Cara Merawat Bunga Adenium

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Bunga adenium atau lebih di kenal dengan bunga kemboja Jepang merupakan salah satu tanaman hias yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Cari tahu cara untuk merawat bunga adenium ini dengan baik supaya bisa tumbuh dengan sangat subur dan cepat berbunga dengan indah Bunga adenium merupakan jenis spesies tanaman hias yang mempunyai batang yang berukuran besar dengan bagian bawah yang menyerupai seperti umbi dan mempunyai bunga dengan warna yang bervariasi.

Tanaman Adenium sangat pantas untuk disimpan di pekarangan rumahmu karena untuk perawatannya cukup gampang untuk dilakukan. Bunga adenium ini berasal dari kota Aden atau ibukota Yaman yang terkenal sebagai wilayah kering sehingga tanaman adenium ini habitat tumbuhnya di media tanam yang tandus.

Selain perawatannya yang gampang untuk di lakukan, bunganya adenium ini juga sangat menawan dan akan memperindah halaman rumah. Terdapat dua jenis bunga adenium, ialah yang kelopak bunganya bersusun dengan rapih dan yang kelopak bunganya serupa dengan bunga mawar. Jika kamu mempunyai bunga adenium atau mau menanam bunga adenium ini di rumah kamu, mari kita simak cara merawat bunga adenium yang baik dan benar di bawah ini.

Cara Merawat Bunga Adenium

Cara Merawat Bunga Adenium

Pada bagian bonggol adenium yang besar yang dimiliki bunga adenium mempunyai keuntungan sendiri. Pada bagian ini bisa menampung pasokan air yang sangat banyak. Hal tersebut dapat membuat bunga adenium bisa bertahan di iklim yang tandus dan cuaca terik yang panas. Bunga adenium yang dapat dirawat dengan baik maka bisa bertumbuh sampai mempunyai ketinggian setinggi 4 meter. Supaya bunga adenium dapat tumbuh dengan subur, kamu perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini dalam merawat bunga adenium.

Baca Juga  Program Akar Adenium

1. Siram Secara Rutin

Siram Secara Rutin

Kamu tidak bisa untuk asal-asalan ketika kamu akan menyiram tanaman adenium. Proses siram tanaman adenium hanya ketika media tanam atau tanah telah terasa kering. Ketika musim kemarau datang, kamu dapat menyiram bunga adenium ini 2 kali dalam sehari, untuk setiap pagi dan setia sore harinya. Jangan lupa buat meletakkan tanaman adenium di tempat yang sejuk, sampai media tanam tidak sering terkena air.

2. Perhatikan Suhu Tanaman

Perhatikan Suhu Tanaman

Bunga adenium suka disebut juga sebagai bunga padang pasir karena karakteristik dari bunga ini di daerah kering. Oleh sebab itu, kalian perlu untuk memantau suhu tanaman adenium supaya bisa hangat terus. Jika suhu tanaman adenium terasa dingin maka kalian hanya cukup memindahkan tanaman adenium ke tempat yang lebih hangat dan dengan terkena sinar matahari. Hal tersebut karena, tanaman adenium yang dibiarkan dingin dalam waktu yang cukup lama akan berdampak buruk pada tanaman adenium tersebut.

3. Pemberian Pupuk

Pemberian Pupuk

Cara perawatan bunga adenium yang baik dan benar selanjutnya ialah dengan memberikan pupuk cair pada tanaman adenium ini setiap minggu selama musim hujan datang. Berikan berupa campuran kalsium, fosfor, dan nitrogen dengan perbandingan 20:20:20. Kandungan tersebut bisa membantu untuk mempercepat proses pertumbuhan bunga, daun, dan akar adenium.

Pada saat musim kemarau tiba, maka kalian dapat memakai pupuk sawi. Berikan pupuk sawi ketika musim kemarau datang dan pada pertengahan musim kemarau. Sesudah tanaman adenium telah mencapai usia 3 tahun, maka kamu dapat menghentikan pemberian pupuk cair secara berkala tersebut.

4. Pergantian Media Tanam

Pergantian Media Tanam

Jangan lupa buat melakukan proses penggantian media tanam adenium. Hal ini perlu untuk dilakukan dengan seiring pertumbuhan tanaman adenium semakin besar dan berbunga dengan lebat. Tanaman adenium akan menjadi lebih subur jika kamu melakukan proses pergantian media tanam pada saat adenium telah tumbuh dengan optimal.

Baca Juga  Tips Budidaya Bunga Melati

5. Wadah Atau Pot Yang Benar

Wadah atau Pot yang Benar

Pemakaian wadah atau pot bisa memengaruhi proses pertumbuhan tanaman adenium ini. Jika kamu memakai wadah yang rendah, maka kamu akan memperoleh bentuk bonggol adenium yang gemuk dan unik. Umumnya, akar bunga adenium tidak menemukan banyak makanan di bagian bawah wadah atau pot bunga, sehingga adenium akan mencari makanan di bagian atas wadah pot.

Pemakaian wadah seperti polybag malah akan membuat akar adenium menjadi kurus dan panjang. Namun dengan penggunaan polybag bisa menampung medium tanah yang banyak sehingga akan membuat akar adenium akan terus tumbuh ke dasar polybag. Jika kamu menginginkan bonggol adenium yang bagus, maka kamu perlu untuk menanam secara ulang untuk tanaman adenium ini ke wadah yang rendah.

6. Sinar Matahari yang Optimal

Sinar Matahari yang Optimal

Cara untuk merawat bunga adenium berikutnya, supaya adenium dapat berbunga dengan lebat yaitu menyimpan tanaman adenium di tempat yang terkena sinar matahari. Hal tersebut karena, bunga adenium ini memerlukan vitamin D untuk terkena sinar matahari yag sesuai. Penyinaran yang banyak akan membuat tanaman adenium akan cepat berbunga dan mempunyai batang serta daun yang lebih sehat. Simpan tanaman adenium ini di bawah sinar matahari selama 4 jam full dalam sehari dan tanaman adenium akan terus berbunga dengan lebat.

7. Sirkulasi Udara

Sirkulasi Udara

Tanaman adenium ini perlu untuk disimpan di lingkungan yang steril dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Bunga adenium ini tidak menyukai terhadap lingkungan yang lembap karena akan membuat tanaman adenium ini akan mempengaruhi tingkat imunitas bunga menurun secara srastis dan rentan terkena penyakit juga hama yang akan menyerang tanaman adenium ini.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Merawat Bunga Adenium Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Cara Merawat Bunga Adenium dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan selalu sehat pastinya, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Merawat Bunga Adenium, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Adenium Dari Batang

Baca Juga Artikel Lainnya :