Cara Ternak Burung Jalak Kebo

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com- Jalak kebo ialah salah satu spesies burung yang memiliki ukuran yang sedang sekitar 25 cm, bulunya memiliki warna abu abu tua dan memiliki jamabul yang pendek. Burung jalak kebo juga memiliki suara yang merdu sehingga banyak dicari orang untuk dijadikan burung peliharaan.

Burung jalak kebo kini sulit ditemui di alam karena banyaknya penangkapan yang dilakukan oleh para manusia serta kondisi alam di Indonesia sendiri yang banyak mengalami kerusakan ekosistem.

Sebagian orang yang memelihara burung jalak kebo terus melatih burung karena burung jalak kebo bisa mengikuti suara berbagai macam burung lain, dan masyarakat burung jalak kebo dapat menjaga rumah jika di tinggalkan oleh pemiliknya.

Cara Ternak Burung Jalak Kebo


Cara Ternak Burung Jalak Kebo

Masyarakat lebih sering merawat burung jalak kebo dari usia piyikan karena masih mudah untuk di jinakan dan nurut kepada pemiliknya, oleh karena itu artikel ini akan membahas tentang ternak burung jalak kebo sampai menetas, dan kamu dapat berbisnis dengan menjual burung jalak kebo dan meraup keuntungan tambahan buat kamu.


1. Memilih Indukan Yang Baik

Memilih Indukan Yang Baik

Sebelum melakukan cara penangkaran burung jalak kebo perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana ciri dan karakter indukan burung jalak kebo yang baik supaya nantinya dapat menghasilkan keturunan burung jalak kebo yang baik pula. Cirinya ialah burung jalak kebo memiliki tubuh yang tegap dan pandangan mata yang tajam, burung jalak kebo memiliki nafsu makan yang tinggi, tubuh tidak cacat, bulu yang cemerlang warnanya, serta burung jalak kebo bebas dari riwayat penyakit.


2. Usia Tepat Untuk Kawin

Burung jalak kebo dewasa yang usia siap kawin atau sudah waktunya untuk dikawinkan dan dikembangbiakkkan burung jalak kebo ialah yang berumur minimal 2 tahun dimana pada usia tersebut burung jalak kebo sudah memiliki birahi yang kuat dan kemampuan untuk bertelur serta mengerami yang baik. Jika kamu menginginkan burung jalak kebo yang segera mampu untuk dikawinkan carilah sepasang yang berusia minimal 2 tahun.

Baca Juga  Cara Melakukan Pemeliharaan Ikan Komet

3. Pembuatan Sangkar

kandang ternak jalak kebo

Persiapkan sangkar burung jalak kebo berupa kandang yang permanen yang kuat dan besar ideal sekitar 80x100x180 cm yang terbuat dari kawat dengan meletakkan ranting di bagian kandang sebagai tempat tengger di tengahnya. kamu dapat memberi semen pada alas kandang burung jalak kebo agar nyaman dan tidak lembab. selanjutnya kamu dapat Persiapkan juga kotak untuk tempat sarang burung jalak kebo yang di dalamnya dan beri jerami untuk nanti ketika burung jalak kebo akan bertelur.


4. Lokasi Sangkar

Sangkar burung jalak kebo harus diletakkan di tempat yang cukup sepi dan sunyi, jauh dari keramaian manusia atau lalu lalang kendaraan, juga jauh dari polusi dan pencemaran. Lingkungan yang tidak kondusif akan membuat burung jalak kebo stres dan berpengaruh pada perkembang biakkan burung jalak kebo serta nafsu makannya. burung jalak kebo juga tidak akan mau bertelur, jadi upayakan agar mendapat tempat yang tenang dengan tetap mendapat pasokan cahaya matahari saat pagi hari yang sehat.


5. Cara Mengkawinkan Jalak Kebo

Mengkawinkan Jalak Kebo

Jika sudah memiliki sepasang jalak kebo maka waktunya untuk mengkawinkan burung jalak kebo, pisahkan keduanya terlebih dahulu pada sangkar yang berbeda dalam posisi kandang yang berdekatan agar saling mengenal, jika mereka berinteraksi dengan saling memandang dan saling bersiul tandanya burung jalak kebo telah menyukai satu sama lain dan segera satukan dalam satu kandang agar burung jalak kebo berkawin.


6. Masa Bertelur

Anakan Jalak Kebo

Burung jalak kebo yang telah bertelur akan meletakkan telurnya dan mengerami pada lokasi yang sebelumnya telah anda sediakan. Upayakan untuk menjaga kondisi burung jalak kebo disekitar agar tetap tenang dan terlindungi dari predator lain sehingga burung jalak kebo mampu bertelur dan mengerami dengan baik. lengkapi selalu pasokan nutrisinya agar burung jalak kebo tidak lapar sebab jika burung jalak kebo lapar ketika mengerami ia bisa menjadi agresif.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Louhan

7. Perawatan Anak Jalak Kebo

Ketika sudah memiliki anakan burung jalak kebo maka kamu dapat memberinya makanan yang lebih halus seperti hewan bergizi yang dihaluskan seperti bubur dan letakkan di dekat kandang burung jalak kebo, biarkan indukan burung jalak kebo tersebut yang menyuapinya, kecuali jika indukan merasa kesulitan kamu boleh membantunya dengan menyuapi makanan ke anakan burung jalak kebo menggunakan lidi.


8. Pakan Jalak Kebo

Pakan Jalak Kebo

Pakan burung jalak kebo yang terbaik untuknya burung jalak kebo yang berasal dari alam seperti jangkrik, ulat bambu, ulat jerman, dan voer. Berikan secara bergantian agar tidak bosan dan memiliki nutrisi yang seimbang. Berikan makanan dengan cara yang disiplin agar burung jalak kebo memiliki jam makan dan kebiasaan yang tetap serta memiliki metabolisme yang bagus.


9. Penjemuran Dan Kesehatan

Burung jalak kebo yang telah dewasa dapat dijemur setiap pagi ketika matahari pagi bersinar cukup hangat atau sebelum terik agar burung jalak kebo mendapat vitamin alami yakni vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatannya. Lakukan setiap hari kecuali jika cuaca sedang tidak bersahabat seperti ketika sedang hujan deras atau angin kencang.

Lakukan pencegahan dari berbagai hama dan penyakit, yang berperan dalam hal ini teurama burung jalak kebo kesehatan dan kebersihan, baik kebersihan tubuh burung itu sendiri maupun kebersihan kandang dan lingkungannya. Bersihkan kandangnya secara keseluruhan setidaknya seminggu dua kali dengan diguyu air dan dibersihkan dengan menggunakan sabun serta dijemur setelahnya agar benar benar tidak ada kesempatan untuk kuman berkembang biak.

Bersihkan pula tempat makan dan minumnya setiap hari sebab bagian tersebut jika dalam keadaan kotor juga dapat menyebabkan kuman dan bakteri mudah berkembang sehingga burung jalak kebo menjadi mudah terular penyakit kulit seperti jamur atau flu. Pastika kondisi kandang burung jalak kebo jauh dari lembab agar bebas hama dan penyakit.

Baca Juga  Cara Ternak Burung Walet

10. Pemandian Dan Perlidungan

Burung jalak kebo adalah tipe burung yang sangat suka mandi, di alam bebas burung jalak kebo terbiasa bermain riang dengan air di sungai. Mandikan jalak kebo setidaknya dua hari sekali agar tubuhnya segar dan bebas dari kuman, mandikan dengan cara diguyur secara perlahan dengan air bersih yang segar dan gosok dengan bulunya dengan lembut agar kotoran dan debu keluar. Setelahnya keringkan dan jemur.

Burung jalak kebo tidak suka didekatkan dengan hewan lain walaupun hewan tersebut termasuk jenis burung yang sama dengannya. maka kamu memiliki burung jenis lain maka jangan mendekatkan mereka apalagi menjadikannya dalam satu kandang.

Untuk pemanenan burung jalak kebo dapat dilakuan ketika berat badannya mencapai ukuran yang diharapkan pasar dan sudah mampu berkawin, jual dengan cara tetap menjadikannya satu atau berpasangan karena burung jalak kebo cenderung bersifat setia dan senang berkawin hanya dengan pasangannya saja.


Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Burung Jalak Kebo Bagi Pemula yang Baik & Benar artikel di atas semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan dan memulai untuk usaha burung jalak kebo kamu berjalan dengan lancar, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :