Cara Ternak Domba

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Ternak domba merupakan salah satu ternak yang sanagat menguntungkan. Sama halnya dengan ternak kambing lainnya, domba memiliki produktivitas yang baik dari segi performanya, hasil produksinya meliputi bulu, daging, susu yang mengandung nilai gizi yang baik. Selain itu domba cenderung tidak memiliki bau yang menyengat seperti kambing pada umumnya, sehingga tidak mengganggu sekitar area kandang domba.

Pada dasarnya peternakan dombs adalah bagaimana manajemen cara ternak khususnya domba agar cepat menghasilkan secara efisien dan efektif khususnya untuk para pemula. Semakin cepat proses pemeliharaannya maka akan semakin mendapatkan keuntungan yang besar bagi peternak.

ika kalian penasaran dengan ternak domba maka teman-teman wajib membaca artikel ini karena akan menuntun anda dalam berternak domba, Karena saya akan berbagi informasi megnenai cara beternak domba yang baik agar cepat untung dan sukses, tentunya.

Cara Ternak Domba

Apa Itu Domba ??

Domba atau biri-biri adalah salah satu jenis hewan ruminansia yang berkaki empat dengan bulu tebal yang dikenal oleh banyak orang. Domba adalah salah satu jenis hewan pertama yang dijinakkan untuk keperluan agrikultural dan dipelihara untuk dimanfaatkan bulu, daging, dan susunya.

Ada banayak jenis domba yang dapat kita jumpai dari jenis itu adalah jenis domba Batur, Domba Texel, Domba Garut, Domba Merino dan Domba Lokal.


Cara Ternak Domba

Pada Dasar nya cara untuk berternak Domba itu sendiri sangat mudah tergantung kita cara merawatnya dan seberapa tekun kita merawat Domba dari usia kecil sampai besar dan siap untuk di panen, ada baiknya kalian dapat mempelajari bagaimana cara yang baik intuk bertak Domba agar Domba kalian yang di ternak bisa selalu sehat dan bebas dari penyakit.

Baca Juga  Cara Ternak Sapi Lokal

1. Pemilihan Indukan

Pemilihan Indukan

Cara ternak domba diawali dengan pemilihan bibit domba yang tepat baik dan benar. Jika salah dalam memilih bibit domba, maka pengeluaran akan jauh lebih banyak. Selain itu pertumbuhan domba akan tidak maksimal.

Hal ini dikarenakan pemilihan bibit domba adalah faktor yang penting dalam menghasilkan domba-domba berkualitas tinggi. Bibit domba unggul didapat dari indukan yang baik juga .

Berikut adalah syarat calon indukan domba betina dan jantan yang baik.

A. Syarat Calon Induk Betina

indukan domba betina

Pililah indukan domba betina yang sehat, dengan ciri-ciri seperti berikut :

  • Memiliki badan yang panjang, besar, dan simetris
  • Selaput mata tidak pucat
  • Badan tidak terlalu gemuk
  • Bulu tidak kusam dan kaku
  • Tidak cacat fisik yang terlihat dalam penglihatan kita
  • Ambing besar, putting lengkap dan tidak bepotensi penyakit
  • Umur 1,5 – 2 tahun
  • Bentuk perut normal
  • Memliki nafsu kawin yang tinggi dan ekor normal

B. Syarat Calon Induk Jantan

Calon Induk Jantan

Pilih pejantan yang sehat dengan ciri-ciri :

  • Memiliki badan yang panjang, besar, seimbang, dan simetris
  • Selaput mata tidak pucat
  • Badan tidak terlalu gemuk
  • Bulu tidak kusam dan kaku
  • Tidak cacat fisik
  • Cuping hidung lembab
  • Terdapat sepasang testis, bentuk normal, tonjolan tulang pada kaki besar
  • Umur minimal 1,5 tahun
  • Berasal dari induk yang melahirkan anak 2 ekor atau lebih

Itulah syarat calon indukan domba yang baik. Dengan memilih calon indukan yang seperti kami jelaskan diatas, maka bibit domba yang dihasilkan pun akan menjadi bibit domba unggul.


2. Kandang Domba

Kandang Domba

Langkah selanjutnya dalam ternak domba yaitu membuat kandang domba. Kandang sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan serta dapat membatasi ruang gerak domba agar dapat di awasi dengan baik.

Baca Juga  Cara Ternak Kerang Dara

Dalam membuat kandang domba, kalian harus mengetauhi persyaratan kandang domba. Dengan baik kandang domba yang baik, maka diharapkan domba akan terhindar dari stres atau kematian.

Syarat Kandang Domba Yang Baik

  • Kandang harus kuat dan kokoh
  • Bahan kandang terbuat dari kayu yang kuat
  • Kandang mendapat sinar matahari yang baik, serta ventilasi cukup, dan terhindar dari banjir, dapat mudah di bersihkan
  • Adanya lubang penampungan kotoran
  • Terdapat saluran pembuangan di sekitar kandang domba

4. Pakan Domba

Pakan Domba

Pemberian pakan domba harus sesuai dengan kebutuhan ternak domba yaitu untuk proses pertumbuhan, reproduksi, dan produksi. Maka dari itu pakan yang di berikan harus terdiri dari zat-zat berupa protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin dan air yang cukup baik.

Pada umumnya domba mengkonsumsi pakan sebanyak 10 sampai 20% dari bobot total tubuhnya, sedangkan minum sebanyak 3 sampai 4 liter sehari.

Kebutuhan pakan pada domba harus sangat diperhatikan. Biasanya dalam sehari domba mengkonsumsi pakan hijau seperti rumput dan daun-daunan sebanyak 10 sampai 20% dari bobot tubuh. Sedangkan minum 3 sampai 4 liter sehari. Pakan domba terdiri dari 2 hal, yaitu pakan hijauan dan pakan kosentrat.

A. Pakan Hijauan

pakan domba hijauan

Pakan hijauan terdiri dari rumput dan dedaunan (leguminosa). Pakan hijauan ini dapat di berikan dalam keadaan segar/fermentasi.

Pemberian pakan hijauan yaitu 3-4% bahan kering dari bobot hidup. Pakan hijauan yang baik adalah yang belum terlalu tua dan belum menghasilkan bunga. Hiajaun yang masih muda memiliki kandungan protein kasar yang tinggi juga memilki kadar air yang tinggi.


5. Mengawinkan Domba

Tahapan ini adalah tahapan cara mengawinkan domba kamu bisa menaruh domba di kandang yang sama dan anatara domba jantan dan domba betina proses ini akan berjalan selama 1 minggu dan domba jantan akan mengawinkan domba betina setelah itu kamu dapat melihat domba betina akan menunjukan hamil, di bagian perut domba akan terlihat seperti membesar, dan kamu akan menunggu domba melahirkan, biasa nya domba akan melahirkan anakan domba sebanyak 1 sampai 2 ekor anakan domba.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Hias auratus Di Akuarium

6. Masa Panen Domba

Masa Panen Domba

Cara Cepat Ternak domba yang terahkir adalah masa panen domba kamu dapat menjualan domba, langkah ini merupakan yang ditunggu-tunggu. Disarankan untuk tidak tergiur adanya keuntungan besar setiap pada domba. Gunakan strategi harga bersaing yaitu dengan menawarkan harga lebih murah agar kamu mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit tetapi bisnis kamu berjalan dengan lancar.

Hal ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dan dalam tempo lama, sebab apabila Anda dapat memiliki banyak tenak domba dan mempunyai langanan yang  selalu membeli domba Anda dengan jumlah yang tidak sedikit maka Anda dapat memenangkan kerasnya persaingan domba pasar secara baik. Cara ini akan menghasilakan manfaat yang lebi baik serta berguna untuk bisnis jangka panjang.


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Domba yang Baik dan Benar Bagi Pemula. Artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan dan memulai untuk usaha domba kamu berjalan dengan lancar,Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :