Cara Merawat Aglonema Yang Hampir Mati

Diposting pada

Anekabudidaya.ComTanaman Aglonema yang saat ini sudah banyak dicari dan dikoleksi oleh para pencinta tanaman sebenarnya termasuk tanaman yang gampang untuk dirawat. Hanya saja, kadang kita mendapatinya tanaman sudah menjadi layu, mengering, seperti kurang sehat. Kondisi ini dapat membuat kita menjadi panik, takut si ratu bunga tidak akan berumur panjang karena mulai menunjukkan tanda-tanda seperti ‘ingin mati’.

Jika ini yang terjadi pada tanaman aglonema milik kamu maka saat ini, kamu jangan tergesa-gesa buat putus asa. Layu, sekarat, dan hampir mati bukan berarti tanaman ini tak dapat untuk diselamatkan. Tanaman Aglaonema di dalam ruangan mempunyai banyak fungsi buat kesehatan sampai meningkatkan suasana hati dan produktivitas pada tanaman Aglaonema.

Namun, tidak semudah yang kita bayangkan, menentukan tanaman yang baik buat di dalam ruangan mempunyai kesulitan tersendiri. Sebab, tanaman Aglaonema mempunyai keperluan akan asupan sinar matahari, air, hingga suhu yang berbeda, Jika tanaman Aglaonema mengalami kendala seperti yang saya katakan, dan kamu ingin menyelamatkan tanaman kesayangan kamu dari kata mati, maka kamu dapat membaca artikel ini sampai tuntas, karena kita akan membahas Cara Merawat Bunga Aglaonema Yang Hampir Mati oleh karena itu langsung kita simak saja.

Cara Merawat Aglaonema yang Hampir Mati

Cara Merawat Bunga Aglaonema Yang Hampir Mati

Tidak jarang untuk tanaman yang telah dirawat dengan benar dapat saja akan mengalami kerusakan sampai membuatnya hampir mati, yang disebabkan oleh banyak faktor tersebut. Apabila kamu juga mengalami keadaan demikian, ialah tanaman Aglaonema di rumahmu keadaanya hampir mati, maka ada beberapa cara yang harus segera kamu lakukan buat menghindarkan mereka benar-benar mati.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Lidah Buaya

1. Memeriksa Akarnya

Memerikasa Akarnya

Lihat keadaan akarnya, jika masih terlihat baik dan kuat akan kemungkinan tanaman Aglaonema masih hidup. maka kamu dapat mengaduk tanahnya menggunakan sekop sampai tercampur bagian atas dan bawahnya dengan rata. Cara ini akan membuat tanah menjadi lebih gembur. Potong pada bagian yang layu, lalu tambahkan pupuk pada akarnya dan siram dengan air secukupnya.

2. Cukup Sinar

Cukup Sinar

Lihat keadaan di atas tanaman Aglaonema kamu. Jika di atasnya terhalang dengan tanaman lain yang lebih rimbun, maka potonglah sedikit demi sedikit daun atau batang tanaman rimbun tersebut supaya tanaman kesayangan kamu terpapar oleh sinar matahari. Jika penyebab tanaman Aglaonema tidak terpapar oleh sinar adalah adanya kanopi atau sinarnya terhalang oleh tembok, terpaksa kamu perlu untuk memindahkan tanaman Aglaonema. Pastikan kamu untuk mengambil semua akar pada tanaman Aglaonema, lalu tanam kembali Aglaonema ke area yang cukup sinar yang untuk di dapatkan.

3. Pindahkan Pot

Pindahkan Pot

Bila layunya cukup parah, bahkan batangnya mulai berubah menjadi kering, maka pindahkan tanaman Aglaonema ke dalam pot. Potong pada bagian batang yang telah membusuk dan daun yang telah layu. Perlakukan tanaman Aglaonema layaknya tanaman baru. Pakailah media tanam Aglaonema yang lebih cepat menyerap air, seperti mencampuran sekam dan tanah. Lalu sebarkan pupuk di bagian atas tanahnya. Siram tanaman sebanyak dua kali sehari, pada saat pagi dan sore hari untuk melakukan proses penyiraman tersebut.

4. Masukkan ke Rumah

Masukkan ke Rumah

Bila tanaman Aglaonema kamu telah sekarat akibat dari sinar matahari yang sangat kuat, berarti kamu perlu menambahkan pelindung di atasnya. Pelindung bisa berupa tanaman atau jaring yang dapat kamu gunakan. Dapat juga kamu menempatkan tanaman hias Aglaonema ke dalam rumah buat saat ini. Letakkan tanaman Aglaonema di dekat jendela dan tambahkan hydro gel buat menjaga kelembapan tanaman milik kamu.

Baca Juga  Cara Menanam Seledri Untuk Pemula

5. Bersihkan Tanaman dari Serangga

Bersihkan Tanaman dari Serangga

Cek pada bagian daun atau batang tanaman Aglaonema. Terkadang, penyebab dari tanaman kamu menjadi sekarat bukanlah akibat kekurangan air atau sinar, melainkan adanya serangan hama seperti semut maupun laba-laba yang membuat sarang di sekitar tanaman Aglaonema milik kamu.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Merawat Bunga Aglaonema Yang Hampir Mati Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Cara Merawat Bunga Aglaonema Yang Hampir Mati dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan selalu sehat pastinya, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Merawat Bunga Aglaonema Yang Hampir Mati, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :