Cara Menanam Bunga Kamboja

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Bunga Kamboja “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman pada tanaman bunga kamboja… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

          Budidaya Bunga Kamboja (Plumeria)

Tanaman bunga kemboja atau yang sering disebut dengan nama ilmiahnya Plumeria merupakan jenis dari kelompok tumbuhan yang termasuk ke dalam marga Plumeria yang memiliki bentuk yang berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Tanaman bunga kamboja memiliki ciri – ciri morfologi pada tanamannya, yaitu: pada bagian akar tanaman kamboja memiliki akar yang berjenis tuggang yang dapat mencapai kedalaman sekitar 1,5 sampai denngan 2 meter yang memiliki fungsi akar sebagai pencari sumber air dan unsur– unsur hara. Pada bagian batang tanaman bunga kamboja memiliki batang yang berbentuk bulat serta berkayu dengan tekstur yang keras dengan ukuran panjang batang tanaman sekitar 2 sampai ddengan 6 meter dan memiliki ukuran diameter batang tanaman yang bergantung pada kesuburan tanaman kamboja tersebut, batang pada tanaman bunga kamboja memiliki kulit batang yang berwarna hijau ketika batang tersebut masih muda dan akan berubah warna menjadi warna  abu – abu ketika kulit batang tanaman kamboja tersebut sudah mulai tua. Bagian batang pada tanaman bunga kamboja memiliki kandungan jenis karet triterpenoid, lupeol, damar, kautscuk dan amyrin yang jika terkena pada bagian kulit akan menimbulkan rasa gatal, pada bagian pangkal kulit batang pada tanaman bunga kamboja berwarna hijau keputihan dan untuk bagian ujungnya berwarna hijau yang dominan. Pada bagian daun tanaman bunga kamboja memiliki jenis daun yang berjenis tunggag, daun tanaman bunga kamboja memiliki ukuran panjang daun sekitar 15 sampai dengan 20 cm dan ukuran lebar daun sekitar 6,5 sampai dengan 12,5 cm yang memiliki bentuk daun yang berbentuk bulat memanjang dengan pada bagian ujung daun tanaman yang runcing ataupun tumpul tergantung dari varietas tanaman kamboja tersebut, sedangkan pada bagian tepi daun memiliki tepi yang rata dan tidak bergerigi yang berwarna hijau tua yang mengkilat pada bagian permukaan atas daun serta pada bagian permukaan bawah daun tanaman bunga kamboja memilii warna yang berwarna hijau muda yang kusam memiliki tekstur daun yanng lembut serta halus. Pada bagian bunga tanaman kamboja memiliki ukuran diameter bunga sekitar 8,5 sampai dengan 12 cm yang setiap helainya memiliki sekitar lima mahkota bunga yang berbentuk corong. Pada bagian buah tanaman bunga kamboja memiliki buah yang berbentuk oval yang berwarna hijau jika buah tersebut masih muda dana akan berwarna hitam jika buah tersebut sudah tua, buah tanaman kamboja tersebut memiliki ukuran panjang sekitar 18 sampai dengan 20 cm. Sedangkan pada bagian biji tanaman bunga kamboja memiliki biji tanaman yang berbentuk ellips yag memiliki ukuran panajng biji sekitar 4 sampai dengan 5 cm dan lebar biji sekitar 1 cm yang berwarna coklat muda yang menyerupai lembar daun yang sudah kering.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Kapulaga

 

Berikut ini adalah hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman bunga kamboja adalah sebagai berikut:

  1. Proses Persiapan Bibit

Bagi para pemula yang ingin melakukan budidaya pada tanaman bunga kamboja hal yang paling utama yang perlu dilakukan adalah proses persiapan bibit tanaman. Pembudidaya perlulah memastikan bahwa tanaman bunga kamboja yang akan dibudidaya cocok dengan lingkungan tempat pohon akan tinggal serta pembudidaya harus mengetahui jenis dan karakter dari pada tanaman bunga kamboja yang akan ditanam. Kurangi frekuensi penyiraman air sebelum dilakukan pemindahan, yang bertujuan untuk lebih memudahkan dalam melakukan proses pemindahan sebab tanah yang memiliki struktur tanah yang gembur dan kering akan lebih mudah dipindahkan dibandingkan dengan struktur tanah yang basah. Proses perbanyakan tanaman kamboja dapat dilakukan dengan cara biji (generatif) ataupun dengan cara stek batang (vegetatif). Namun cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan melalui stek batang, hal tersebut dikarenakan cara tersebut dianggap lebih mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk tanaman bunga kamboja dapat berbeunga.

                    Cara Stek Batang Kamboja
  1. Proses Prunning dan Pencabutan Pohon

Hal yang perlu dilakukan berikutnya ialah dengan melakukan pencabutan pada pohon dari potnya dengan hati – hati jangan sampai mematahkan pada batang utamanya. Lalu, bersihkan bagian akar tersebut yang ada dengan menyingkirkan kotoran pada akar dengan menggunakan sumpit, pinset ataupun alat serupa. Setelah akar bersih, langkah selanjutnya adalah melakukan prunning atau pemangkasan akar sampai berkurang  2/4 bagian. Hal tersebut dengan tujuan memastikan bahwa tanaman bunga kamboja dapat tumbuh dengan baik. Akar yang sudah besar, tebal dan menghadap ke atas perlulah dilakukan pemotongan agar air lebih mudah diserap melalui ujung akar – akar tersebut.

  1. Proses Persiapan Media Tanam
Baca Juga  Cara Merawat Bunga Seruni

Selanjutnya pembudidaya dapat melakukan penanaman tanaman bunga kamboja ke dalam pot dengan tetap memastikan keadaan dasar pot baik. Lalu, masukan tanah pada dasar pot dan masukan media tanam di atasnya. Tanah yang dapat menampung banyak air merupakan media tanam yang baik. Pembudidaya perlu menambahkan tanah dengan ketinggian sesuai yang diinginkan oleh pembudidaya. Akan tetapi, pembudidaya perlu menyisakan sedikit tempat untuk meletakan akar pada tanaman bunga kamboja tersebut.

                                     Media Tanam Kamboja
  1. Proses Pemindahan Pohon Ke Dalam Pot

Cara mudah yang dapat dilakukan oleh pembudidaya dalam budidaya tanaman bunga kamboja adalah dengan melakukan proses pemindahan tanaman bunga kamboja ialah dengan cara akar dicelupkan terlebih dahulu pada ember yang berisi air, hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar tanah kering dapat dengan mudahnya terlepas sehingga tidak ada tanah kering yang tersisa pada akar tanaman bunga kamboja tersebut. Kemudian, pembudidayapun dapat menambahkan kerikil – kerikil untuk bisa mempertahankan tanaman bunga kamboja di tempatnya. Pilihlah kerikil yang baik atau kerikil hias yang biasa digunakan pada aquarium untuk dapat menambah nilai estetika dari tanaman bunga kamboja tersebut.

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan ada proses pemindahan pohon ke dalam pot pada budidaya tanaman bunga kamboja , langkah selanjutnya yang harus juga diperhatikan adalah pada tahapan prose perawatan tanaman bunga kamboja. Proses perawatan pada bunga kamboja dapat diakukan dengan cara meletakan tanaman bunga kamboja yang baru dipindahkan ke dalam tempat yang terlindung dari cahaya matahari langsung dan angin. Kemudian lakukanlah proses penyiraman tanaman bunga kamboja yang dapat dilakukan secara rutin yaitu dengan intensitas penyiraman skeitar sehari dua kali yang dapat dilakukan pada saat pagi dan sore hari, tapi pembudidaya tetap harus memastikan kondisi tanah tanaman bunga kamboja agar tidak terlalu basah atau tergenang air, untuk itulah diperlukannya drainase yang baik pada pot tanaman bunga kamboja. Setelah tanaman bunga kamboja tersebut dirasa sudah cukup kuat, tanaman bunga kamboja tersebut sudah dapat diletakkan pada halaman di luar ruangan yang memiliki banyak paparan sinar matahari yang bertuujuan untuk dapat mempercepat proses pertumbuhan pada tanaman bunga kamboja tersebut.

Baca Juga  Cara Melakukan Pembudidayaa Kamboja Hias
                        Perawatan Bunga Kamboja

 

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Bunga Kamboja “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya