Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Scale

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Tanaman Alocasia Dragon Scale merupakan salah satu jenis tanaman hias yang saat ini tengah sedang populer. Daunnya memiliki bentuk yang unik dan terlihat eksotis lantaran memiliki guratan dan motifnya. Perpaduan antara warna urat daun hijau tua dan daun hijau perak metalik dapat mempercantik taman Alocasia Dragon Scale ataupun buat rumah anda.

Tanaman Alocasia Dragon Scale yang juga umumnya disebut sebagai Alocasia Baginda ini adalah jenis tanaman tropis yang berasal dari keluarga Araceae. Ada lebih dari 70 jenis tanaman Alocasia yang biasanya tumbuh di alam liar, tapi mudah pula dipelihara sebagai tanaman hias, jika kamu ingin mengetahui cara merawat Merawat bunga alocasia dragon scale yang baik dan benar agar tanaman kamu dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah mati dengan begitu saja.

Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Scale

Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Scale

Jika buat dirawat dengan baik dan benar, Maka tanaman Alocasia Dragon Scale yang berdaun beludru hijau zamrud ini akan tetap menawan sepanjang tahun. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat tanaman alocasia dragon scale.

1. Persiapkan Media Tanam yang Cocok

Persiapkan Media Tanam yang Cocok

Media tanam yang baik dan benar akan membuat tanaman alocasia dragon scale ini adalah tanah yang cukup lembap yang dicampur menggunakan pupuk organik lepas lambat. Tambahkan juga berupa lumut gambut atau kompos ke dalam pot tempat kalian akan menanamnya. Jika tanah terlalu berat, maka kamu dapat mencampurkan sedikit pasir atau perlit.

Baca Juga  Tips Budidaya Tanaman Hias Lidah Mertua

pH tanah yang sesuai buat menanam tanaman Alocasia Dragon Scale ini ialah antara 5.5 sampai dengan 6.5. Keasaman tanah akan membantu proses Alocasia Dragon Scale buat meresap nutrisi dengan lebih optimal. Buat  pupuknya, dapat di berikan dengan campuran nitrogen, phosphate, dan potassium yang seimbang.

2. Lingkungan Yang Lembap

Lingkungan yang Lembap

Tanaman Alocasia Dragon Scale ini kurang optimal untuk bertahan dalam keadaan kering karena Alocasia Dragon Scale memerlukan kelembapan ekstra. Baik disimpan di luar ataupun di dalam ruangan, luangkan waktu untuk kalian buat sesekali menyemprot dedaunannya dengan menggunakan air bersih.

Apabila telah diletakkan di dalam ruangan dan udara ruangannya cenderung kering, pakailah humidifier atau wadah berisi kerikil yang diberi dengan air. Uap air bisa membuat udara akan menjadi lebih lembap buat tanaman Alocasia Dragon Scale.

3. Jangan Terlalu Sering Repotting

Jangan Terlalu Sering Repotting

Tanaman Alocasia Dragon Scale ini akan lebih suka untuk mempertahankan akar yang terikat dalam pot setidaknya selama satu tahun lamanya. Tunggu waktu yang pantas buat merepottingnya ialah pada saat tanaman Alocasia Dragon Scale akan keluar dalam keadaan dormansinya. Kalian juga bisa melakukan repotting jika terlihat tanaman sudah memenuhi pot atau ada bagian yang terinfeksi. Gantilah keseluruhan pot dan juga tanahnya dengan yang baru kalian peroleh.

4. Mengatur Pencahayaan

Mengatur Pencahayaan

Alocasia Dragon Scale lebih menyukai keadaan cahaya yang cukup terang namun tidak secara langsung. Kalian bisa meletakkan tanaman Alocasia Dragon Scale di dalam ruangan dengan jendela bertirai tipis atau menghamparkan paranet di atasnya jika ditaruh di luar. Maka sinar matahari akan secara langsung bisa membakar daun Alocasia Dragon Scale yang tipis dan dapat merusak tanaman Alocasia Dragon Scale.

Baca Juga  Cara Merawat Alocasia Black Velvet

Di jam-jam terpanas, seperti pada saat di siang hari, pastikan kalian telah meletakan tanaman ini di tempat yang sejuk. Namun jika rumah kalian tidak memperoleh banyak cukup cahaya dan gelap, pakailah lampu tanam buatan yang akan membantu tanaman Alocasia Dragon Scale milik kamu.

5. Perhatikan Suhu

Perhatikan Suhu

Jenis Tanaman Alocasia Dragon Scale yang tengah terkenal ini akan tumbuh dengan optimal pada suhu 13 sampai dengan 27 derajat celcius. Tanaman Alocasia Dragon Scale ini berasal dari daerah tropis sehingga bisa tumbuh dengan cepat di Negara Indonesia yang tidak mempunayi musim salju.

Hindari aliran udara yang dingin atau kontak secara langsung dengan pemanas, kipas angin, atau AC karena bisa membahayakan tanaman Alocasia Dragon Scale milik kamu. Jika suhu tanaman terlalu dingin, Maka Alocasia Dragon Scale akan memasuki keadaan dormansi, ialah keadaan yang serupa dengan hibernasi dengan tanda berhenti tumbuh dan terlihat tidak  fresh.

Jika tanaman Alocasia Dragon Scale punya kalian telah mengalami kerontokan pada daun dan umbinya tidak terasa licin ketika ditekan di dalam tanah, maka masukkan tanaman Alocasia Dragon Scale ke dalam kantong plastik yang tertutup dan letakkan di tempat yang mempunyai suhu panas yang stabil.

Jaga supaya tanah akan tetap lembab dan beri lubang udara kecil di plastic buat menghilangkan kondensasi. Setelah tumbuh kuncup daun baru dekat umbi tersebut, pindahkan tanaman Alocasia Dragon Scale milik kamu.

6. Buang Daun Yang Berguguran

Buang Daun Yang Berguguran

Daun yang kuning dan mati bukan berarti tanaman Alocasia Dragon Scale kurang sehat. Namun pastikan buat memotong daun tanaman Alocasia Dragon Scale yang layu atau membuang daun yang berguguran di pot. Daun yang telah mati bisa mengundang serangan dari hama dan jamur. Bersihkan seluruh bagian pot tanaman secara teratur.

Baca Juga  Cara Melakukan Pembudidayaan Anggrek Hias

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Alocasia Dragon Scale Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang telah membacanya sampai tuntas, dengan begitu kalian sedikit banyaknya akan mengerti dalam Cara Merawat Bunga Alocasia Dragon Scale yang baik dan benar sehingga tanaman kalian dapat tumbuh dengan indah dan pastinya sehat, Itu saja yang dapat saya sampaikan Sekian dan terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :