Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Cara merawat Bunga Anggrek Bulan perlu untuk dilakukan dengan cara yang baik dan benar, supaya pada hasil dan perkembangan dari Bunga Anggrek Bulan tersebut dapat optimal. Sebab, bunga anggrek bulan memang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup mahal harganya jika dibandingkan jenis tanaman hias lainnya. Itulah mengapa supaya kalian tidak membuat kecewa, kamu wajib untuk memerhatikan cara dalam merawat Bunga Anggrek Bulan tersebut. Warna-warna pada Bunga Anggrek Bulan yang sangat menawan yang membuatnya tampak indah dan menarik untuk dijadikan sebagai hiasan rumah kalian.

Sebenarnya cara dalam merawat Bunga Anggrek Bulan tidak begitu susah, namun diperlukan dengan secara kehati-hatian dan ketelitian supaya bunga anggrek bulan tidak akan mengalami kerusakan pada bagiannya. Jenis bunga anggrek bulan sendiri sebenarnya sangat gampang buat tumbuh dengan optimal di daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Negara Indonesia, akan tetapi kita akan membahas terkait dengan cara merawat Bunga Anggrek Bulan kamu yang baik dan benar agar Bunga Anggrek Bulan yang kamu miliki tidak mudah mati pada saat kamu memilikinya.

Merawat Bunga Anggrek Bulan


Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan

Bunga anggrek bulan sendiri mempunyai berbagai macam varian warna, sepeti warna ungu, merah, kuning, putih, pink dan ada juga yang merah kecoklatan. supaya keindahan dari Bunga Anggrek Bulan tersebut dapat lebih optimal, maka di bawah ini saya telah memberikan informasi mengenai cara merawat anggrek bulan yang baik dan benar.

Baca Juga  Tips Melakukan Pembudidayaan Anggrek

1. Cahaya Matahari

Cahaya Matahari

Cahaya matahari ini bermanfaat sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis sampai dengan sinar matahari ini sangat diperlukan. Dengan proses fotosintesis tersebut, maka akan memperoleh energi yang bermanfaat buat tanaman Bunga Anggrek Bulan itu sendiri baik untuk tumbuh ataupun membentuk biji, bunga, daun, dan komponen lainya.

Disamping itu, sinar matahri ini juga bermanfaat buat memperbaiki atau membentuk pada bagian tanaman Bunga Anggrek Bulan yang rusak dan dipakai untuk menyimpan cadangan makanan. Setiap tanaman Bunga Anggrek Bulan mempunyai jumlah keperluan akan sinar matahari yang berbeda sesuai dengan jenis anggrek yang dimiliki.


2. Ketinggian Tempat Bunga Anggrek Bulan

Ketinggian Tempat Bunga Anggrek

Cara dalam merawat Bunga Anggrek Bulan supaya rajin berbunga berikutnya ialah dengan memperhatikan ketinggian tempatnya. tentukanlah untuk dapat menanam tanaman anggrek tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi keadaannya.


3. Sirkulasi Udara

Sirkulasi Udara

Selain ketinggian tempat, sirkulasi udara dalam merawat tanaman Bunga Anggrek Bulan ini juga harus diperhatikan karena tumbuhan ini membutuhkan sirkulasi udara yang berkualitas. Adapun udara yang baik untuk tanaman Bunga Anggrek Bulan ini ialah udara yang berhembus lembut dengan secara terus-menerus atau angin yang sepoi-sepoi. Sirkulasi udara ini bermanfaat sebagai pergantian udara pada permukaan daun dan akar Bunga Anggrek Bulan.

Terpaan angin yang terlalu kencang akan membuat dehidrasi pada tanaman karena air pada permukaan daun dan akar akan gampang terbawa dengan hembusan udara. Tetapi, jika tidak ada udara berhembus, tidak akan ada proses resirasi dan fotosintesis sampai mengakibatkan pohon Bunga Anggrek Bulan tersebut akan menjadi layu.


4. Kelembaban Udara

Kelembaban Udara Bunga Anggrek Bulan

Supaya membuat tanaman Bunga Anggrek Bulan ini cepat berbunga, kamu juga wajib untuk memperhatikan pada kelembaban udaranya. Kelembaban udara yang bagus dalam perkembangan Bunga Anggrek Bulan ini tidak kurang dari 70%. Jika pada tingkat pada kelembaban udara sekitar 50 %, tanaman Bunga Anggrek Bulan ini sudah dapat tumbuh dengan cukup optimal, hanya saja hasilnya tetap tidak sempurna seperti pada kelembaban 70%. Dengan kelembaban yang tinggi, sebenarnya tidak akan berpotensi menyebabkan busuk daun dan busuk tunas pada Bunga Anggrek Bulan. Tetapi tanaman Bunga Anggrek Bulan tidak begitu menyukai dalam keadaan yang becek dan banyak air.

Baca Juga  Tips Merawat Bunga Anggrek Hias

5. Fotoperiodisme Bunga Anggrek Bulan

Fotoperiodisme Bunga Anggrek Bulan

Cara berikutnya dalam membuat tanaman Bunga Anggrek Bulan cepat berbunga ialah Fotoperioditas. Fotoperioditas adalah waktu pencahayaan terhadap sinar matahari pada tanaman Bunga Anggrek Bulan. Peristiwa munculnya bunga anggrek ini ditandai dengan munculnya pada Bunga Anggrek Bulan yang dipengaruhi dengan adanya Fotoperioditas. Cepat atau lamanya masa proses pencahayaan pada tanaman Bunga Anggrek Bulan ini akan berdampak pada isntesis hormon forigen atau hormon perkembangan yang memicu dalam pembentukan atau adanya bekal Bunga Anggrek Bulan. Ketika periode gelap lebih lama dari periode terang, maka sintesis hormon florigen tersebut lebih banyak dan akan menjadikan tanaman tumbuh dengan lebih cepat secara optimal pada tanaman Bunga Anggrek Bulan tersebut.


6. Faktor Genetis Bunga Anggrek Bulan

Untuk memperoleh pada tanaman Bunga Anggrek Bulan yang berkualitas, maka dalam proses penentuan bibit Bunga Anggrek Bulan, tentukanlah tanaman tersebut mempunyai genetika yang berkualitas. Hal itu dikarenakan pada masa pertumbuhan Bunga Anggrek Bulan ini sangat ditentukan oleh faktor genetika yang berkualitas. Faktor genetis ini sendiri ialah faktor yang diturunkan oleh induk Bunga Anggrek Bulan kepada anaknya. Faktor ini lah yang akan membedakan Bunga Anggrek Bulan mempunyai jenis anggrek yang seperti apa. Ada jenis Bunga Anggrek Bulan yang memang rajin berbunga, jarang berbunga, berbunga besar, berbunga kecil, tumbuh tinggi atau pendek dan daun yang banyak atau daun sedikit sehingga banyak sekali varian untuk tanaman Bunga Anggrek Bulan.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, dengan mengetahui Cara Merawat Bunga Anggrek Bulan sehingga tanaman kamu tidak mudah mati dan kamu dapat menikmati bunga yang indah di rumah kamu dengan nyaman, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Hias Pakis Haji

Baca Artikel Lainnya :