Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Diposting pada

Anekabudidaya.Com  Tidak harus untuk membeli banyak tanaman Aglaonema, kamu hanya cukup untuk merawat mereka sampai cepat beranak pinak, Simak bagaimana cara merawat aglaonema supaya cepat beranak pinak dan tumbuh dengan subur, Tanaman Aglaonema merupakan salah satu tanaman yang paling banyak diminati akhir-akhir ini. Saking banyak peminatnya, tanaman Aglaonema yang satu ini sampai dijual dengan harga sangat mahal.

Jika kamu berkeinginan buat memelihara banyak tanaman aglaonema tetapi tidak mempunyai biaya banyak buat membeli tanaman Aglaonema ini, kamu tidak harus takut. Ternyata tanaman aglaonema ini cukup gampang buat dibudidayakan dan dirawat sampai beranak-pinak. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita simak ulasan ini dengan cara merawat aglaonema agar cepat beranak di bawah ini.

Cara Merawat Bunga Aglaonema Agar Cepat Beranak

Cara Merawat Bunga Aglaonema Agar Cepat Beranak

Melihat tanaman aglaonema yang “beranak” bisa membuat hati kalian akan berbahagia karena pengorbanan dalam merawatnya tidak akan sia-sia. Tanaman Aglaonema yang lebat daunnya juga lebih indah untuk dilihat dan menambah nilai estetikanya sebagai tanaman hias tersebut. Bukan tanpa alasan perasaan bahagia ini akan datang ketika mengurus tanaman milik kamu sendiri.

Jika kalian mau supaya tanaman aglaonema lebih banyak, rasanya bukanlah peluang yang baik buat terus menerus membeli bibit Aglaonema, apalagi jika jenis aglaonema yang kalian inginkan merupakan jenis yang mahal untuk harga Aglaonemanya.

Seperti makhluk hidup lainnya, tanaman aglaonema juga bisa berkembang biak dengan beberapa cara. Ketika dirawat dengan baik dan lingkungannya mensupport, Maka tanaman aglaonema bisa tumbuh tunas baru dari akarnya. Inilah beberapa cara dalam merawat tanaman aglaonema supaya cepat beranak-pinak.

Baca Juga  Tips Melakukan Pembudidayaan Sri Rejeki

1. Media Tanam yang Subur

Media Tanam yang Subur

Cara merawat tanaman aglaonema supaya cepat beranak-pinak, langkah yang wajib supaya tidak melupakan kesuburan dari media tanam aglaonema. Media tanam aglaonema yang kombinasinya cocok ialah yang tidak menahan air terlalu banyak namun akan tetap lembap. Tanah sebagai media tanam aglaonema juga sebaiknya dapat mengandung cukup nutrisi buat tanaman aglaonema agar tumbuh dengan maksimal dan cepat bertunas dengan sempurna. Beberapa komposisi media tanam Aglaonema yang sesuai buat tanaman aglaonema supaya cepat beranak, ialah:

  • Tanah, cocopeat, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1:1 atau 2:1:2:1
  • Tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  • Tanah, kompos, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1

2. Penyiraman Aglaonema

Penyiraman Aglaonema

Cara merawat aglaonema agar cepat beranak pastinya juga tidak lepas dari cara menyiramnya. Tanaman Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak memerlukan penyiraman setiap harinya. Tanaman Aglaonema ini hanya harus untuk disiram kira-kira tiga hari sekali atau sekitar seminggu dua kali, tergantung dengan cuaca yang sedang berlangsung. Perhatikan pada media tanam aglaonema, kalian hanya harus menjaga media tanamnya agar tetap lembap dan tidak kering dengan begitu saja.

Jumlah air yang dipakai juga tidak harus terlalu banyak, kamu hanya menggunakan air secukupnya saja buat menjaga tanah akan tetap basah. Media tanam Aglaonema yang terlalu banyak disiram dengan air malah akan berdampak membuat akar tanaman Aglaonema menjadi busuk. Selain itu, pada media tanam Aglaonema yang terlalu sering disiram juga maka akan membuatnya cepat padat dan unsur hara tercuci lebih singkat.

3. Lakukan Penggemburan Tanah

Lakukan Penggemburan Tanah

Salah satu kunci cara merawat aglaonema supaya cepat beranak ialah tidak lupa untuk melakukan proses penggemburan tanah pada setiap dua sampai empat minggu sekali. Proses penggemburan tanah perlu dilakukan secara perlahan supaya tidak merusak akar tanaman atau tunas dari tanaman aglaonema tersebut.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Sri Rejeki

Tujuan dari menggemburkan tanah ialah memecahkan tanah yang telah menggumpal, memadat, atau mengeras, sehingga kembali lunak dan sirkulasi udaranya bagus buat tanaman Aglaonema. Tanah yang gembur, berongga, dan bersikulasi udara bagus, memudahkan akar tanaman buat tumbuh dan bergerak, air mengalir lebih merata, dan tanaman aglaonema akan menjadi lebih sehat secara fisik.

4. Siram Menggunakan Air Beras

Siram Menggunakan Air Beras

Mungkin bukanlah kali pertama kalian mendengar bahwa air bekas cucian beras bagusk buat tanaman dirumah kalian. Hal ini bukanlah mitos belaka dan bisa menjadi salah satu alternatif cara merawat tanaman aglaonema supaya cepat beranak. Dair cucian beras akan mengandung 80% vitamin B1, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 50% mangan, 50% fosfor, 60% zat besi, 100% serat, dan asam lemak esensial.

Segala vitamin dan mineral ini adalah unsur hara, makanan buat tanaman supaya dapat tumbuh dengan subur. Tidak harus di lakukan setiap kali, cukup dua minggu sekali saja. Dengan nasi sebagai makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, mungkin air limbah bekas cucian beras hampir setiap hari tersedia dari dapur kalian, sehingga menjadi salah satu alternatif buat menyuburkan tanaman Aglaonema dengan mudah.

5. Sinar Matahari Secukupnya

Sinar Matahari Secukupnya

Cara merawat aglaonema agar cepat beranak semakin berpeluang tinggi, jangan lupa buat memberikan suplai sinar matahari yang optimal, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Tanaman aglaonema memang pada dasarnya bisa bertahan hidup di dalam ruangan yang kecil akan sinar matahari, Akan tetapi sebagian jenis tanaman aglaonema, terutama yang warna hijaunya sedikit, mempunyai laju fotosintesis yang lebih pelan.

6. Tambahkan ZPT

Tambahkan ZPT

Berbeda dengan pupuk, Zat Pengatur Tumbuh merupakan hormon sintetis buat tanaman dan menjadi salah satu cara untuk merawat tanaman aglaonema supaya cepat beranak. Jika pupuk merupakan vitamin atau suplemen yang membantu untuk memenuhi keperluan nutrisi tanaman, Zat Pengatur Tumbuh berperan dalam membantu meregulasi hormon tanaman aglaonema buat memetabolisme dan menyerap terhadap unsur hara dalam media tanam aglaonema menjadi lebih maksimal, sehingga tanaman aglaonema dapat tumbuh lebih subur, sehat, dan cepat bertunas sesuai yang kita inginkan.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Sri Rejeki

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Cara Merawat Bunga Aglaonema Agar Cepat Beranak dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan selalu sehat pastinya, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Merawat Bunga Aglaonema Agar Cepat Beranak, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :