Cara Menanam Bunga Adenium Dari Batang

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Bunga kamboja atau yang mempunyai nama bagus ialah Adenium berasal dari Afrika dan Asia barat yang terkenal dengan nama desert rose (mawar padang pasir). Tanaman yang berasal dari gurun pasir ini berkembang dengan baik pada tempat kering daripada media yang terlalu lembab. Bunga Adenium bisa ditanam dengan dua cara yaitu stek pada batang dan menggunakan teknik okulasi.

Dahulu bunga Adenium identik dengan bunga kuburan karena memang di daerah jawa, bunga ini dapat tumbuh secara liar di sekitar pemakaman. Namun untuk sekarang bunga Adenium telah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Adenium anakan dapat dihargai 20 sampai 200 ribuan di pasaran sehingga banyak sekali orang membudidayakan jenis tanaman Adenium.

Oleha sebab itu jika kalian makin penasaran berkeinginan untuk mengetahui cara menanam Bunga Adenium dari batang, maka kamu bisa membaca ulasan ini sampai tuntas, karena saya akan memberikan ilmu cara menanam bunga adenium dari batang, mari kita simak ulasan ini sampai habis.

Cara Menanam Bunga Adenium Dari Batang

Cara Menanam Bunga Adenium Dari Batang

Bunga Adenium mempunyai banyak jenis warna antara lain warna putih, kuning, orange, merah, dan kekuningan. Bunga Adenium dapat dibudidayakan dalam sebuah pot yang dapat kamu letakkan di mana pun terutama di halaman rumah sebagai hiasan rumah kalian. Beberapa cara berikut ini dapat kamu langsung lakukan buat Menanam Bunga Adenium Dari Batang.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Suplir

Teknik Menanam Bunga Adenium Dari Batang

Teknik Menanam Bunga Adenium Dari Batang

Adenium termasuk dalam jenis tanaman yang lebih menyukai cahaya matahari daripada ditempatkan di dalam ruangan tertutup. Selain itu ada beberapa faktor hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam menentukan bibit Adenium ialah bagian warna Adenium serta jenis daun Adenium ialah berdaun lancip dan berdaun bulat. buat memperoleh bibit Adenium yang berkualitas kamu sebaiknya untuk membungkus akar-akar Adenium dengan memakai polybag atau karung supaya kesehatan batang-batang Adenium akan tetap terjaga dengan aman. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara menanam Bunga Adenium Dari Batang :

1. Lahan Penanaman

Lahan Penanaman

Siapkan sebuah lahan buat penanaman Adenium, berikutnya gali lubang yang cukup dalam hingga 80 centimeter. Bersihkan area tanam sehingga tidak ada sisa-sisa bongkahan batu bata atau apapun yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman Adenium.

2. Pilih Indukan Adenium

Pilih Indukan Adenium

Pilih untuk induk Adenium yang memiliki ukurannya besar, tua secara usia serta sehat atau tidak mempunyai cacat. Selanjutnya potong pada bagian batang Adenium sekitar 20 cm. Setelah itu biarkan sampai satu minggu berlalau selanjutnya letakkan di tempat sejuk yang lembab untuk meletakan tanaman Adenium.

3. Memangkas Daun Adenium

Memangkas Daun Adenium

Buat batang bagian atas jika mempunyai daun yang sangat banyak, sehingga kamu harus membuang daunnya dan sisakan 2 daun saja supaya penguapan berkurang saat penyetekan dilakukan.

4. Memberi Obat Adenium

Memberi Obat Adenium

Berikutnya batangnya dapat dipotong, kemudian celupkan atau oles untuk bekas luka akibat proses potongan tersebut dengan menggunakan obat perangsang akar yang ada di toko pertanian untuk kamu dapatkann sesegera mungkin buat merangsang tumbuhnya akar secara baik.

5. Media Tanam Adenium

Media tanam

Buat media tanam, pakailah sekam bakar yang telah dicampur dengan arang lalu aduk hingga rata untuk melakukan proses terbut, dengan begitu kamu akan melakukan proses selanjutnya yang lebih penting, sesudah kamu meyiapkan kebutuhan media tanam Adenium.

Baca Juga  Tips Perawatan Bunga Kamboja

6. Penanaman Batang Adenium

Penanaman Batang Adenium

Tanaman yang sudah dipotong dapat ditanam menggunakan pot dengan media tanam sudah satu minggu buat mencegah timbulnya bakteri yang terjadi, jamur dan cendawa pada ujungnya yang masih belum halus.

7. Proses Penyiraman Batang Adenium

Proses Penyiraman Batang Adenium

Setelah batang ditanam dengan benar aka selanjutnya adalah siramlah tanaman untuk secukupnya ialah 3 kali sehari karena tanaman Adenium ini tidak dapat memperoleh banyak air buat mencegah kebusukan batang tanaman supaya proses pembentukan akar lebih cepat dan optimal.

Ketika Adenium telah ditanam, lepaskan pada pembungkus akar dan biarkan tanah yang menempel pada akar-akarnya supaya bibit Adenium ini dapat beradaptasi sehingga bunga Adenium dapat bertahan hidup dengan optimal. Hal wajib lainnya dalam menanam bunga kamboja ialah kamu sebaiknya menentukan jenis tanah porus sebagai media tanam bunga Adenium.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menanam Bunga Adenium Dari Batang Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Menanam Bunga Adenium Dari Batang dengan mendapatkan hasil yang maksimal, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Menanam Bunga Adenium Dari Batang, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :