Cara Merawat Alocasia Dragon Silver

Diposting pada

Anekabudidaya.ComSesuai dengan namanya, tanaman Alocasia Dragon Silver ini menyerupai dengan sisik naga perak, sehingga diberi nama Alocasia Silver Dragon. Jika kamu mau untuk menambahkan tanaman hias unik Alocasia Dragon Silver ini ke dalam jajaran ruangan rumah atau kantor kamu, pertimbangkan untuk spesies ini sebagai opsi yang berharga. Selain luar biasa anggun dan menarik perhatian, tanaman Alocasia Dragon Silver ini sangat sederhana perawatan dan pemeliharaannya yang perlu kamu lakukan.

Tanaman ini terkenal dengan dedaunannya yang unik. Daunnya yang besar, keperakan, dan bergaris tampak anggun dan menyeramkan, keduanya hadir pada saat bersamaan. Tanaman ini berbentuk panah dan bisa tumbuh sepanjang 2 meter. Tangkai daun yang besar dapat menahan daun-daun ini, tetapi memerlukan adanya penyangga ketika tanaman tumbuh lebih besar dan lebih berat. Tanamannya berwarna perak secara keseluruhan tetapi dipenuhi dengan urat daun hijau tua.

Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Silver

Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Silver

Dalam proses perawatan tanaman Alocasia Silver Dragon Silver memerlukan asupan sinar matahari secara penuh sampai sejuk parsial. kamu dapat menyiraminya dengan sesekali pada saat tanah mengering. Pastikan saja untuk tanah tetap lembab dan kaya akan nutrisi serta mempunyai pH 5,0 sampai 7,5. Suhu yang sangat dingin sangat dilarang buat tanaman Alocasia Dragon Silver.

1. Penyiraman

Sirami Alokasia

Tanaman Alocasia Dragon Silver ini hanya memerlukan proses penyiraman denagn sesekali. Namun Alocasia Dragon Silver sangat sensitif terhadap jumlah air yang diberikan kepada tanmaan Alocasia Dragon Silver. Jika kamu menyiraminya secara berlebihan, tanah akan tergenang air, maka akar Alocasia Dragon Silver akan mati lemas, dan tanaman akan mati. Jika kamu menyiram tanaman di bawah air, tanaman akan mengalami dehidrasi hingga mati juga.

Baca Juga  Cara Menanam Alocasia

Jadi, bagaimana kamu akan mengetahui dengan berapa banyak air yang diperlukan untuk tanaman Alocasia Dragon Silver. hal Itu gampang untuk dilakukan. Sirami tanaman Alocasia Dragon Silver sekali sampai dengan bersih. Selanjutnya pakailah jari kamu buat merasakan tekstur tanah sebelum kamu akan menyiramnya kembali.

Jika kamu merasa bahwa lapisan atas telah mulai mengering dengan optimal, kamu dapat menyirami tanaman Alocasia Dragon Silver lagi. Jika masih basah, biarkan dalam beberapa hari lagi. kamu juga bisa memakai pengukur kelembaban buat tujuan ini. Ditambah lagi dengan, persyaratan ini bervariasi sesuai dengan cuaca dan iklim yang dihadapi. Biasanya, Keperluan air meningkat selama musim panas dan berkurang selama bulan-bulan musim penghujan.

2. Tanah

Tanah

Tanah yang cukup lembab dan kaya akan drainase sangat cocok buat tanaman Alocasia Silver Dragon. Drainase adalah suatu faktor penting buat tanah agar dapat menghindari penumpukan air di dekat dengan akar. Namun tanah juga perlu bisa untuk mempertahankan kelembapan yang diinginkan. Keseimbangan itu sangat penting. Oleh sebab itu, jauhi tekstur yang kering, berpasir, serta tanah seperti tanah liat yang susah mengalirkan air. Kamu bisa menambahkan kompos atau lumut gambut sebagai campuran media tanam dan membiarkan pH tetap asam sampai dengan netral (5,0 sampai 7,5).

3. Sinar Matahari

Sinar Matahari

Seperti semua tanaman Alocasia, yang satu ini juga sangat toleran terhadap paparan sinar matahari dengan xecara langsung. Alocasia Dragon Silver dapat bertahan hidup dengan baik di bawah cahaya yang cukup terang akan tetapi juga tidak peduli dengan cahaya yang sejuk. Kunci dalam pertumbuhan tanaman Alocasia Dragon Silver yang sehat ialah dengan menemukan moderasi.

Cahaya yang secara langsung dan menyengat selama berjam-jam bisa membakar daun tanaman Alocasia Dragon Silver. Dengan demikian, untuk menaruh tanaman Alocasia Dragon Silver di dalam ruangan yang cukup terang dengan banyak sinar matahari tidak secara langsung, tersaring, dan tersebar akan jauh lebih baik daripada meletakkannya di luar ruangan tanpa perlindungan apapun.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

4. Suhu

Perhatikan Suhu Ideal

Karena tanmaman Alocasia Dragon Silver berasal dari tropis dan subtropis, suhu hangat ialah suatu kewajiban. Suhu di atas 16 derajat Celsius sudah cukup optimal. Namun sedikit sekali variasi yang bisa ditoleransi oleh spesies tersebut. Apa yang tidak ditanggapi dengan benar ialah faktor dingin. Suhu yang lebih rendah dan lingkungan yang dingin tidak bagus buat tanaman Alocasia Silver Dragon milik kamu. Jadi pastikan kamu harus dapat memindahkan tanaman Alocasia Dragon Silver ke tempat yang lebih hangat.

5. Kelembaban

Jaga Kelembapan

Walaupun tidak adnya kriteria atau keharusan yang ditentukan, jenis tanaman Alocasia Silver Dragon lebih menyukai kelembaban di udara dan akan berkembang dalam keadaan seperti itu. Jadi tentukan kamu untuk memberikan banyak kelembapan di sekitar tanaman Alocasia Dragon Silver. Jika kamu tinggal di daerah yang sangat lembab, maka tanaman ini cocok buat kamu lakukan.

Tetapi jika kamu tinggal di daerah yang cukup kering, kamu mungkin harus untuk melakukan sedikit usaha lebih buat tanaman Alocasia Dragon Silver kamu. Ada beberapa cara buat meningkatkan faktor kelembapan di dalam rumah kamu. Seperti kamu bisa memasang humidifier dalam ruangan rumah kamu buat koleksi tanaman rumah atau taman dalam ruangan kamu. kamu bisa mengaturnya buat memberikan tingkat kelembapan yang kamu harapkan.

6. Pupuk

Pupuk

Tanaman Alocasia Dragon Silver ini akan lebih menyukai pupuk yang berjenis slow release. Gunakanlah pupuk kaya dengan bahan organik dan ialah jenis pupuk berkualitas super. Pupuk murah cenderung akan mengandung bahan kimia yang cukup berat dan garam yang bisa membunuh tanaman kamu lebih cepat dari yang kamu perkirakan. Pupuk lepas lambat hanya harus untuk diberikan sekitar tiga atau empat kali setahun sesuai dengan keperluan tanaman Alocasia Dragon Silver.

Baca Juga  Tips Perawatan Tanaman Hias Lily

7. Repotting

Repotting

Tanaman alokasi suka bila akarnya telah memenuhi pot (rootbound), sehingga tidak diharuskan buat repotting. Sering merepoting tanaman maka bisa mengiritasi dan memperlambat masa pertumbuhannya. Pada saat kamu menanam tanaman Alocasia Dragon Silver pada awalnya, maka letakkan di wadah dengan ukuran yang sesuai di tempat pertama menanam Alocasia Dragon Silver, dan biarkan selama satu tahun atau lebih. Setelah itu, yang terbaik ialah memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar ukurannya hanya setiap beberapa tahun saja untuk dilakukan. Namun kamu bisa melakukan langkah ini lebih awal jika terjadi kondisi yang genting seperti tanaman yang tumbuh terlalu banyak atau terserang infeksi dan hama.

8. Perawatan

Perawatan

Mengingat untuk tanaman Alocasia Silver Dragon mempunyai struktur yang rapi dan teratur dengan secara alami, maka kamu tidak harus untuk terlalu peduli dengan pemangkasan yang diperlukan. Meskipun demikian, untuk perawatan secara rutin ialah hal yang bagus. Maka semakin bersih tanamannya, maka akan semakin kecil kemungkinannya terkena infeksi dan mengundang serangan hama yang akan akan menyerang tanaman Alocasia Dragon Silver, dan dengan demikian pertumbuhannya semakin berkualitas.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Alocasia Dragon Silver Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya sampai tuntas, dengan begitu kalian sedikit banyaknya akan mengerti dalam Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Silver yang baik dan benar sehingga tanaman kalian dapat tumbuh dengan indah dan pastinya sehat, Itu saja yang dapat saya sampaikan Sekian dan terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :