Cara Menanam Bonggol Alocasia

Diposting pada

Anekabudidaya.ComSaat ini sudah mulai banyak tanaman baru yang telah bermunculan. Karena memiliki penampilan yang begitu menawan, lalu jenis tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai hiasan halaman maupun isi rumah kalian. Tanaman hias umumnya memiliki nilai yang lebih mahal daripada tanaman biasanya. Bahkan ada juga tanaman yang memiliki harga yang sangat tidak maklum karena saking mahalnya. Salah satu yang kami maksud adalah tanaman alocasia. Sesuai dengan namanya, tanaman alocasia ini mempunyai daun yang berwarna hitam yang sangat menawan.

Daya tarik dalam tanaman alocasia terletak pada daunnya. Daun tanaman ini yang berukuran sedang, untuk bentuknya hati, serta berwarna hitam dengan corak hijau yang membentuk garis bintang. Jika tanaman ini dipelihara dengan benar, maka daunnya akan tumbuh lebih lebat dan membuat pesonanya semakin istimewa. akan tetapi dengan harga yang tergolong mahal, mungkin solusi saya kamu dapat menanam bunga Alocasia dengan menggunakan bonggolnya terlebih dahulu, sehingga akan mengemat biaya jika kamu ingin memilikinya.

Cara Menanam Bonggol Alocasia

Cara Menanam Bonggol Alocasia

Di pasaran sendiri untuk harga alocasia terbilang cukup mahal. Apalagi buat tanaman dewasa dengan keadaan daun yang sudah rimbun dan terawat dengan benar, maka untuk harganya dapat lebih meningkat lagi. Akan tetapi kamu tidak harus khawatir. Kalau kamu mau mempunyai alocasia dengan harga yang murah, kami rekomendasikan buat menanamnya dari bonggol. Harga untuk bonggol alocasia ini umumnya lebih ramah di kantong kalian. Selanjutnya kamu dapat menanamnya sampai tumbuh besar.

Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Wortel

Jangan heran buat dapat menanam bonggol alocasia ini ya. Kami akan memberikan panduannya dengan secara komplit khusus buat kamu semua.

1. Cucilah Bonggol Terlebih Dahulu

Cucilah Bonggol Terlebih Dahulu

Pembelian bonggol tanaman hanya bisa dilakukan dengan secara online. Jarang sekali toko fisik yang ingin menjual bonggol dari tanaman alocasia ini. Sehingga bonggol alocasia ini akan melewati perjalanan jauh dan dalam waktu yang cukup lama ketika proses pengirimannya. Sesudah bonggol alocasia sampai di tempat kalian, Maka silakan kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu di bawah air yang mengalir cukup deras. Selanjutnya cukup gosok secara perlahan supaya tidak akan merusak bonggol alocasia tersebut. Selanjutnya kamu dapat merendamnya di cairan perangsang akar ataupun tumbukan bawah merah buat mempercepat tumbuhnya akar dan tunas tanaman alocasia.

2. Siapkan Media Tanam yang Tepat

Siapkan Media Tanam yang Tepat

Kamu tentunya memakai media tanam yang sesuai buat menanam bonggol jenis apa pun itu. Umumnya sih untuk bonggol ini akan menghendaki tanaman yang cukup lembap, Akan tetapi tidak basah ataupun tergenang dengan air. Media tanam yang digunakan juga sebaiknya jangan terlalu poros sebab keadaan yang terlalu kering justru tidak akan dapat merangsang tumbuhnya bonggol alocasia tersebut. Silakan kamu dapat membuat media tanam yang memenuhi syarat tersebut dengan cara mencampurkan tanah dan pupuk kandang/kompos dengan sebagai perbandingan 3:1. Gunakan tambahan tanah liat 1 bagian agar media tanam dapat lebih mengikat air.

3. Tanamkan Bonggol Dengan Benar

Tanamkan Bonggol Dengan Benar

Kini waktunya buat menanam bonggol alocasia. Adapun untuk cara menanam bonggol tanaman yang baik ialah kamu perlu untuk membuat lubang tanamnya terlebih dulu. Jangan pernah langsung untuk menekan bonggol alocasia ke dalam tanah sebab berpotensi justru akan merusak bonggol alocasia tadi. Silakan kamu dapat membuat lubang tanam alocasia dengan ukuran yang sesuai dengan postur bonggol yang akan ditanam. Jadi nantinya untuk seluruh bagian bonggol perlu tertimbun di dalam tanah. Posisikan untuk bagian mata tunas berada di sebelah atas supaya lebih mudah tumbuh. Usahakan buat meletakkannya tepat di bagian tengah pot/polybag yang kamu siapkan.

Baca Juga  Cara Menanam Tanaman Adas

4. Kontrol Penyiraman dan Suhunya

Kontrol Penyiraman dan Suhunya

Perawatan merupakan langkah wajib dalam melakukan menanam bonggol suatu tanaman alocasia. Sebab perawatan ini akan sangat menentukan apakah bonggol tersebut nantinya akan berhasil tumbuh atau malah akan gagal. Di sini usaha yang paling penting untuk dilakukan adalah memerikasa terhadap suhu lingkungan serta keadaan media tanam. Kami menyarankan kamu buat meletakan sebuah pot/polybag di tempat yang sejuk namun tetap dapat mendapatkan sinar matahari di saat pagi selama 1 sampai 2 jam. Kamu juga harus melakukan proses penyiraman setiap 3 sampai 5 hari sekali. Proses penyiraman dapat dilakukan setelah keadaan bagian atas media tanam tampak kering dan tidak basah.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Menanam Bonggol Alocasia Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya sampai tuntas, dengan begitu kalian sedikit banyaknya akan mengerti dalam Menanam Bonggol Alocasia yang baik dan benar sehingga tanaman kalian dapat tumbuh dengan indah dan pastinya sehat, Itu saja yang dapat saya sampaikan Sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya :