Cara Menanam Bonsai Kelapa

Diposting pada

Anekabudidaya.ComBonsai adalah seni dalam bercocok tanam yang semakin banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Bukan hanya sekedar dalam bentuknya yang unik, namun juga dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Ada berbagai macam tanaman yang dapat dibuat menjadi tanaman bonsai, salah satunya ialah pohon kelapa. Pohon kelapa bisa kita rubah menjadi tanaman bonsai kelapa yang memiliki cabang atau bonsai kelapa mini. Bonsai ini menarik banyak peminat mengingat pada dasarnya pohon kelapa yang tumbuh dengan pohonnya yang tegak dan menjulang tinggi keatas.

Membuat tanaman raksasa ini telah menjadi kecil pastinya tidaklah gampang untuk melakukannya, oleh sebab itu bonsai kelapa yang bercabang bisa dihargai dengan harga jual yang sangat fantastis. Namun buat para koleksi bonsai, hal ini sama sekali tidak menjadi kendala buat mereka memilikinya. Berapa juga untuk harganya, mereka akan tetap membelinya. bagaimana dengan kamu yang menginginkan bonsai kelapa ini tapi terkendala biaya yang tidak memadai, Tidak harus untuk khawatir. Pada artikel ini Saya akan menyampaikan ilmu cara dalam membuat bonsai kelapa.

Baiklah, buat membuat bonsai kelapa ada beberapa cara yang harus kamu lakukan. Maka silahkan baca dengan cermat dalam tahap-tahapnya dalam menanam bonsai kelapa.

Cara Menanam Bonsai Kelapa

Cara Menanam Bonsai Kelapa

Bonsai sendiri merupakan suatu teknik dalam menanam pada medium dan skala kecil, tapi untuk bentuknya akan tetap mempertahankan tanaman aslinya. Bonsai kelapa juga seperti itu. Sekarang simak langkah-langkah dalam membuat bonsai kelapa yang dapat akamu lakukan sendiri.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Basil

1. Pemilihan Jenis Bonsai Kelapa

Pemilihan Jenis Kelapa Bonsai

Sama seperti halnya dalam menanam tumbuhan pada umumnya, buat memperoleh bonsai kelapa yang benar maka perlu berasal dari bibit yang berkualitas. Jenis pohon kelapa yang suka untuk dijadikan sebagai bonsai ialah kelapa gading merah, kelapa gading susu dan kelapa albino.

2. Pemilihan Bibit Bonsai Kelapa

Pemilihan Bibit Bonsai Kelapa

Kriteria dalam menentukan bibit bonsai kelapa yang dapat dipakai adalah berasal dari buah kelapa yang sudah tua. Bibit buah perlu untuk dipetik secara langsung dari pohon dan bukan jatuh dari pohonnya. Sebaiknya pilih buah kelapa yang mempunyai banyak akar dan berbatok yang ukurannya kecil dari kelapa pada umumnya.

3. Penempatan Posisi Batok Kelapa

Penempatan Posisi Batok Kelapa

Tunas kelapa umumnya akan tumbuh pada minggu ke 2 sampai minggu ke 3. Penempatan untuk bibit juga perlu diperhatikan secara khusus, sebab bibit yang vertikal akan memperoleh batok dikelilingi dengan akar. Sedangkan untuk bibit kelapa yang diletakkan secara horizontal akan tumbuh seperti keong untuk ukurannya.

4. Bersihkan Sabut Kelapa

Bersihkan Sabut Kelapa

Sesudah tunas kelapa telah tumbuh dengan sempurna, maka untuk sabut kelapa perlu dibersihkan terlebih dahulu. Pembersihkan dapat dilakukan dengan cara mengupas batok kelapa. Sayatan sebaiknya harus dilakukan dengan secara membujur mengitari batok. perlahan lah pada saat akan melakukan penyayatan supaya tidak mengganggu tunas kelapa baru berkembang.

5. Bersihkan Bulu Halus Pada Batok

Bersihkan Bulu Halus Pada Batok

Jika sabut telah dibersihkan dengan benar, maka kita lakukan dengan cara membersihkan bulu halus pada batok kelapa. Pakailah pisau yang tajam sampai dengan bersih, selanjutnya haluskan memakai amplas secara perlahan.

6. Penanaman Pada Media Tanam

Penanaman Pada Media Tanam

Langkah selanjutnya ialah dengan menyiapkan media tanam bonsai kelapa. Kita dapat memakai media pot yang tesh diisi dengan campuran tanah, air, pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1. Siapkan sebuah botol bekas air mineral untuk menutup tunas baru yang akan muncul. Potong pada bagian atas botol tersebut sekitar 5 cm. Penanaman perlu dilakukan secara perlahan-lahan supaya akar tunas tersebut tidak akan rusak begitu saja. Lalu letakkan batok kelapa pada posisi miring hal tersebut agar kelapa dapat tumbuh dengan sempurna.

Baca Juga  Cara Perawatan Sedap Malam

7. Pembentukan Bonsai Kelapa

Pembentukan Bonsai Kelapa

Ketika bibit bonsai yang sudah tumbuh sekitar 15 sampai 20 cm, maka lakukan proses penyayatan pada bagian bawah supaya tidak membusuk. Penyayatan dapat dilakukan selama 3 kali secara berkala. Berikutnya supaya tamanan kelapa mini menjadi bentuk yang menawan, maka ikatlah tanaman kelapa dengan menggunakan tali kawat yang menyesuaikan bentuk yang kita harapkan. Ikatlah pada bagian ujung ranting sampai ke pangkal batang tanaman kelapa. Kita juga dapat memotong pada bagian-bagian yang tidak mau supaya untuk bentuknya akan sempurna.

8. Merawat Bonsai Kelapa

Merawat Bonsai Kelapa

Perawatan dalam tanaman bonsai ini cukup gampang untuk di lakukan, yaitu dengan cara memenuhi asupan air, pupuk, serta sinar matahari yang cukup. Penyiraman dapat dilakukan dalam satu kali sehari sampai tanaman akan lembab namun tidak terlalu basah dalam proses penyiraman.

Pemberian pupuk dapat dilakukan selama 2 minggu sekali supaya keperluan unsur hara tanaman akan tercukupi. supaya bonsai kelapa akan terhindar dari hama dan penyakit yang akan menyerangnya, kita dapat memakai insektisida dan herbisida yang sesuai dengan tanaman bonsai tersebut.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menanam Bonsai Kelapa, buat kalian yang memang serius untuk menanam bonsai kelapa maka kalian dapat mengikuti langkah tersebut dengan benar dan lakukan dengan kerja keras kalian, sehingga hasil yang akan kalian dapat akan sepadan dengan apa yang kalian harapkan, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan cara menanam bonsai kelapa, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :