Cara Menanam Adenium Dari Biji

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Cara untuk menanam bunga adenium sebenarnya bisa kalian dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan memakai biji ialah dengan secara generatif dan cara yang kedua dengan memakai batang melalui proses stek yang disebut dengan vegetatif. Namun untuk ulasan kali ini saya akan membahas penuh tentang cara menanam bunga adenium dari biji atau dengan memakai cara generatif atau dengan biji.

Caranya bisa dilakukan dengan sangat gampang ialah dengan melalui tahap penyemaian biji terlebih dahulu buat memperoleh dalam menentukan biji mana yang bisa tumbuh dengan sempurna dan mana yang tidak tumbuh dengan sempurna. Buat kamu yang sudah penasaran, maka langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Cara Menanam Adenium Dari Biji

Cara Menanam Adenium Dari Biji

Cara untuk menanam bunga adenium sebenarnya bisa kalian dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan memakai biji ialah dengan secara generatif dan cara yang kedua dengan memakai batang melalui proses stek yang disebut dengan vegetatif. Namun untuk ulasan kali ini saya akan membahas penuh tentang cara menanam bunga adenium dari biji atau dengan memakai cara generatif atau dengan biji.

1. Proses Penyerbukan Bunga Adenium

Proses Penyerbukan Bunga Kamboja

Sebelum kamu akan memperoleh biji dari bunga adenium yang optimal dan sehat, terlebih dahulu kamu perlu melakukan proses penyerbukan buatan supaya tanaman adenium kamu lebih cepat berbuah dan mengeluarkan biji yang siap buat ditanam. Sebenarnya, dalam proses penyerbukan ini harus dilakukan secara alami oleh pertolongan angin yang bisa menerbangkan serbuk sari sebagai organ kelamin jantan pada kepala putik selaku organ kelamin betina. Tidak hanya itu saja, cara alami juga bisa untuk dilakukan oleh seekor serangga yang telah berpindah tempat dengan membawa serbuk sari sampai ke kepala putik adenium.

Baca Juga  Tips Budidaya Tanaman Kapulaga

2. Proses Penyemaian Biji

Proses Penyemaian Biji

Dalam proses penyemaian dapat dilakukan buat menentukan antara biji bunga adenium yang bisa tumbuh dengan sempurna dan perkembangan nantinya sangat optimal dengan biji bunga adenium yang tidak bisa tumbuh dengan baik dan seluruh perkembangannya juga lambat. Cara penyemaian bisa dilakukan sebagai berikut ini:

  • Pertama kamu dapat siapkan wadah bersih buat wadah penyemaian adenium.
  • Gunakan air yang steril buat proses perendaman biji adenium. Lalu masukkan air tersebut kedalam wadah penyemaian.
  • Selanjutnya itu masukkan biji-biji bunga adenium ke dalam wadah penyemaian yang sudah diisi dengan air.
  • Rendamlah biji adenium terlebih dahulu pada air yang mempunyai kedalaman 10 menit.
  • Jika biji adenium sudah terlihat mengapung dan terlihat sangat kopong atau berarti kosong dan tidak berisi maka buang dan jangan digunakan. Kamu bisa mennetukan dalam menggunakan biji yang tenggelam yang artinya biji tersebut sudah berkualitas dan akan tumbuh dengan sempurna.

3. Proses Penanaman Biji

Proses Penanaman Biji

Ada beberapa tahap yang harus kamu lalukan dalam penanaman biji adenium dengan baik dan benar sehingga tanaman adenium kamu dapat berkembang dengan sempurna, kita langsung saja tahapannya adalah sebagai berikut ini :

1. Menyiapkan Media Tanam

Media Tanam Adenium

Pertama, kamu dapat siapkan media yang akan dipakai ialah cocopeat dan sekam bakar yang memakai perbandingan 1 : 1. sesudah itu dapat kamu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Apabila tidak ada media tanam seperti cocopeat, bisa diganti dengan memakai serutan kayu yang lebih lembut atau bisa juga menggantinya dengan memakai sekam bakar.

Sesudah pot terisi dengan media tanam dengan ukuran ¾ maka biji biji bisa diletakkan dengan posisi terbaring. Jarak untuk digunakan ialah kurang lebih 1 cm. kamu bisa memakai pot yang mempunyai ukuran diameter 20 dan dalam satu pot tersebut bisa memuat 100 sampai 150 biji adenium.

Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Kamboja

2. Proses Penaburan Biji

Proses Penaburan Biji

Setelah itu kamu bisa menaburkan biji adenium pada media tanam dan diusahakan supaya biji adenium tidak terlalu dalam terbenam dalam media tanam. Selanjutnya lakukan proses dalam penyemprotan air yang bersih dengan memakai spray halus. Lalu tutuplah benih bibit adenium pada media tanam dengan memakai plastik yang bening dan letakkan pada tempat yang sejuk.

Hal tersebut dikarenakan pada saat proses penyemaian ini, biji tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Selanjutnya semprotkan kembali dengan menggunakan air sedikit demi sedikit lalu tunggu sampai umur biji adenium mencapai 1 minggu dan saat itulah biji akan berubah menjadi kecambah adenium.

3. Perhatikan Tumbuh Kembang Bibit

Perhatikan Tumbuh Kembang Bibit

Apabila daun telah tumbuh maka proses penutup plastik yang sebelumnya bisa kamu lepaskan, namun tanaman adenium tetap diletakkan pada tempat yang sejuk selanjutnya jangan lupa buat menyiramnya dengan memakai spray. Ketika umurnya telah mencapai 2 bulan maka jumlah daun akan tumbuh sekitar 6 sampai 8 helai dan saat itulah kamu bisa memindahkan tanaman adenium ke dalam polybag yang berukuran sedang atau bisa juga dengan memakai gelas plastik bekas air mineral dengan memakai komposisi media tanam pasir malang dan sekam bakar dan perbandingannya adalah 1 : 1 yang di butuhkan.

4. Pemberian Pupuk

Pemberian Pupuk

Sesudah itu dapat kamu tambahkan juga pupuk kandang yang telah difermentasi sebelumnya sehingga bukanlah pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan yang masih baru. Adapun untuk jumlah pupuk hewan yang dibutuhkan ialah ¼ saja. Apabila media tanam pasir tidak ada maka kamu bisa menggantinya dengan memakai remahan batu bata yang bisa kamu tumbuk secara kasar sebelumnya dengan ukuran diameter 1 sampai 2 ml, namun jangan juga bertekstur terlalu lembut agar sirkulasi udara nantinya bisa terjaga dengan baik didalam media tanam. Sebelum media tanam adenium dimasukkan ke dalam polybag, kamu bisa memakai sterefoam yang telah dipotong-potong dan diletakkan pada dasar polybag tersebut.

Baca Juga  Cara Tanam Oreghano

Hal tersebut dapat dilakukan supaya nantinya air tidak terhenti di bagian bawah saja yang justru bisa mengakibatkan akar adenium menjadi cepat rusak. Jika semua hal tersebut telah dilakukan dengan benar maka proses dalam penyemaian telah berhasil dan kamu bisa meletakkan tanaman bunga adenium di tempat yang bisa terkena sinar matahari namun tidak secara langsung. Apabila umur tanaman bunga adenium ini sudah cukup dewasa maka kamu bisa meletakkan tanaman adenium ini langsung di bawah pencahayaan sinar matahari secara rutin.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menanam Adenium Dari Biji Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Menanam Bunga Adenium Dari Biji dengan mendapatkan hasil yang maksimal, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Menanam Bunga Adenium Dari Biji, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :