Cara Merawat Sapi

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Salah satu masalah yang banyak ditanyakan oleh peternak sapi potong ialah cara bagaimana untuk menggemukkan pedet atau anak sapi. Hasil tersebut kami dapatkan dari banyaknya sebuah pertanyaan yang datang di grup grup media sosial komunitas peternak sapi indonesia.

Jika kamu telah bergabung di grup facebook, pastinya kamu juga akan melihat para peternak yang telah mencoba beberapa metode penggemukan sapi namun tidak berjalan sesuai yang diinginkan. Ada juga yang masih pertama dalam belajar dan belum tau sama sekali bagaimana cara merawat sapi supaya bisa gemuk sesuai denga kemauan kita. Oleh karena itu di sini saya akan memberikan berbagi macam cara dalam merawat sapi dengan baik supaya cepat besar dan gemuk sesuai yang kamu inginkan.

Cara Merawat Sapi


Cara Merawat Sapi

Jika kamu mau merawat sapi agar dapat lebih cepat besar maka kalian perlu untuk memperhatikan faktor faktor seperti perawatan yang benar, pakan yang dapat menunjang masa perkembangannya, kebersihan kandang serta bibit ternak yang bagus.

1. Merawat Kandang Sapi

Merawat Kandang Sapi

Kandang sapi dapat dibagi menjadi dua ialah dengan secara kelompok dan secara individual. jika kalian menginginkan sapi akan cepat besar maka pilihlah kandang yang bersifat invidual. Seekor sapi memerlukan kandang sebesar 2,5 × 1,5 m. Kelebihan untuk kandang tersebut adalah sapi tidak akan berebut makanan dengan sapi lain sebab hanya ada dia di dalam kandang tersebut. Sampai sapi bisa memperoleh asupan makanan yang sesuai.

Walaupun kandang sapi yang bersifat kelompok resikonya ialah sapi akan berebut makanan dan ruang gerak juga tidak sebebas kandang secara individual. Karena mereka akan berkelahi dalam berebut pakan maka kemungkinan sapi untuk besar dengan cepat akan terganggu. Sapi yang kuat akan lebih cepat besar daripada sapi yang lemah karena pada saat telah berebut pakan, sapi yang kuat selalu menang sedangkan yang lemah jarang mkemperoleh bagian dari makanan yang kamu kasih.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Cakalang

2. Memperhatikan Pakan Sapi

Memperhatikan Pakan Sapi

Inilah merupoakan sebuah faktor wajib dalam proses penggemukan anak sapi. supaya dapat mempercepat masa pertumbuhan sapi, kmau tidak boleh terpatok dengan memakai pakan serat hijauan saja. Karena pada saat ini telah banyak sekali yang memakai rumput hijau sebagai bahan pakan pokok untuk sapi. Padahal itu kurang maksimal dan prosesnya juga cukup memakan waktu yang lama. Saran kami agar sapi kamu cepat besar maka pakailah pakan berupa hijauan dan konsentrat seperti ampas tahu, bekatul, ampas bir, kulit kacang kedelai dan makanan buatan pabrik.


3. Tambahkan Vitamin Penggemukan Sapi

Tambahkan Vitamin Penggemukan Sapi

Selanjutnya ini juga tidak kalah wajib. Dalam membuat pakan konsentrat tambahkan juga formula dalam meningkatkan nafsu makan untuk sapi. Telah banyak suplemen dalam penambah nafsu makan yang dijual di pasaran sehingga kamu dapat menentukan pakan yang terbaik untuk kamu andalakan dalam membuat sapi kamu lebih cepat besar.


4. Kesehatan Sapi

Kesehatan Sapi

Sapi juga dapat terserang berbagai macam penyakit apalagi sapi dapat membuang kotorannya di sembarang tempat sehingga bisa memicu hadirnya bakteri dan virus. Mengobati penyakit pada sapi belum pasti bisa menyembuhkan karena tidak semua obat obatan dapat mengatasi penyakit yang di alami oleh sapi.


5. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan adalah hal yang sangat wajib untuk kamu lakukan di rumah. Terutama untuk sapi yang sedang di karantina dalam kandang invidual. Mereka umumnya akan lebih sering dan lebih banyak untuk membuang kotoran sebab mereka memperoleh asupan pakan yang cukup banyak sehingga kotoran juga akan sangat banyak. Bila kandang telah terlihat sangat kotor maka segera bersihkan supaya bakteri tidak dapat menyebar dan mengenai sapi yang berujung penyakit. Jika telah sakit, maka sapi akan kehilangan nafsu makan dan tumbuh kembangnya akan menjadi terhambat dengan baik.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Sapi yang baik dan benar dengan kalian merawat sapi yang benar penuh dengan ketekunan maka sapi yang kamu pelihara akan sehat selalu dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan artikel Cara Merawat Sapi, Sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :