Cara Menanam Aglaonema Tanpa Akar

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Seiring dengan terkenalnya jenis tanaman hias aglaonema yang sedang naik daun, para pecinta tanaman hias aglaonema ini telah berlomba-lomba dalam memperbanyak anakan tanaman aglaonema buat dibudidayakan dengan sendiri. Cara untuk menanam bunga aglaonema tanpa akar ini tergolong sangat mudah untuk kalian lakukan dengan sendiri di rumah.

Tak terbatas memisahkan dari sang anakan dari indukan utama tanaman aglaonema, ternyata tanaman agalonema dapat diperbanyak tanpa menggunakan akar, namun jika kalian yang masih bingung dan belum memahami untuk melakukan proses penanaman tanaman aglaonema tanpa akar, maka kamu dapat membaca ulasan ini sampai habis agar kamu tidak salah melakukan dalam mengerjakannya nanti, langsung saja dapat kita simak ulasan di bawah ini  yang lebih lengkapnya untuk kamu dapatkan.

Cara Menanam Bunga Aglaonema Tanpa Akar

Cara Menanam Bunga Aglaonema Tanpa Akar

Cara untuk menanam aglaonema tanpa akar seperti ini sebenarnya cukup mudah untuk kalian, bahkan bisa dilakukan siapa saja dan tidak memerlukan sebuah persyaratan yang sulit, akan tetapi harus memerlukan ketelatenan pastinya dalam melakuakan supaya proses penanaman ini akan optimal dan mendapatkan hasil yang baik.

1 Bahan Yang Diperlukan

Bahan Yang Diperlukan

Sebelum kamu akan memulai dalam proses penanaman aglaonema maka terlebih dahulu kita siapkan alat dan bahan yang diperlukan.

  • Tanaman aglaonema yang akan dipotong
  • Pasir malang sebagai media tanam
  • Betadine
  • Pot ukuran kecil
  • Pisau
  • Floral foam
  • Vitamin B1

2. Pemotongan Ujung Alaonema

Pemotongan Ujung Alaonema

Potong pada bagian ujung tanaman aglaonema yang akan ditanam, potongan minimal mempunyai 4 helai daun, proses pemotongan ini dapat dilakukan di bawah ruas daun yang ke 4, dengan begitu hasil yang akan kamu dapatkan nantinya akan maksimal.

Baca Juga  Cara Menanam Aglaonema

3. Proses Pengeringan

Proses Pengeringan

Setelah dipotong maka kamu dapat keringkan getahnya memakai tisu. Sesudah kering secara merata maka kamu dapat oleskan dengan menggunakan betadine pada bagian potongan tersebut secukupnya dan biarkan sampai meresap dan kering secara sempurna. Sambil menunggu untuk kering, maka kamu dapat potong floral foam yang berbentuk dadu dapat menyesuaikan dengan ukuran batang aglaonema milik kamu selanjutnya kamu dapat rendam dalam larutan vitamin B1.

4. Menancapkan Potongan Batang Aglaonema

Menancapkan Potongan Batang Aglaonema

Sesudah kering secara menyeluruh, maka tancapkan untuk potongan batang aglaonema pada potongan floral foam sedalam 2 sampai 3 cm, cara menancapkannya harus sekali jadi jangan diulang-ulang untuk melakukannya, jika kamu melakukannya secara ragu-ragu maka tanaman aglaonema kamu akan gagal dan tidak mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

5. Media Tanam

Media Tanam

Siapkan untuk media tanamnya ialah berupa pasir malang dan masukkan ke dalam pot yang sudah kamu siapkan. Tanam batang aglaonema beserta floral foamnya pada media tanam tersebut sampai dengan erat tertanam dan tidak mudah goyah. Letakkan pot aglaonema tersebut di atas wadah yang telah digenangi oleh air, dengan posisi dasar pot terendam air pada 1/3 di bagian tinggi pot.

Jika cara tersebut diatas telah dilakukan dengan baik maka biasanya akar aglaonema akan tumbuh setelah 20 hari dari penanaman. Akar tumbuh dan tampak sesudah menembus floral foam. Dan selama proses penanaman ini tidak ada daun yang layu apalagi rontok. Tanaman aglaonema dari pemotongan pucuk bisa ditanam pada media tanam pada umumnya sesudah berusia 1 bulan sejak penanaman dilakukan.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Menanam Aglaonema Tanpa Akar Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Cara Menanam Bunga Aglaonema Tanpa Akar dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan selalu sehat pastinya, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Menanam Bunga Aglaonema Tanpa Akar, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga  Cara Menanam Aglaonema Dari Batang

Baca Juga :