Cara Merawat Tanaman Cabe

Diposting pada

Anekabudidaya.ComDalam hal tersebut sebagian besar orang Indonesia tentunya sangat hobby dengan memakanan yang super pedas berbeda jika kalian tidak menyukai makanan yang pedas, akan tetapi sudah banyak sekali menu makanan pedas yang saat ini telah dikembangkan dan banyak yang hobby dalam menyatap makan pedan ini. Seperti mie setan, bakso mecon, dan masih banyak lagi, tidak hanya menu modern saja bahkan menu tradisional juga banyak sekali yang mempunyai cita rasa pedas seperti gudeg mercon, jangan blendi, sayur ikan pedas, sambal dan masih banyak lagi. Rasa pedas yang ada di balik menu makanan tersebut adalah bumbu yang berbahan dasar cabe yang sangat dominan.

Sebagai alternatif kalian bisa menanam tanaman cabe kalian sendiri di rumah kalian masing-masing, yang caranya terbilang sangat gampang dan simpel dan buat kalian yang telah mempunyai tanaman cabe di rumah maka kalian perlu untuk melakukan perawatan dengan benar. Adapun cara untuk merawat tanaman cabe supaya berbuah dan mempunyai banyak sekali buah cabe.

Cara Merawat Tanaman Cabe

Cara Merawat Tanaman Cabe

memang tergolong gampang buat dirawat dan berkembang secara optimal, walaupun demikian jangan biarkan tanaman cabai kamu tumbuh tanpa adanya perawatan, Buat mengetahui cara perawatan cabai yang baik dan benar, mari kita simak artikel ini secara seksama.

1. Tahap Penyiraman

Tahap Penyiraman

Langkah pertama dalam merawat tanaman cabe supaya cepat berbuah adalah proses penyiraman, buat penyiraman wajib kalian lakukan dengan benar dan berikut keterangan secara singkatnya:

  • Siramlah tanaman cabe kalian dengan memakai air bekas cucian beras ini sangat manjur buat kalian yang mau supaya tanaman cabe kamu cepat berbuah dengan lebat.
  • Siramlah tanaman cabe secara rutin atau kalian dapat melihat cuaca dan kondisi pada kelembaban tanah pada media tanamnya.
  • Jika kalian menanam cabe dengan menggunakan pot maka kalian perlu untuk cermat dalam melihat kelembaban tanah, jika tanah mulai kering, kalian dapat menyiramnya, namun jangan berlebihan untuk menyiram tanaman cabe.
  • Pastikan kalian akan menyiram dengan benar ialah jangan sampai ada air yang masih menggenang di atas permukaan tanah, kalian hanya boleh menyiram tanaman cabe untuk melembabkan tanahnya saja.
  • Begitupun juga kalian menanam cabe di tanah secara langsung, pastikan tidak ada air yang menggenang, selain itu perhatikan juga keadaan cuaca saat itu, jika cuaca sedang hujan kalian tidak perlu menyiram tanaman cabe kalian.
  • Berbeda lagi jika saat itu cuaca sedang kemarau, kalian dapat menyiram tanaman cabe sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.
Baca Juga  Cara Melakukan Pembudidayaan Anggrek Hias

2. Tahap Penyiangan

Tahap Penyiangan

Dalam melakukan proses pemupukan dan penyiraman sama halnya jika kalian juga harus melakukan proses penyiangan yang bermaksud buat menjaga kebersihan tanaman cabe supaya dapat terhindar dari hama dan penyakit. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara melakukan perawatan cabe dengan benar:

  • Buat melakukan penyiangan, pertama harus siapkan beberapa alat secara khusus buat berkebun seperti sarung tangan, skop dan gunting.
  • Bersihkan pada area sekitar lahan terlebih dahulu dari rumput ataupun gulma, perhatikan juga apabila ada sampah plastik ataupun batuan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe kalian.
  • Bersihkan lahan sampai bersih dan pakailah gunting buat membersihkan daun yang telah menguning.
    Hal ini sangat inti selain bisa menjaga kebersihannya juga bisa mencegah adanya penyakit yang menempel pada pohon cabe.
  • Bersihkan juga daun yang sudah layu dan tidak segar lagi, lakukan proses penyiangan setiap 2 sampai 3 minggu dalam sekali.
  • Buat proses penyiangan tanaman cabe akan lebih gampang dilakukan jika kalian menanam cabe dalam pot, karena tidak banyak rumput ataupun batuan yang perlu kalian buang.

3. Pemangkasan Tanaman Cabe

Pemangkasan Tanaman Cabe

Setelah kalian melakukan proses penyiangan dalam cara merawat tanaman cabe supaya cepat berbuah maka kalian juga perlu melakukan pemangkasan tanaman cabe. Buat melakukan pemangkasan sangat gampang untuk dilakukan dan ssimpel berikut ini keterangannya:

  • Buat pemangkasan kalian dapat menyiapkan alat seperti gunting tanaman.
  • Pertama perhatikan terlebih dahulu pada bagian pucuk dari tanaman cabe kalian, pangkas pada bagian pucuknya memakai gunting secara perlahan supaya tidak merusak struktur pada tanaman cabe milik kamu.
  • Buat pemangkasan sendiri kalian dapat melakukannya setiap bulan sekali, selain bermaksud buat merapikan tanaman juga bertujuan buat meregenerasi tanaman supaya lebih cepat berbuah dan dapat menghasilkan buah yang melimpah.
Baca Juga  Cara Menanam Pohon Jarak

4. Hama Dan Penyakit

Hama Dan Penyakit

Dalam banyak sekali cara dalam merawat tanaman cabe supaya cepat berbuah berbeda, kalian juga perlu memperhatikan keadaan kesehatan tanaman cabe kalian dengan cara melakukan pencegahan serta mengatasi jika terkena hama dan penyakit, berikut ini keterangannya:

  • Buat hama yang menyerang tanaman cabe maka kalian dapat memakai pestisida secukupnya dan menyemprotkan pada tanaman pada setiap sore menjelang malam hari.
  • Sedangkan jika tanaman cabe mengalami penyakit seperti busuk pada bagian akar, jamu maupun daun menggulung dan kuning maka kalian dapat memberinya obat tanaman sesuai dengan penyakit yang di alaminya.

Itulah Yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Tanaman Cabe jika kamu menerapkan dan merawat tanaman Tanaman Cabe dengan baik maka Tanaman Cabe yang kamu miliki dapat tumbuh dengan sehat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang telah membacanya, Itu saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Tanaman Cabe, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :