Cara Merawat Aglaonema Agar Berdaun Lebar

Diposting pada

Anekabudidaya.ComTelah menjadi rahasia umum bahwa keindahan dari tanaman Aglaonema yang terletak pada daunnya yang cukup lebar dan memiliki corak yang beragam. Buat memperoleh tanaman Aglaonema yang subur serta mempunyai daun yang lebar, maka kamu perlu untuk diperhatikan cara merawatnya dengan benar. Tidak jarang sekali kerusakan pada tanaman Aglaonema terjadi karena memiliki kesalahan dalam melakukan perawatan tersebut.

Lingkungan menjadi faktor utama dalam membudidaya tanaman aglaonema. Seperti pencahayaan sampai dengan temperatur dari tanamannya harus diperhatikan. Untuk tanaman hias ini juga membutuhkan cahaya buat melalui proses fotosintetis. Buat lebih lengkapnya, berikut ini merupakan langkah-langkah dalam menanam tanaman aglaonema supaya dapat tumbuh dengan subur, sekaligus cara untuk merawat bunga aglaonema agar berdaun lebar.

Cara Merawat Aglaonema Agar Berdaun Lebar

Cara Merawat Aglaonema Agar Berdaun Lebar

Langkah pertama yang harus kita pahami supaya tanaman aglaonema bisa tumbuh dengan subur dengan mengetahui cara merawat tanaman aglaonema. Caranya juga dapat dibilang sangat gampang untuk dilakukan, dapat dibilang susah. Semua tergantung dari keiinginan kita dalam merawat tanaman Aglaonema. Oleh karena itu, coba simak pembahasan ini supayar kita dapat mempunyai tanaman aglaonema yang bisa tumbuh dengan subur dan berdaun.

1. Pilih Media Tanam Yang Bagus

Pilih Media Tanam Yang Bagus

Media tanam yang optimal buat menanam tanaman Aglaonema adalah perpaduan antara tanah, pupuk kandang dan sekam, dengan memiliki perbandingan satu banding satu. Pemilihan media tanam yang benar akan memberikan sirkulasi air dan udara yang optimal buatk Aglaonema tersebut.

Baca Juga  Tips Menanam Ketumbar

2. Jangan Letakkan Aglaonema di bawah Sinar Matahari

Jangan Letakkan Aglaonema di bawah Sinar Matahari

Kesalahan secara umum selanjutnya adalah, meletakkan tanaman Aglaonema dengan secara sembarangan di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Tanaman Aglaonema mempunyai karakteristik yang lumayan sensitif terhadap paparan cahaya sinar matahari, sehingga jika diletakkan dibawah paparan sinar matahari dengan secara langsung maka akan mengakibatkan kerusakan pada daun Aglaonema.

3. Penyiraman Cukup Satu Kali Dalam Sehari

Penyiraman Cukup Satu Kali Dalam Sehari

Walaupun tanaman Aglaonema menyukai keadaan yang basah, buat penyiraman pada tanaman hias Aglaonema ini bisa dilakukan hanya dengan satu kali dalam sehari. Apabila media tanamnya masih lembab akibat dari proses penyiraman sebelumnya, sebaiknya jangan disirima kembali dan biarkan supaya media tanam Aglaonema tersebut dapat mengering terlebih dahulu. Proses penyiraman yang dapat dilakukan secara berkali-kali tanpa melihat keadaan tanaman, sehingga akan mengakibatkan kerusakan pada daun Aglaonema dan terjadi kebusukan pada akar Aglaonema.

4. Beri Pupuk Seminggu Dua Kali

Beri Pupuk Seminggu Dua Kali

Proses pemupukan dapat dilakukan setiap dua minggu sekali dalam bertujuan supaya membuat daun yang baru akan tumbuh semakin lebar, serta membuat proses pigmentasi pada daun semakin optimal. Pemupukan yang dilakukan secara teratur juga bisa mempercepat proses pertumbuhan dan menjadikannya semakin subur, serta mendapatkan daun Aglaonema yang lebat.

5. Basmi Hama Dengan Fungisida

Basmi Hama Dengan Fungisida

Daun dan batang yang telah menguning disebabkan oleh adanya bakteri dan jamur, sehingga hal tersebut bisa merusak tanaman Aglaonema. Buat mengatasi hal tersebut, maka lakukan proses penyemprotan dengan memakai cairan fungisida setiap satu bulan sekali.

6. Potong Bunga Aglaonema

Potong Bunga Aglaonema

Tanaman Aglaonema terkenal akan keindahan pada daunnya, dan bukan karena bunganya. Sehingga akan lebih bagus jika bunga Aglaonema yang tumbuh dapat dipotong saja suaya tidak merusak daun Aglaonema. Hal ini disebabkan bunga Aglaonema bisa menyerap akan nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan oleh daun Aglaonema, sehingga daun akan menjadi susah untuk bertumbuh dengan baik.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Sepatu

7. Mengganti Media Tanam

Mengganti Media Tanam

Penggantian untuk media tanam setiap enam bulan sekali ini sangat penting buat dilakukan supaya tanaman Aglaonema akan terus bertumbuh dengan subur. Tanda akan kerusakan pada tanaman Aglaonema ialah salah satunya adalah, perubahan daun yang menguning. Sehingga hal tersebut menandai pentingnya untuk penggantian media tanam Aglaonema.

Itulah yang dapat saya sampaikan Terkait dengan Cara Merawat Aglaonema Agar Berdaun Lebar Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam Cara Merawat Aglaonema Agar Berdaun Lebar dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan selalu sehat pastinya, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan pembahasan Cara Merawat Aglaonema Agar Berdaun Lebar, Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :