Cara Menanam Bonsai Serut Tanpa Akar

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Jenis bonsai yang paling banyak digemari oleh pecinta tanaman kerdil ialah bonsai serut terbaik dan serut merah. Selain dengan bentuknya yang menarik untuk dimiliki, bonsai ini juga mempunyai ukuran yang terbilang mini ataupun yang besar, keunggulan untuk pohon serut ini ialah memiliki usia yang cukup panjang dari jenis bonsai pada umumnya.

Tanaman bonsai ini mempunyai nama latin adalah Streblus Asper, merupakan jenis bonsai yang mempunyai karakteristik batang yang berwarna pudar, dengan memiliki daun yang berjejer melingkar yang berukuran mini dan berwarna hijau tua. Untuk tanaman serut ini mempunyai tampilan yang sangat unik, ibarat kita melihat hutan yang cukup lebat yang dipenuhi dengan daun daun yang rindang versi mininya.

Cara Menanam Bonsai Serut Tanpa Akar

Cara Menanam Bonsai Serut Tanpa Akar

Banyak sekali orang yang mencari informasi tentang bagaimana cara untuk menanam bonsai dari bahan serut tanpa menggunakan akar. Memang tidak diragukan lagi untuk jenis pohon ini terkenal sebagai bonsai yang berkualitas. Dilihat dari batang, dan daun semuanya mempunyai karakter yang kuat dan tua buat perencanaan program pembentukan bonsai. Supaya dapat mempermudah kamu dalam memperoleh pohon bonsai dengan memiliki batang yang berukuran besar dapat dengan cara yang akan saya berikan di bawah ini.

1. Media Tanam Bonsai Serut

Media Tanam Bonsai Serut

Pada umumnya dalam sebuah proses menanam bibit bonsai ini, kita sangat diharuskan buat bisa memakai media tanam yang baik dan benar pastinya yaitu dengan campuran dari tanah gunung. Semacam humus serta pupuk kandang yang baik itu dari kotoran kambing maupun dari sapi.

Baca Juga  Cara Merawat Bunga Anggrek

Adapun untuk perbandingan penggunaan media tanam ketiganya adalah ; 1:1:1 ditiap pot yang kamu tanami. dengan memakai sebuah media tanam yang baik tersebut. Bahkan kita juga dapat memakai sebuah media dari sekam padi ataupun cacahan sabut kelapa, karena dengan menggunakan media tersebut maka akar akan terjaga dan cepat buat tumbuh secara optimal. Supaya tanaman bahan bonsai ini dapat tumbuh dengan optimal dan perkembangan dari bahan bonsai serut ini bisa tumbuh dengan sempurna.

2. Mengembangkan Bonsai Serut

Mengembangkan Bonsai Serut

Telah banyak sekali cara untuk sebuah proses dalam mengembang biakan bakalan bonsai ini. proses yang dipakai adalah dengan cara pembibitan seperti biasanya. Seperti dengan cara dicangkok, ataupun stek pada tanaman bonsai yang berusia yang telah cukup untuk di lakukan, karena tanaman serut ini bisa kita perbanyak dengan cara mencangkok ataupun stek.

Cara untuk menanam bakalan bonsai serut (streblus asper). Pohon serut ini merupakan salah satu jenis pohon tanaman liar yang umumnya telah tumbuh di dalam hutan dan pegunungan, tebing-tebing batu atau di kebun sekitar rumah kalian. Untuk alam bebas serut bisa tumbuh dengan mencapai ketinggian sampai 5 meter dengan memiliki diameter
sebuah batang yang mencapai kurang dari satu meter besarnya.

Karena keunikan dan kelangkaan untuk tanaman bonsai serut ini sampai bisa kita taksir bahwa tanaman bonsai serut ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dengan hal tersebut harga tinggi apalagi yang telah jadi dengan sempurna pasti untuk harganya akan melambung lebih tinggi lagi.

3. Langkah Penanaman Bonsai Serut

Langkah Penanaman Bonsai Serut

Adapun cara buat menanam sebuah bakalan Bonsai serut tanpa menggunakan akar dan juga ada beberapa tips yang akan saya berikan sesuai dengan pengalaman saya pribadi dalam menanam bonsai serut tanpa akar yang baik dan benar sehingga hasil yang akan kalian dapat akan maksimal nantinya.

  • Buanglah untuk setiap daun dan ranting yang kamu anggap tidak bermanfaat yang masih melekat pada bakalan serut, buang untuk semua daun dan ranting yang tidak bermanfaat.
  • Mungkin Kalau para senior umumnya akan memberikan atau mengoleskan dengan perangsang akar, ini kalau saya ini tanpa memakai obat perangsang jenis apapun.
  • Selanjutnya kamu siapkanlah sebuah media buat menanam ialah antara lain, tanah campur dengan pasir, jangan coba buat mencampur dengan menggunakan pupuk dalam media ini, masalahnya pupuk ini akan dapat membuat media akan menjadi panas dan sehingga perose pertumbuhan akan sulit untuk berkembang.
  • Berikutnya silahkan Tanam bakalan serut tadi di dalam media yang sudah kamu persiapkan. tanam bakalan serut menggunakan pot.
  • Berikutnya setelah tanaman bakalan serut kamu ditanam dalam media pot tersebut, maka kamu dapat siram setip media tanam tersebut sampai menjadi basah seluruhnya.
  • Setelah proses disiram taruh atau tempatkanlah pada tanaman Serut tersebut ditempat yang sejuk dan lembap. Tempatkan tanaman Serut ditempat yang tidak terkena sinar matahari.
  • Menurut para ahli Biasanya memakai penutup pelastik pada tiap ujung batang Serut dan biar tidak akan mengering atau menutupnya untuk semua batang serut dengan memakai plastik bening.
Baca Juga  Cara Pembudidayaan Pohon Fragrans

4. Melilit Kawat Bonsai Serut

Melilit Kawat Bonsai Serut

Berikutnya kita harus buat menyiapkan kawat lilit buat membentuk sebuah tanaman bonsai serut yang optimal. Suatu Kawatnya umumnya m,enggunakan kawat dengan berukuran yang sedang. yang biasa digunakan buat melilit sebagai sarana membentuk tanaman bonsai ini haruslah kawat yang tidak menyerap panas dan gampang buat di bentuk berbagai ukuran, atau kawat bonsai yang lentur.

Sampai Pada tahap ini kamu bisa untuk melilit-lilitkan kawat yang sudah disiapkan tadi pada pohon dan cabang batang bonsai. Kalau untuk variasi bentuk dapat diperoleh dan disesuaikan dengan kemauan maupun dengan kreatifitas kalian sendiri, yang dengan ketekunan maka kita semua dapat kita peroleh hasil bonsai serut dengan variasi dan memiliki gaya yang unik yang selama ini kita idam-idamkan.

5. Tempat Yang Aman Buat Tanaman Bonsai Serut

Tempat Yang Aman Buat Tanaman Bonsai Serut

Berikutnya adalah langkah yang terakhir ialah dengan cara meletakan untuk setiap tanaman bonsai serut tersebut di tempat yang cukup terbuka atau lapang tetapi sejuk untuk di letakan. Sehingga bisa menjadikan untuk memungkinkan tanaman serut tersebut bisa memperoleh asupan sinar matahari yang optimal dengan kebutuhan tanaman bonsai serut.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Menanam Bonsai Serut Tanpa Akar dengan begitu kamu akan mengetahui Cara Menanam Bonsai Serut Tanpa Akar yang baik dan benar, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Menanam Bonsai Serut Tanpa Akar sehingga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :