Cara Merawat Kura-Kura

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Dalam merawat kura-kura peliharaan tidaklah segampang yang kamu bayangkan. Memilih kura-kura sebagai hewan untuk di pelihara, pastinya memperoleh pertimbangan yang baik dan benar. Kura-kura memerlukan sebuah perawatan dengan secara khusus dan harus sering dibersihkan, dan mereka kurang pantas bermain baik dengan anak kecil.

Kura-kura dapat menggigit dan tidak suka jika dipegang, tetapi mereka tetap menjadi hewan peliharaan yang sangat menghibur untuk diperhatikan. Sebelum kamu akan memiliki kura-kura, maka dapat pikirkan tentang sumber daya dan ruang yang dimiliki, jenis untuk makanan kura-kura yang diinginkan, serta yang pantas untuk rumah dan keluarga kamu.

Kura-Kura


Cara Merawat Kura-Kura

Dalam memelihara kura-kura yang kamu inginkan, maka ada beberapa faktor yang wajib kamu penuhi supaya kura-kura yang kamu pelihara dapat selalu sehat, dan faktir tersebut adalah :

1. Kura Kura Sesuai Karakteristiknya

Kura Kura Sesuai Karakteristiknya

Cara merawat hewan peliharaan ini sebenarnya cukup mudah selama kamu mengenali karakteristiknya supaya tahu cara memperlakukannya. Secara umum, ada tiga jenis kura kura, yaitu kura-kura amfibi, kura-kura darat, dan kura-kura akuatik. Jika memilih kura-kura akuatik, kamu harus menyiapkan akuarium atau kolam karena hewan ini hanya bisa hidup dalam air. Jika memilih jenis kura kura darat, kamu harus menyiapkan kandang khusus di halaman rumah.


2. Menyiapkan Kandang Kura-Kura

Menyiapkan Kandang Kura-Kura

Cara merawat kura kura agar bisa hidup nyaman adalah dengan menyiapkan kandang yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Misalnya, jika memelihara kura-kura akuatik, kamu harus membuat kolam atau menyiapkan akuarium. Besar kolam atau akuarium pun harus disesuaikan dengan ukuran tubuh kura-kura agar binatang peliharan kamu itu bisa bergerak dengan nyaman.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Bandeng

Jika kamu memelihara kura-kura darat, cukup siapkan kandang yang sesuai dengan ukurannya. Saat kura-kura sudah tumbuh besar, sebaiknya kamu menyiapkan area khusus yang diberi pagar di halaman rumah sebagai kandang hewan peliharaan. Di sela waktu luang, kamu bisa mengajak kura-kura bermain dengan melepaskannya di halaman rumah.


3. Jumlah Kura-Kura

Jumlah Kura-Kura

Jangan biarkan hewan peliharaan kesepian Cara merawat kura-kura selanjutnya adalah dengan tidak membiarkannya kesepian. Sangat disarankan kamu membeli kura-kura minimal sepasang agar kura-kura tersebut memiliki teman. Namun, jika harganya cukup mahal seperti kura-kura darat, kamu bisa membeli satu ekor terlebih dulu. Setelah beberapa bulan dan tabungan kamu sudah cukup, segeralah membeli satu ekor lagi agar kura-kura peliharaan kamu tidak kesepian.


4. Memberi Makan Kura-Kura

Memberi Makan Kura-Kura

Cara merawat hewan peliharaan yang paling penting adalah memberinya makanan secara teratur. Kamu bisa membeli pelet atau makanan kura-kura di toko hewan peliharaan. Agar kura-kura tetap sehat, kamu juga bisa memberikan kura-kura makanan lain, semisal ikan gupi, cacing, belalang, dan jangkrik. Selain itu, berikanlah sayuran semisal selada atau wortel sebagai pelengkap makanan kura-kura. Jika kura-kura masih bayi, dianjurkan untuk memberi makan satu kali sehari. Berikanlah makanan itu pada pagi hari.

Namun jika kura-kura sudah dewasa, kamu bisa memberikan makan dua kali sehari. Jika memelihara kura-kura akuatik, letakkan makanan di dalam air. Sekitar lima menit setelahnya, ambillah sisa makanan dari dalam air menggunakan jaring agar akuarium tetap bersih. Sementara untuk kura-kura darat, cukup letakkan makanan dalam mangkuk. Taruhlah mangkuk itu di kandang kura-kura.


5. Menjemur Kura-Kura

Menjemur Kura-Kura

Cara dalam merawat hewan peliharaan yang satu ini supaya tetap sehat ialah dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Dalam menjemur kura-kura di bawah sinar matahari bisa membantu masa perkembangan cangkang kura-kura dan mencegah penyakit yang akan datang. Durasi dalam penjemuran kura-kura yang umumnya ialah sekira 15 sampai 20 menit. Alternatif lainnya jika memelihara kura-kura dalam ruangan tertutup, maka kamu dapat menjemurnya di bawah sinar lampu UV dalam kurun waktu yang serupa.

Baca Juga  Cara Merawat Burung Murai

Makanan Kura-Kura

Makanan Kura-Kura

Agar kura-kura peliharaan kamu dapat tumbuh dengan sehat, pastinya perlu untuk diberi asupan bernutrisi. di bawah ini ialah daftar makanan kura kura yang dapat kamu lakukan.

  • Ikan segar

Usahakanlah dalam berikan kura-kura peliharaanmu ikan yang masih segar, bukan ikan yang telah dibekukan. Hal ini dikarenakan kandungan enzim ikan yang telah dibekukan akan meningkat dan merusak kandungan vitamin B1 di dalamnya.

  • Buah dan Sayur

Buah dan sayur yang berkualitas dapat diberikan sebagai makanan untuk kura kura di antaranya ialah pepaya, pisang, apel, tomat, sawi, wortel, dan bayam. Buah dan sayur ini baik untuk kekuatan dan pertumbuhan tempurung kura-kura itu senddiri.

  • Pelet

Pelet merupakan makanan kura kura yang paling umum dijumpai. Berikanlah pelet sedikit demi sedikit agar kolam tidak mudah keruh dan menyebabkan kura-kura akan sakit, dengan tercmarnya air yang menjadi keruh.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Kura-Kura yang baik dan benar dengan kalian merawat Kura-Kura yang benar penuh dengan ketekunan maka Kura-Kura yang kamu pelihara akan sehat selalu dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan artikel Cara Merawat Kura-Kura, Sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :