Cara Merawat Bunga Alocasia

Diposting pada

Anekabudidaya.ComBuat peminat tanaman hias saat ini telah menjamur di kala seperti ini. Salah satu ialah tanaman hias yang banyak sekali diincar oleh masyarakat ialah tanaman alocasia. Alocasia mempunyai daun yang memiliki karakter dan seperti eksotis jika dijadikan sebagai dekorasi. alocasia memiliki corak yang beragam dan daunnya yang cukup mengkilap sehingga menjadi salah satu faktor tanaman hias alocasia yang disukai oleh banyak orang. Dedaunannya juga dapat menarik hati pada saat melihatnya tumbuh di sebuah taman atau dalam ruangan rumah kalian.

Tanaman hias alocasia sendiri sebetulnya adalah keluarga dari aracaeae atau umbi-umbian yang hidup di hutan hujan tropis basah. Habitat aslinya ialah di daerah tropis dan subtropis yang ada di Asia, Oceania, dan Amerika selatan. Untuk jenisnya juga bervariasi, Mulai dari tanaman alocasia black velvet, silver, tengkorak, sampai dengan parasol.

Dalam keadan yang cocok, mereka bisa tumbuh dengan sangat cepat. Dedaunannya bahkan dapat memperindah hunian tempat kalian. Tetapi, untuk perawatan tanaman alocasia hias ini dapat dibilang susah-susah sulit untuk dilakukan. Karena, tanaman alocasia juga adalah tanaman yang sensitif pada suatu keadaan tertentu, jika kalian ingin merwat tanaman alocasia yang baik dan benar maka kamu dapat emmbaca artikel ini sampai tuntas..

Cara Merawat Bunga Alocasia

Cara Merawat Bunga Alocasia

Namun kamu jangan takut, Buat kalian yang masih pemula, masih dapat kok untuk merawat tanaman hias alocasia unik ini. Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan buat menjaga tanaman alocasia supaya tetap tumbuh dengan subur dan memesona di ruangan yang kalian inginkan.

Baca Juga  Cara Memperbanyak Alocasia

1. Pencahayaan

Pencahayaan

Keperluan suatu pencahayaan untuk tanaman alocasia bervariasi dari tempat sejuk sampai dengan sinar matahari secara penuh, tergantung pada varietasnya. Tanyakan kepada penanam apakah tanaman tersebut dapat memperoleh cukup banyak paparan sinar matahari atau tidaknya. Untuk warna daun cenderung lebih baik di antara tanaman yang tumbuh paling optimal dengan lebih banyak cahaya yang di dapatkan.

2. Media Tanam

Media tanam

Media tanam merupakan campuran pot yang telah gembur dan telah dikeringkan dengan benar atau di tanah yang gembur. Cobalah buat membiarkan beberapa inci tanah teratas akan menjadi hampir kering sebelum disiram. Ini akan menolong untuk menjaga kelembapannya secara menyeluruh. Tanah yang lembab akan membuat tanaman mudah terhadap banyak infeksi jamur yang akan menyerangnya.

3. Penyiraman

Jaga agar tetap terhidrasi

Menjaga tanaman supaya tanaman Alocasia akan tetap lembab karena tanaman yang menyukai air. maka proses penyiraman dapat dilakukan cukup sekali dalam sehari untuk menyiram tanaman alokasia di saat pagi hari.

4. Beri pupuk

Beri pupuk

Pemupukan juga harus untuk dilakukan buat tanaman hias alokasia supaya tetap sehat secara optimal. Pupuk untuk jenis lambat akan terurai yang berbentuk seperti butiran-butiran kecil maka bisa ditaburkan pada permukaan media tanam. Cara ini bisa optimal menutrisi sampai 4 sampai 6 bulan lamanya.

5. Mengganti Pot Alocasi

Ganti pot

Pindahkan tanaman Alocasia setelah setahun sekali ke dalam pot yang memiliki ukuran yang lebih besar dengan tanah pot yang fresh dan bebas pengeringan. Selain itu, yang terbaik ialah membagi rimpang setiap tahun buat menjaga tanaman akan tetap dalam ukuran yang bisa diatur dan menambah koleksi tanaman kamu.

6. Pangkas dan Bersihkan Daun

Pangkas dan bersihkan daun

Pangkas daun alocasia di bagian pangkal tangkai daun dengan memakai sebuah gunting atau menggunakan pisau yang tajam supaya proses pemotongan tidak akan merusak tanaman alocasia. Selain itu kamu harus bersihkan daunnya dengan cara menyemprotkan air memakai sprayer atau dapat juga dengan cara mengelap daunnya dengan memakai kain bersih.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Sepatu

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Bunga Alocasia Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya sampai tuntas, dengan begitu kalian sedikit banyaknya akan mengerti dalam Cara Merawat Bunga Alocasia yang baik dan benar sehingga tanaman kalian dapat tumbuh dengan indah dan pastinya sehat, Itu saja yang dapat saya sampaikan Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :