Cara Memperbanyak Alocasia

Diposting pada

Anekabudidaya.ComTanaman hias alocasia terdiri dari berbagai macacam species dengan ciri khas dedaunan yang cukup lebar dan menawan  yang bisa yang sangat menarik untuk diperhatian. Ada sekira 79 spesies yang banyak ditemukan di Asia yang beriklim tropis dan Australia Timur, tanaman hias alocasia ini banyak telah dibudidayakan di tempat lain. Dalam keadaan yang cocok, Tanaman Alocasia bisa tumbuh dengan cepat jika keadaanya memungkinkan.

Tanaman Alocasia bisa dipelihara buat koleksi dirumah kalian karena tanaman hias alocasia ini bisa tumbuh dengan sangat subur di dalam pot yang besar. Tanaman Alocasia juga dapat tumbuh dengan subur di saat musim kemarau dan selanjutnya dibawa ke dalam ruangan pada saat musim hujan supaya tidak terlalu lembab kondisinya.

Tetapi, kita perlu secara hati – hati apabila menjadikan tanaman Alocasia ini sebagai tanaman hias indoor karena alocasia tergolong tanaman yang beracun sehingga tanaman Alocasia perlu ditempatkan di area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan kamu pastinya.

Cara Memperbanyak Bunga Alocasia

Cara Memperbanyak Bunga Alocasia

Dibanding jenis tanaman hias lainnya, Tanaman Alocasia memerlukan perhatian ekstra buat perawatannya. Karena itulah, apabila kalian ingin menjadikan tanaman Alocasia sebagai koleksi terbaru di rumah kalian, maka kita perlu untuk mempelajari terlebih dulu bagaimana cara untuk merawat tanaman hias alocasia ini dengan baik dan benar agar tumbuh subur, rimbun dan kaut pastinya.

1. Tanam Di tanah Berpori

Tanam Di tanah BerporiTanaman Alocasia bisa tumbuh dengan subur di dalam pot yang ukuran besar, perhatikan untuk drainase dan campuran tanahnya. Caranya, campurkan tanah yang telah dijadikan media tanam alocasia yang dengan lumut gambut dan perlite buat menahan supaya kelembapannya akan tetap terjaga dengan baik sehingga dapat memberikan drainase yang sangat optimal.

Baca Juga  Tips Perawatan Tanaman Keladi

Harus diingat, akar pada tanaman Alocasia memang memerlukan tanah yang cukup lembap tetapi tanaman hias alocasia ini tidak menyukai keadaan yang basah karena akarnya dapat membusuk dengan cepat. Sebab itulah, campuran tanah yang benar ialah hal pertama yang perlu untuk diperhatikan supaya tanaman Alocasia kamu bisa tumbuh dengan subur, rimbun, dan sehat pastinya.

Gabungan antara lumut gambut dan perlite membantu tanaman alocasia dalam memberikan nutrisi pada tanaman Alocasia tanpa terlalu banyak kelembapan. Campuran ini sangat cocok sebagai proses dalam penyubur tanah buat mendorong pertumbuhan alocasia yang sehat.

Selain itu, bahan tambahan lainnya ialah seperti kerikil, batu apung, atau perlite yang telah dihancurkan juga bisa membantu air mengalir dengan sangat cepat dengan melalui pot sehingga tanaman Alocasia terhindar dari pembusukan akar yang membuat tanaman hias ini layu dan mati akhirnya.

2. Sirami Alocasia

Sirami Alokasia

Tanaman Alocasia harus sering disiram supaya tanah akan tetap lembap. Cara terbaik buat mengetahui apakah tanaman alocasia memerlukan air ialah ketika bagian atas tanah telah terlihat kering. Tetapi, tanaman Alocasia tidak menyukai tanah yang terlalu kering dan gersang, tapi tanaman Alocasia akan mati jika tanah terlalu basah. Cara untuk penyiraman tanaman Alocasia yang baik dan benar ialah dengan menyiram sedikit demi sedikit tapi sering dilakukan sehingga tanahnya akan tetap lembap dan tanaman hias alocasia ini juga tidak tergenang oleh air.

3. Perhatikan Suhu Ideal

Perhatikan Suhu Ideal

Beberapa species Alocasia seperti alocasia reginula, alocasia macrorrhiza stingray, dan alocasia silver dragon bisa tumbuh dengan sangat subur di ruangan yang hangat ialah 18 derajat Celsius sampai dengan 27 derajat Celsius. Sedangkan, untuk suhu minimal buat tanaman Alocasia ialah 15 derajat Celsius karena untuk suhu yang dingin bisa membuat tanaman hias alocasia ini akan mati dengan cepat. Apabila Alocasia ditanam di dalam pot yang ukuran besar buat tanaman hiasan di halaman rumah kamu, maka jauhkan pot tanaman hias alocasia dari tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan hembuasan angin kencang.

Baca Juga  Tips Melakukan Budidaya Tanaman Hias Bambu

4. Jaga Kelembapan

Jaga Kelembapan

Supaya dapat tumbuh dengan subur di dalam ruangan, maka tanaman Alocasia memerlukan kelembapan antara 50 sampai dengan 60 persen. Tetapi umumnya udara rumah terlalu kering buat tanaman Alocasia. Supaya tanaman Alocasia bisa tumbuh dengan subur dan rimbun, semprot pada bagian daunnya hias setiap hari, pakailah pelembab ruangan, atau letakkan pot di atas nampan kerikil yang setengahnya terisi dengan air buat meningkatkan kelembapan tanaman alocasia milik kamu.

5. Pemberian Pupuk

Pemberian Pupuk

Sebagian varietas dari tanaman hias alocasia ini memerlukan pemupukan tambahan selama musim tanam berlangsung, diantaranya adalah Alocasia szebrina dan Alocasia x amazonica. Pakailah pupuk yang telah diencerkan setiap dua minggu sekali atau dapat juga memakai pupuk tanaman lepas lambat buat mendorong masa pertumbuhannya.

Pupuk rumah tangga yang berbahan kimia juga dapat dipakai buat memberikan nutrisi pada tanaman Alocasia, akan tetapi cenderung menyebabkan penumpukan garam mineral di dalam tanah pot. Jika tanaman Alocasia telah disiram dengan air ledeng, maka bahan kimia lain juga bisa memengaruhi masa pertumbuhannya.

Buat membantu untuk menjaga supaya tanaman Alocasia dapat tumbuh dengan optimal, pakailah pupuk rumah tangga yang organik alami karena tidak akan meninggalkan bahan kimia yang bisa menyebabkan akar akan terbakar. Pada saat menyiram tanaman Alocasia, biarkan air keluar semalaman supaya bahan kimia bisa menguap dan menaikkan suhu air ke suhu ruangan tersebut.

Cara Memperbanyak Tanaman Hias Alocasia

Cara Memperbanyak Tanaman Hias Alocasia

Untuk tanaman hias alocasia bisa diperbanyak dengan cara pembelahan akar atau memisahkan planlet. Tanaman Alocasia mempunyai akar yang rimpang berumbi yang dipotong menjadi beberapa bagian buat menumbuhkan tanaman hias yang baru. Terkadang kamu melihat tanaman kecil yang telah tumbuh di dekat pangkal tanaman Alocsia, tanaman kecil itu dapat dipotong dan ditanam di pot baru.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Daun Kucai

Umumnya, tanaman Alocasia yang diperbanyak ialah yang berdaun yang sangat besar, seperti seperti Alocasia x amazonica atau alocasia macrorrhizos giant taro. pada saat memperbanyak tanaman Alocasia, simpan tanaman hias alocasia ini di lingkungan yang hangat dan lembab.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Memperbanyak Bunga Alocasia Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya sampai tuntas, dengan begitu kalian sedikit banyaknya akan mengerti dalam Cara Memperbanyak Bunga Alocasia yang baik dan benar sehingga tanaman kalian dapat tumbuh dengan indah dan pastinya sehat, Itu saja yang dapat saya sampaikan Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :