelumnya, genus ini meliputi 12 spesies lainnya, ular yang memiliki ukuran tubuh yang cukup panjang ini cukup banyak di gemari oleh masyarakat sebagai hewan peliharaan atau pecinta predator.


Berternak Ular Piton

Cara Berternak Ular Piton

Untuk Berternak Ular Piton ini kamu akan melewati beberapa tahapan dari pemilihan bibit, kandang yang di gunakan dan pemberian pakan ular piton, oleh karena itu kamu dapat menyimak langkah-langkah dalam berternak ular jenis piton ini, antara nya adalah sebagai berikut :


1. Pemilihan Bibit Yang Terbaik

Pemilihan Bibit Yang Terbaik

Kamu harus memilih indukan ular piton yang berkualitas. Dengan memilih indukan jantan dan betina yang berkualitas, maka dipastikan anakan ular piton yang akan dihasilkan nanti juga seperti indukannya yang berkualitas. Indukan yang berkualitas bisa Anda dapatkan pada peternakan yang telah sukses menjalankan usaha ular piton. Terdapat berbagai jenis ular piton yang di ternak di sana. Ada dapat memilih mulai dari ular sanca, ular kumbang dan sebagainya. Pastikan untuk memilih ternak ular piton yang memiliki permintaan pasar yang paling tinggi.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Cupang

Untuk cara ternak ular piton paling mudah dalam pemilihan indukan yang berkualitas ini terdapat pada kriterianya sendiri. Baik itu ular piton jantan maupun ular piton betina serta memiliki kriteria yang sama. Adapun beberapa cara mengetahui ular piton yang berkualitas adalah sebagai berikut ini ;

  • Ular piton antara jantan dan betina harus mempunyai kualitas yang baik juga dan dalam kendaraan sempurna. Dalam artian, ular piton harus dalam keadaan tidak ada kecacatan amupun sakit.
  • Ular yang menjadi indukan harus keturunan asli tidak ada campuran dari ras ular yang berbeda.
  • Pastikan juga Anda bisa memilih baik ular piton jantan maupun betina memiliki motif yang apik dan keren.
  • Kedua ular piton harus memiliki umur yang pas dan dalam masa produktivitas.
  • Pastikan untuk indukan betina memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ular piton yang jantan. Hal ini agar anakan maupun telur yang dihasilkan semakin banyak.
  • Pastikan juga sebelum masa perkawinan ular piton telah berhibernasi.

2. Menyiapkan Kandang

Menyiapkan Kandang

Kandang dalam perternakan juga sangat untuk diperlukan. Apalagi mengingat yang akan Anda ternakkan adalah hewan melata seperti ular piton ini. Untuk cara ternak ular piton agar sukses yang satu ini, Anda dapat membuat kandang dengan ukuran yang cukup besar maupunyang  sedang. Bahan yang dapat digunakan sebagai kandang untuk ular piton adalah sebuah kaca yang kuat dan tebal agar ular piton di bisa keluar dari kandang.

Ketika kandang telah berhasil di buat, letakkan ular piton di kandang tersebut. Untuk kesan kandang seperti halnya di dalam habitat aslinya, Anda bisa menambahkan sebuah ranting pohon agar ular dapat merambat di akar pohon. Baru Anda bisa juga menambahkan sedikit air pada kandang karena, ular suka dengan suhu yang lembab. Cara ternak ular piton mudah yang satu ini akan membuat ular tak mudah stres dan kemudian akan mati.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Salmon atau Oncorhynchus nerka

3. Pakan Ular Piton

Pakan Ular Piton

Kamu dapat memberikan pakan ular piton  bisa diberikan rat atau marmut. Sedangkan untuk retic yang sudah masuk ukuran besar ( dengan ukuran 3 meteran keatas) kamu dapat berikan pakan berupa ayam atau kelinci.

ulat piton akan memangsa ayam secara bulat-bulat dalam keadaan utuh, dan ular piton dapat makan satu minggu sekali, karena proses pencernaan untuk ular sangat lama,membutuhkan waktu yang panjang.


4. Melakukan Proses Perkawinan

Melakukan Proses Perkawinan

Langkah selanjutnya untuk cara ternak ular piton yang mudah dalam melakukan proses perkawinan ular piton. Dalam masa perkawinan ular piton, ular piton baik jantan maupun betina akan menjalani puasa yang cukup panjang. Sehingga untuk pemberian pakan sendiri bagi ular ini, Anda bisa memberikannya sesekali saja. Bagi ular saat melakukan masa proses perkawinan ini tidak perlu dibantu. Cukup meletakkannya pada kandang ular piton yang sama dengan pasangannya sudah cukup. Anda tinggal menunggu beberapa hari hingga indukan betina memiliki ciri-ciri kehamilan yang pasti. Setelah itu, tentu Anda harus memisahkan ular piton jantan ke kandang yang lainnya tidak boleh di gabung dengan ular piton betina.


5. Ciri-Ciri Dari Masa Kehamilan Indukan Ular Piton

Bila Anda tak mengetahui tanda-tanda dari kehamilan dari indukan ular piton. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tanda-tanda dari indukan ular piton yang telah hamil diantaranya adalah:

  • Ular piton yang telah telah memasuki waktu kehamilan akan berukuran lebih besar dari biasanya, jika dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan pada bagian perut sudah terlihat sedikit menggembung.
  • Seperti pada indukan lainnya, ular piton betina ini akan sangat agresif dalam keadaan aman maupun tidak aman.
  • Setelah berpuasa saat melakukan perkawinan, indukan ular piton betina nantinya akan memiliki nafsu makan yang lebih.
  • Untuk memastikan benar-benar hamil, Anda bisa meraba bagian perut ular piton akan terasa.
  • Saat pada masa masa kehamilan indukan akan bertubuh semakin besar. Inilah yang membuat ular piton betina mudah berganti kulit yang lama menjadi baru.
Baca Juga  Cara Ternak Burung Jalak Suren

Selain itu, bila Anda ingin mengetahui jika indukan betina akan melahirkan. Perhatikan gerak geriknya setiap hari. Jika sudah terlihat bila indukan ular piton sangat gelisah. Ini pertanda ular piton pada indukan akan bertelur pada waktu dekat dekat ini.


6. Masa Panen Ular Piton

Cara Cepat Ternak ular piton yang terahkir adalah masa panen ular piton kamu dapat menjualan ular piton, langkah ini merupakan yang ditunggu-tunggu. Disarankan untuk tidak tergiur adanya keuntungan besar setiap pada ular piton. Gunakan strategi harga bersaing yaitu dengan menawarkan harga lebih murah agar kamu mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit tetapi bisnis kamu berjalan dengan lancar.


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang, Cara Berternak Ular Piton artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan dan memulai untuk usaha Ular Piton kamu berjalan dengan lancar, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :