Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Tanah

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Bawang merah  atau di sebut dengan Allium ascalonicum adalah tanaman hortikultura musiman yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Namun pada saat-saat tertentu sering mengalami banjir produksi sehingga harganya akan menurun drastis. Diperparah lagi dengan kebijakan impor yang diterapkan oleh pihak pemerintah yang seringkali memperparah keadaan kebutuhan dapur sehingga masyarakat kejatuhan harga bawang merah di pasaran yang cukup murah sehingga banyak petani mengalami kerugian yang sangat besar.

Untuk dapat menghindari fluktuasi harga yang sangat merugikan bagi para petani, harus ada upaya untuk melakukan budidaya bawang merah diluar musim. Seiring dengan pembatasan kegiatan budidaya di musim-musim puncak Bawang merah merupakan komoditas hortikultura berumur pendek dan memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Tanaman bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang sudah sejak lama di dibudidayakan oleh petani secara intensif. Komoditas unggulan pertanian ini memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi di suatu wilayah. Meskipun saat ini banyak petani bawang merah.

Sehingga petani mencoba untuk menanam bawang merah tanpa menggunakan media tanah hal itu di jalankan oleh para petani, namun di luar dugaan tanaman mereka dapat tumbuh dengan subur sampai panen tiba, sehingga para petani sebagian meneruskan budidaya bawang merah mereka tanpa menggunakan tanah, jika kamu makin penasaran. maka saya akan memberi kamu suatu ilmu terkait dengan cara meananam bawang merah tanpa menggunakan tanah, dan kamu dapat belajar di bawah artikel ini sampai tuntas.

Bawang Merah


Cara menanam Bawang Merah Tanpa Tanah

Jika kalian ingin sekali menanam bawang akan tetapi kalian tidak memiliki lahan yang memadai sehingga kalian harus mencari alternatif lain untuk dapat menanam bawang merah yang kalian inginkan, namun ada cara altermif agar bisa menanam bawang merah sampai panen tanpa kalian harus berkotor-kotaran karena media ini tanpa menggunakan tanah, maka kalian dapat menyimak di bawah ini.

1. Bibit Bawang Merah

Bibit Bawang Merah

Varietas benih untuk budidaya bawang merah dengan hasil yang cukup banyak. Ada jenis benih lokal sampai dengan benih hibrida impor. Bentuk benihnya ada yang dari biji, ada juga yang berupa umbi. Kebanyakan budidaya bawang merah di sentra-sentra produksi memakai benih umbi sebagai benih bawang merah.

Benih bawang merah yang berkualitas berasal dari umbi yang telah dipanen lebih tua, lebih dari 80 hari untuk dataran rendah dan 100 hari dataran tinggi. Benih bawang merah yang bagus setidaknya telah disimpan selama 2-3 bulan. untuk ukuran benih sekitar 1,5-2 cm dengan bentuk yang baik, tidak adanya cacat, bawang merah berwarna merah tua mengkilap serta masih sangat segar.


2. Menyiapkan Media Tanam

Menyiapkan Media Tanam

Untuk menanam bawang merah tanpa menggunakan tanah maka ada beberapa tahapan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, kamu dapat menyiapkan eggtray  5 sampai 10 lembar sesuai dengan kenginan kamu dalam menanam bawang merah, karena menanam nya menggunakan eggtray maka tanaman bawang merah kamu harus terhindar dari matahari secara langgsung, karena keadaan tanaman kamu harus tetap lembam agar dapat menunjang pertumbuhan dari bawang merah.


3. Menanam Bawang Merah

Menanam Bawang Merah

Dalam menanam bawang merah yang akan kamu tanam setelah kamu menyiapkan bibit dan tempat budidaya tanaman bawang merah tersebut maka selanjutnya dengan cara menanamnya maka kamu dapat menumpukan eggtray dengan sejajar ke atas, namun sebelumnya eggtray harus kamu beri lubang kecil terlebih dahulu supaya air dapat mengalir kebawah dengan lancar, selanjutnya kamu dapat meletakan bibit bawang merah tersebut pada setiap tempat eggtray namu jangan terlalu berdekatan, minimal kamu menanamnya beri jarak satu lubang dengan bibit lainnya.

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Merah di Sawah

4. Perawatan Bawang Merah

Perawatan Bawang Merah

Selanjutnya kamu dapat menyiram tanaman bawang merah kamu dengan secara rutin pada saat di pagi hari pada pukul 08: 00 dan di sore hari pada pukul 04:00 dengan begitu keadaan tanaman bawang merah kamu akan terjaga dengan baik sehingga akan tumbuh dengan secara optimal, kamu juga harus terus memantau tanaman kamu supaya tanaman kamu tidak adanya hama yang dapat mengganganggu pertumbuhan dari bawang merah kamu.


5. Panen Bawang Merah

Panen Bawang Merah

Ciri-ciri budidaya bawang merah yang sudah siap untuk kamu panen apabila 60-70% daun bawang merah sudah mulai rebah. Atau, lakukan dalam pemeriksaan bawang merah dengan secara acak. Khusus untuk pembenihan bawang merah, tingkat kerebahan harus mencapai lebih dari 90%. keatas. Budidaya bawang merah umumnya sudah dapat untuk dipanen setelah usia 55 sampai 70 hari sejak masa tanam bawang merah. Produktivitas bawang merah sangat bervariasi tergantung dari kondisi media yang kamu gunakan dengan baik, iklim, cuaca dan varietas. Di Negara Indonesia, sangat cocok untuk budidaya bawang merah sehingga hasil panen akan memuaskan dan bersahabat dengan iklim yang ada di indonesia.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Menanam Bawang Merah Tanpa Tanah semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, khususnya yang ingin menanam namun tidak memiliki lahan yang memadai maka kamu dapat mencoba alternatif tersebut dengan menanam bawang merah tanpa tanah, itu saja yang dapat saya sampaikan sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Kenikir