Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Dalam menanam tanaman dengan menggunakan teknik bonsai yang sering menjadi hobby dari banyak orang. ada juga banyak tanaman yang dapat ditanam dengan menggunakan teknik ini, salah satunya kelapa. Bonsai kelapa yang sangat menarik untuk di miliki ini ternyata dapat dibuat sendiri karena caranya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Teknik dalam menanam bonsai dalam media pot buat kelapa ternyata sangat digemari dan sudah tidak heran banyak sekali kolektor tanaman bonsai di Indonesia yang ingin memilikinya. Tanaman bonsai sendiri memiliki harga yang terbilang tinggi, tak terkecuali dengan tanaman bonsai kelapa ini. Tenang, kamu dapat  membuat bonsai kelapa dengan sendiri di rumah kamu. Kamu juga dapat melihat tahapan-tahapan di bawah ini dalam menanam bonsai kelapa menggunakan pot untuk hasil yang optimal.

Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot

Jenis Kelapa yang Bisa Dibonsai

Tidak semua jenis kelapa yang dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai. Akan tetapi, setidaknya ada tiga jenis yang dapat digunakan dalam menggunakan teknik ini, ialah kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Semua jenis kelapa tersebut yang kamu pergunakan juga memakai langkah yang sama.

Varian kelapa gading susu memiliki warna putih dan juga sesuai buat dijadikan sebagai pohon palem di rumah. Berbeda dengan kelapa gading merah yang mepunyai warna kuning kemerahan. Berbeda lagi dengan kelapa albino yang warnanya bahkan lebih putih dari kelapa gading susu.

Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot

Untuk membuat tanaman pohon kelapa bonsai yang sesuai dengan kemauan kalian, diperlukan yang sesuai mulai dari pemilihan jenis bibit pohon kelapa, media tanam menggunakan Pot, teknik pembentukan serta perawatan yang baik dan benar.

1. Menentukan Jenis kelapa

Kamu perlu untuk menentukan terlebih dahulu dalam menggunakan kelapa gading merah, kelapa gading susu, atau kelapa albino. Setiap jenisnya akan memperoleh bonsai yang mempunyaikarakteristik yang tidak sama. Mungkin kamu juga perlu sedikit memperhatikan perawatannya sesudah itu.

Baca Juga  Tips Budidaya Bunga Sepatu

Bila kamu akan membuat bonsai dengan kelapa gading merah, kamu juga akan memperoleh tanaman yang sangat indah dan menarik. Warna merahnya akan terbawa terus pada bagian batang, tapi hal ini juga perlu untuk dipertahankan dengan seiring berjalannya waktu. Kamu harus memakai pupuk yang lebih banyak dari biasanya.

Berbeda dengan menggunakan kelapa gading susu yang akan memiliki daun yang lebih lebar. Bonsai kelapa gading susu akan serupa dengan pohon palem dan lebih sering hidup di daerah subtropis dengan suhu yang tidak terlalu panas untuk bertahan hidup.

Buat bonsai kelapa albino, untuk bentuk tanamannya akan lebih mini dibanding dengan bonsai kelapa lainnya. Daunnya yang berwarna hijau pucat dan terang. Tanaman, jenis ini yang akan lebih banyak dicari orang untuk memilikinya. Asalkan, kamu dapat menjaga warna putih silver pucatnya tetap dalam keadaan optimal.

2. Pilih bibit kelapa terbaik

Pilih bibit kelapa terbaik

Tanaman bonsai kelapa yang berkualitas dan menarik tentunya dapat diperoleh dari bibit yang berkualitas juga. Sebaiknya, kamu memilih bibit bonsai yang sudah sedikit tua. Untuk bibit bonsai ini akan lebih cepat dalam menumbuhkan tunas baru yang menawan.

Kamu dapat mengambilnya secara langsung dari pohon kelapa dan tidak menunggunya jatuh dengan sendiri. Seperti yang kita ketahui, Untuk pohon kelapa yang sangat tinggi dan mungkin akan menimbulkan cacat pada bibit saat jatuh dan menghantam tanah.

Carilah bibit bonsai dengan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil. Periksa juga bagian akarnya dan cari bibit dengan akar yang besar dan kokoh. Carilah bibit bonsai dengan memiliki ukuran batok kecil buat mempermudah kamu dalam membentuk batang bonsai.

3. Tentukan Posisi Batok

Tentukan Posisi Batok

Tanaman bonsai kelapa dapat tumbuh dengan sempurna mulai dari bagian batoknya. Karena itu, kamu harus menentukan posisi batok yang cocok dengan kemauan kalian. Kalian dapat menyesuaikan posisi batok juga akan membuat kamu memperoleh gambaran bonsai kelapa seperti apa jadinya.

Letakkan terlebih dulu bibit bonsai kelapa yang belum mempunyai tunas pada tanah. Pastikan untuk tanah yang kamu pakai memiliki kandungan air yang melimpah. Biarkan tunas berada di sana sampai 1 – 2 minggu ke depan.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Piper Rigrum

Selanjutnya itu, letakkan batok kelapa sesuai dengan kemauan kalian. Batok kelapa yang menghadap ke atas akan buat tanaman tumbuh dengan tinggi, sedangkan untuk batok yang menghadap ke samping akan buat bonsai kelapa layaknya rumah siput yang membungkup kesamping.

4. Bersihkan Sabut Kelapa Pada Batok

Bersihkan Sabut Kelapa Pada Batok

Sesudah tunas kelapa telah tumbuh, maka kamu perlu untuk membersihkan serabut kelapanya. Kamu dapat dengan mengupas atau menyayat batok kelapa sampai halus. Caranya menyayatnya juga harus diperhatikan. Buat sayatan dengan membujur mengitari batok kelapa sekeliling.

5. Hilangkan Bulu Halus Batok Kelapa

Hilangkan Bulu Halus Batok Kelapa

Langkah berikutnya ialah dengan cara membersihkan bulu halus di seluruh bagian batok kelapa. Kamu juga dapat memakai sebuah pisau buat melakukan ini. Pastikan untuk batok kelapa benar-benar bersih dari bulu-bulu halus ini sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Cara untuk membuatnya lebih bagus dan cantik, kamu dapat menghaluskannya menggunakan amplas. Namun, tetap hati-hati dalam melakukan dalam pengamplasan batok kelapa.

6. Buat Media Tanam Buat Bonsai Kelapa

Buat Media Tanam Buat Bonsai Kelapa

Kamu dapat menyediakan pot yang seukuran dengan batok kelapa yang kamu miliki. Isi pot tersebut dengan campuran tanah, air, pupuk kandang, dan buat perbandingannya 2 : 1 : 1. Sehingga kamu dapat memanfaatkan botol bekas air mineral buat menutup tunas kelapa agar dapat tumbuh lebih optimal. Potong pada bagian botol sekitar 5 cm dari bagian atasnya.

Selanjutnya, masukkan batok kelapa tersebut ke dalam pot yang telah terisi dengan campuran tanah, air, dan pupuk tersebut. Lakukannya secara hati-hati dan posisi yang sedikit miring kesamping. Pastikan kamu tidak akan merusak atau memutus pada bagian akar bonsai pada saat menaruhnya ke media tanam pot.

7. Membentuk Tanaman Bonsai Kelapa

Pembentukan Bonsai Kelapa

Sesudah tunas bonsai telah tumbuh, kamu harus membentuk bonsai kelapa menjadi tanaman yang menawan. Sayat pada bagian tunas yang bagian paling bawah sesudah bibit tumbuh sekitar 15 sampai 20 cm. Hati-hati pada saat menyayatnya agar tidak terkena tunas yang baru tumbuh.

Baca Juga  Cara menanam kapulaga di pekarangan rumah

Kamu dapat melakukan proses penyayatan ini mulai dari 3 kali atau secara rutin untuk kamu lakukan. Penyayatan yang lebih banyak akan buat hasilnya lebih optimal. Berikutnya kamu dapat mengikat bonsai kelapa menggunakan kawat atau tali buat memperoleh bentuk yang kamu mau.

Kamu juga dapat membuang pada bagian-bagian ranting bonsai yang tidak kamu mau. Potong pada bagian ranting dengan cara melengkung buat membuatnya memiliki bentuk yang kamu harapkan.

Merawat Tanaman Bonsai Kelapa

Merawat Tanaman Bonsai Kelapa

ITanaman bonsai kelapa juga merupakan makhluk hidup yang harus dirawat dengan baik dan benar. Namun, kalian tidak harus untuk cemas karena untuk merawat bonsai ternyata cukup gampang untuk di lakukan. Layaknya beberapa tanaman hias pada umumnya, bonsai kelapa juga harus disiram pada saat pagi dan sore seecara rutin kamu lakukan proses penyiraman tersebut.

Pada saat kemarau tiba, mungkin kamu memerlukan dalam melakukan penyiraman yang lebih sering apalagi pada saat matahari sedang panas sekali. Selain dirisam, kamu juga harus memberikan pupuk buat tanaman bonsai kelapa yang kamu miliki. Lakukan proses pemupukkan pada setiap 15 hari sekali dalam melakukannya. Pemberian nutrisi ini dapat dilakukan buat mempercepat proses batok bonsai kelapa berbuah lebih optimal.

Beri juga insektisida agar tanaman bonsai miliki kamu akan bebas dari hama yang akan menyerangnya. Tanaman ini sering jadikan incaran oleh hama karena tanahnya yang perlu basah setiap saat.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot , buat kalian yang memang serius untuk menanam Bonsai Kelapa Di Pot maka kalian dapat mengikuti langkah tersebut dengan benar dan lakukan dengan kerja keras kalian, sehingga hasil yang akan kalian dapat akan sepadan dengan apa yang kalian harapkan, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan cara menanam bonsai kelapa di pot, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :