Cara Menanam Anggur Hidroponik

Diposting pada

AnekaBudidaya.com – Menanam anggur dengan menggunkan sistem hidroponik sangat berbeda dengan cara menanam anggur pada umumnya. Dapat kita lihat dalam perbedaannya seperti pada penggunaan media tanam yang akan digunakan dan caranya untuk menyukupi asupan kebutuhan nutrisi pada tanaman anggur hidroponik. Nilai jual dari tanaman anggur ini sangat masih termasuk tinggi dalam penjualan, karena buah anggur mempunyai pelanggan baik dari kalangan anak-anak maupun remaja. Maka dengan itu banyak sekali orang yang ingin memulai untuk dapat mencoba dalam menanam tanaman buah anggur ini dalam sistem hidroponik untuk dibudidayakan.

Buah Anggur


Cara Menanam Anggur Hidroponik

Kali ini kita akan memberi ilmu terkait cara menanam anggur dengan sistem hidroponik. Dalam menanam anggur dengan sistem ini telah mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Namun dengan begitu, berbeda metode pada media tanam, pasti sudah punya alasan masing-masing, kalian dapat membaca artikel ini sampai habis dalam membahas cara menanam anggur dengan sistem hidroponik.


1. Bibit Anggur Hidroponik

Bibit Anggur Hidroponik

Dalam Menanam buah anggur hidroponik adalah dengan menggunaka sistem cara menanam buah anggur dengan memanfaatkan media air tanpa mengutamakan tanah dengan memperkuatkan pada pemenuhan kebutuhan akan asupan nutrisi bagi tanaman pada buah anggur. Di mana pun akan tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap dapat tumbuh dengan sangat bagus apabila asupan nutrisi yang diperlukan akan selalu mencukupi.

Ide inilah yang pada akhirnya dapat menciptakan teknik secara bertanam dengan media hidroponik, di mana yang akan ditekankan adalah pada pemenuhan suatu kebutuhan nutrisi. Pada buah anggur dapat ditanam hanya dari biji maupun secara vegetatif, namun cara vegetatif lebih umum sering digunakan. Pada bibit buah anggur yang baik mempunyai beberapa ciri, dan tidak asal sembarang dalam menentukan bibit buah anggur yang dapat ditanam karena akan beresiko pada hasilnya ketika akan saat dipanen buah anggurnya.

Baca Juga  Cara Budidaya Mantang


2. Menanam Anggur Hidroponik

Menanam Anggur Hidroponik

Pada dasarnya untuk menanam buah anggur dengan menggunkan sistem hidroponik tidak jauh beda dengan hidroponik pada biasanya pada tanaman lainnya. Karena pada buah anggur adalah jenis tanaman yang merambat serta mempunyai umur yang sangat lama, jadi untuk dapat menanam buah anggur dengan menggunkan sistem hidroponik, kamu harus dapat memperhatikan pada ukuran dan media hidroponik yang akan kamu gunakan.

Kebutuhan akan asupan nutrisi untuk buah anggur, dengan menggunkan metode tanam sistem hidroponik saat ini belum ada yang ada dalam menjual jadi. Nutrisi pada tanaman hidroponik masih berupa AB mix untuk tanaman daun dan AB mix tanaman buah dengan secara umum.


3. Persiapan Media Hidroponik

Persiapan Media Hidroponik

Wadah sebagai tempat hidroponik dapat ditentukan dengan menggunakan bahan yang tersedia, tapi untuk kamu disarankan mempunyai tempat dengan ukuran minimal 40×40. Untuk pembahasan cara menanam buah anggur pada sistem hidroponik pada sebuah artikel ini, saya akan mencoba mengambilcontoh dengan cara yang sudah berhasil untuk membuahkan anggur dengan cara media sistem hidroponi. Dari persiapan media hidroponik sampai dengan proses tanam buah anggur. Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Media dan wadah hidroponik pada buah anggur adalah sebagai berikut ini :

1. Hydroton

Hidroton adalah sebuah media tanam hidroponik yang akan dibuat menggunkan bahan dasar berupa lempung yang akan dipanaskan, sehingga akan mempunyai bentuk seperti lingkar-lingkaran dan ukurannya sangat beragam antara 1 sampai 2,5 cm. Di dalam lingkar-lingkaran tersebut ada bagian seperti pori-pori yang dapat untuk menyerap air beserta nutrisi sehingga dapat memelihara pada pasokan nutrisi untuk tanaman buah anggur. Hidroton memiliki pH yang netral dan cukup stabil. Dengan bentuknya yang lingkaran dan tidak mempunyai bagian sudut, maka dapat menurunkan akan resiko merusak akar buah anggur. Ruang diantara lingkar-lingkaran itu baik bagi ketercukupan oksigen untuk akar buah anggur. Hidroton dapat dipakai dengan berulang kali, cukup dengan dibersihkan saja dari kotoran (lumut atau alga).

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Bengkoang

2. Kaleng Bekas ukuran 25 kg.
3. Kotak Styrofoam
4. Kain Flanel

Tahap pekerjaan dalam tahap pembuatan wadah dengan sistem hidroponik dengan menggunkan kaleng bekas adalah sebagai berikut ini :

1. Lubangi pada bagaian sekeliling di bagian pinggir kaleng dengan menggunakan solder.
2. Lubangi bagian dasar wadah bekas kaeng dengan dimeter 1 cm.
3. Lapisi pada bagian dasar wadah kaleng dengan menggunakan kain Flanel.
4. Letakkan wadah pada kotak styrofoam.


2. Wadah Hidroponik

Setelah wadah tanam anggur sistem hidroponik sudah selesai dan sudah siap untuk digunakan, maka langkah berikutnya dalam tahapan menanam bibit buah anggur dengan menggunkan media tanam hidroponik, adalah sebagai berikut ini :

  • Masukkan bibit buah anggur pada media hidroponik 1/4 di bagian isi wadah hidroponik.
  • Letakkan pada bibit anggur yang sudah kamu siapkan bibit dari hasil cangkok maupun stek batang
  • Tambahkan media hidropon dengan secara perlahan sampai menutupi seluruh pada bagian akar bibit buah anggur sampai dengan setengan wadah tanam. keseluruhan, kurang lebih dari 14 liter hidroponik yang akan dibutuhkan.
  • Siram kurang lebih 2 sampai 3 liter air hujan sampai seluruh keadaan media hidropon basah
  • Simpan di tempat yang cukup teduh tapi tetap akan terkena sinar matahari.
  • Setelah 2 sampai 3 hari, bibit buah anggur hidroponik sudah siap untuk di letakkan pada lokasi penuh dengan matahari.

5. Perawatan Buah Anggur Hidroponik

Perawatan Buah Anggur Hidroponik

Setelah semua selesai dan berjalan dengan sangat baik, maka langkah berikutnya adalah melakukan perawatan pada tanaman buah anggur dengan menyirami tanaman sebanyak 2 kali sehari pada saat di pagi hari dan sore hari, serta kamu dapat menambahkan pupuk tambahan supaya tanaman buah anggur hidroponik kamu dapat tumbuh dan berbuah dengan segar, pada proses penyiraman tanaman buah anggur hidroponik dapat menggunkan nutrisi hidroponik, untuk tahap pertumbuhan yang maksimal.

Baca Juga  Cara Melakukan Budidaya Mahkota Dewa

6. Panen Buah Anggur Hidroponik

Panen Buah Anggur Hidroponik

Pada tanaman Buah Anggur Hidroponik ini akan dapat di panen pada waktu tanam ini telah mencapai usia kurang lebih 120 hari. Sehingga buah anggur baru mulai bisa dapat dipetik atau panen ketika sudah mencapai usia sekitar 90 hingga 100 hari dan kamu dapat memanen pada buah anggur dengan menggunakan gunting dan dapat di potong pada bagian panggal batang buah anggur.


Itulah teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Anggur Hidroponik Yang Benar Untuk Pemula semoga kalian yang membaca artikel ini bisa langsung budidaya Buah Anggur Hidroponik, dan akan memperoleh hasil yang ingin kalian inginkan yaitu panen secara berlimpah, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :