Cara Menanam Bonsai Beringin

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Suasana untuk sebuah rumah akan terasa lebih sejuk jika dilengkapi dengan kehadiran tanaman-tanaman di sekelilingnya. Akan tetapi, semakin terbatasnya lahan yang dimiliki dalam membangun sebuah rumah, maka akan membuat keberadaan taman akan susah untuk terlaksana dengan kemauan kalian. Walaupun begitu, terdapat salah satu solusi terbaik buat mempercantik hunian rumah kalian dengan menggunakan tanaman hijau dapat kamu terapkan melalui tanaman bonsai. Untuk ukurannya yang mini, akan membuat tanaman ini dapat diletakan di mana saja sesuai dengan kemauan kalian pastinya.

Tidak banyak opsi dalam menentukan tanaman yang dapat dibuat ke dalam versi kecil atau bonsai. Namun, untuk salah satu jenis pohon yang paling terkenal di antaranya ialah beringin. Bonsai Beringin adalah versi kecil dari pohon beringin yang sangat besar. Mempunyai struktur yang kokoh, tidak mudah untuk mati, serta mempunyai daun yang rimbun memudahkan dalam proses pohon tersebut menjadi bonsai.

Menanam Bonsai Beringin

Cara Menanam Bonsai Beringin

Tahap-tahap buat menanam dan merawat Bonsai Beringin tidaklah mempunyai tingkat kesusahan yang rumit, namun sangat memerlukan ketekunan, ketelatenan, serta perawatan yang lebih intensif untuk kamu lakukan semua itu. sehingga tahapan yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut ini :

1. Mempersiapkan Media Tanam

Mempersiapkan Media Tanam

Berbeda dengan tanaman hias biasanya yang membutuhkan banyak sekali nutrisi, tanaman bonsai beringin justru tidak boleh sampai mendapatkan nutrisi atau unsur hara yang berlebihan supaya dapat bertahan dan tumbuh dengan optimal.

Baca Juga  Tips Perawatan Tanaman Keladi

Oleh karena itu, untuk media tanam buat bonsai beringin punya kamu perlu dikomposisikan sedemikian rupa supaya unsur hara yang terdapat pada media tanam bonsai beringin tersebut. Pilihlah media tanam yang sedikit lebih padat dengan cara mencampur tanah humus yang dapat diperoleh dengan gampang di toko penyedia alat dan bahan pertamanan dengan sedikit bebatuan atau kerikil kecil.

2. Proses Pemangkasan Bonsai Beringin

Proses Pemangkasan Bonsai Beringin

Sebelum kamu akan memulai dalam menanam bonsai beringin, ada bagusnya kamu harus memangkas terlebih dahulu akar dari bonggolnya buat mengindari masa pertumbuhan akar yang berlebihan dan membuat ruang buat media tanam akan menjadi berkurang, sehingga nutrisi bonsai beringin justru sudah tercukupi.

Selain akar, pangkas juga pada bagian daun bonsai buat membantu adaptasi awal pada proses penanaman salah satu jenis tanaman hias ini. Sesudah penanaman berhasil, maka pemangkasan daun ini juga perlu untuk tetap kamu lakukan pada bonsai beringin buat membuatnya tetap terlihat menarik.

3. Bentuk Pohon Bonsai Beringin

Bentuk Pohon Bonsai Beringin

Sesudah media tanam dan bonggol pohon bonsai beringin siap, Maka kamu dapat memulai menanam bonggol bonsai pohon beringin yang kamu punya. Berikutnya, dengan menggunakan kawat stainless steel yang berukuran 3 mm yang telah kamu siapkan, mulailah untuk membentuk pola dari bonsai beringin yang kamu harapkan dengan cara melilitkan kawat tersebut pada dari bagian bonggol bonsai sampai dahan-dahan akan membentuknya sesuai dengan pola bonsai yang kamu harapkan.

Lakukan proses pembentukan pohon bonsai beringin ini dengan secara perlahan. Walaupun secara perlahan, buat lilitan dari kawat pada dahan pohon bonsai beringin sekuat dan sekencang mungkin supaya pola pada bonsai beringin akan lebih cepat terbentuk yang kamu buat.

Baca Juga  Tips Budidaya Bonsai

Proses dalam pembentukkan pohon bonsai beringin ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan tak pasti, bahkan pada beberapa kasus dapat memakan waktu yang amat lama. Jadi, jangan tergesa-gesa dalam melepas lilitan kawat pada pohon bonsai beringin milik kamu. Pada saat kamu merasa pola sudah mulai terbentuk, maka lepaslah kawat pada pohon bonsai beringin secara periodik satu per satu dan perlahan-lahan.

Selama proses pembentukan bonsai ini, jangan lupa buat terus lakukan proses pemangkasan daun bonsai beringin secara bertahap emmakai sebuah gunting khusus untuk tanaman bonsai, terutama pada saat kamu merasa pertumbuhan daun sudah terlalu banyak bertumbuh.

4. Proses Penyiraman Dan Pemberian Pupuk

Proses Penyiraman Dan Pemberian Pupuk

Dalam proses pemupukan merupakan langkah penting buat memastikan tanaman dapat bertumbuh kembang dengan sempurna. Hal ini juga akan berlaku buat pohon bonsai beringin yang kamu punya.

Pada umumnya, kamu dapat memakai pupuk jenis apapun buat tanaman bonsai beringin punya kamu. Hanya saja, pastikan untuk pemberian pupuk yang kamu tentukan buat bonsai beringin punya kamu memiliki kandungan nitrogen, fosfor, dan juga potassium karena ketiga unsur ini merupakan unsur-unsur yang diwajibkan oleh tanaman bonsai beringin buat memperoleh pertumbuhan dengan optimal.

5. Perwatan Bonsai Beringin

Perwatan Bonsai Beringin

Proses adaptasi ini biasanya membutuhkan waktu mulai dari 2 minggu sampai dengan 3 minggu lamanya. Selama periode tersebut, biarkan akar dari bonsai beringin akan beradaptasi dan pulih dengan tidak memberikan pupuk sama sekali. Selain itu, letakan bonsai pada area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Sesudah bonsai beringin sudah tumbuh dewasa, Maka kamu dapat mulai perlahan untuk memindahkannya ke area taman yang memperoleh asupan sinar matahari yang lebih maksimal. Jangan lupa juga buat selalu perhatikan pemangkasan daun bonsai dan juga pemupukan setelah bonsai beringin telah dewasa supaya pertumbuhan bonsai beringin tetap sehat dan optimal.

Baca Juga  Tips Menanam Bonsai

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menanam Bonsai Beringin , buat kalian yang memang serius untuk Menanam Bonsai Beringin maka kalian dapat mengikuti langkah tersebut dengan benar dan lakukan dengan kerja keras kalian, sehingga hasil yang akan kalian dapat akan sepadan dengan apa yang kalian harapkan, Itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Menanam Bonsai Beringin, Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :