Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird Koloni

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Ternak lovebird memang sangat menggiurkan sekali, burung lovebird saat ini telah menjadi salah satu burung populer dan banyak sekali para pecintanya. Oleh karena itu dengan cara beternak burung lovebird akan menjadi salah satu peluang bisnis untuk kita mendapatkan pengahasilan tambahan.

Banyak sekali cara yang yang dapat kamu lakukan untuk cara beternak burung lovebird ini seperti beternak secara berpasang – pasangan, atau juga dengan secara koloni atau masal.  Dalam membuat kandang burung lovebird koloni supaya dapat menghemat biaya kamu perlu membutuhkan beberapa teknik secara khusus,  Lalu jika kamu memang berminat Cara Membuat Kandang Lovebird Koloni maka saya akan memberi kamu Cara Membuat Kandang Lovebird Koloni yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan kepuasan tambahan untuk kalian dalam Membuat Kandang Lovebird Koloni, simak artikel ini sampai habis.

Kandang Ternak Lovebird Koloni


Kandang Ternak Lovebird Koloni

Cara membuat kandang koloni lovebird sangatlah gampang. Salah satu keuntungan dalam ternak burung lovebird dengan kandang koloni adalah harganya akan lebih murah dibandingkan kita membeli banyak sangkar kotak glodok untuk dapat berternak burung lovebird. Selain itu perawatannya juga sangat gampang dan membutuhkan waktu yang sedikit. Namun disisi lain ternak burung lovebird dengan secara koloni memiliki suatu kelemahan, kelemahan tersebut merupakan jika ada burung lovebird yang sakit, maka akan mudah untuk menular ke lovebird yang lain. Untuk itu kita harus sering memeriksa kebersihan kandang dan kesehatan burung lovebird di kandang koloni.


1. Tentukan Jumlah Burung

Tentukan Jumlah Burung

Hal pertama adalah dengan kamu menentukan berapa jumlah burung lovebird yang akan kamu pelihara di dalam satu kandang, dengan begitu tentunya kita juga dapat memperkirakan berapa ukuran kandang yang kita perlukan dalam berternak burung lovebird yang sesuai. Namun jika kamu berkehendank ingin mengembangkannya burung lovebird, maka sebaiknya kamu buatlah ukuran kandang burung lovebird yang lebih besar. Supaya ketika burung lovebird kamu semakin banyak maka kamu tidak usah merubah kandang burung lovebird lagi.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Mas

2. Sesuaikan dengan Lokasi

Kandang burung lovebird koloni tidak seperti dengan kandang lovebird pada umumnya, kadang burung lovebird ini memerlukan lokasi yang lumayan luas untuk dapat meletakan kandang burung lovebird ini dengan secara koloni. Oleh karena itu supaya pembuatan kandang burung lovebird ini bagus dan sesuai dengan keinginan kamu kamu kau harus dapat sesuaikan dengan keadaan lokasi tempat penentuan kamu dalam berternak burung lovebird secara koloni.


3. Pemilihan Bahan Pembuatan Kandang

Pemilihan Bahan Pembuatan Kandang

Untuk dapat membuat kandang burung lovebird secara koloni ini banyak sekali menggunakan bahannya, dari harga yang murah sampai dengan harga yang paling mahal. Salah satu bahan untuk membuat kandang burung lovebird koloni ini dapat menggunakan kayu, dengan menggunakan kayu ini maka biayanya akan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan besi. Adapun untuk bagian dindingnya, kamu dapat memasangkan kawat ram. Untuk harga kawat ram juga bervariasi tergantung dengan ketebalan dan besar kecilnya kawat tersebut yang kamu tentukan. Berikut ini adalah bahan- bahan yang diperlukan dalam pembuatan kandang burung lovebird koloni sebagai berikut ini :

Bahan yang diperlukan:

  • Kayu Kandang Burung lovebird
    Kamu dapat memakai kayu jati atau jenis kayu lainnya. Yang penting kayu tersebut memiliki kualitas yang baik. Artinya tidak mudah dimakan oleh rayap dan tidak terjadi pelapukan dalam jangka waktu yang lama.
  • Paku
    Untuk membuat kandang burung lovebird koloni ini kamu dapat membeli paku yang sangat sedikit sekali. Namun jika kandang burung lovebird kamu lebih besar, maka paku yang diperlukan juga lumayan banyak dalam penggunaannya.
  • Kawat Ram
    Biasanya kawat ram ini dijual dengan secara meteran, namun dalam pembuatan kandang burung lovebird koloni lovebird ini sebaiknya kamu belilah dalam bentuk gulungan. Perkirakan berapa meter kandang tersebut supaya ketika proses pemebelian kawat ram ini bisa pas dan tidak lebih dan kurang saat akan digunakan.
  • Wadah Pakan
    Berbeda dengan ternak dengan kandang secara per pasangan, untuk ternak dengan kandang burung lovebird koloni ini wadah pakan yang dipakai hanya sedikit yang penting ukuran wadah pakan tersebut lebar sehingga memudahkan burung lovebird untuk makan dan menghindari rebutan makanan.
  • Wadah Minum
    Sama halnya dengan wadah pakan tadi, sediakan wadah minum ini yang mempunyai bentuk lebar. supaya memudahkan burung lovebird tersebut untuk minum dan tidak harus bergantian dengan yang lainnya.
  • Glodok
    Glodok adalah suatu bagian yang sangat penting dalam beternak burung lovebird, karena di tempt itulah nantinya burung lovebird akan membuat sarang dan menaruh telur. Untuk beternak burung lovebird secara koloni, jumlah glodoknya juga harus disesuaikan dengan jumlah burung lovebird, supaya terhindar dari rebutan kandang yang dapat menyebabkan saling bertengkar satu sama lainnya.
  • Tangkringan
    Tangkringan yang dapat kamu gunakan adalah ranting pohon, mengingat burung lovebird yang terdapat di dalam kandang burung lovebird koloni sangatlah banyak, sehingga memerlukan tangkringan lebih. Dengan menggunakan tangkringan dari ranting pohon ini biayanya juga hemat. Karena anda dapat mendapatkannya di sekitar rumah.
Baca Juga  Cara Melakukan Budidaya Ikan Makrel


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Kandang Lovebird Koloni Semoga kalian yang ingin Membuat Kandang Lovebird Koloni dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kalian, dan mendapatkan hasil yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Membuat Kandang Lovebird Koloni. Terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :