Cara Menanam Bunga Telang

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Belum banyak yang memahami apa itu Bunga Telang, namun pada kenyataannya Bunga Telang yang mempunyai ciri khas warna biru terang ini sangat menawan, dan yang paling indah adalah Bunga Telang ini sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakat, Bunga Telang mempunyai nama ilmiah yaitu clitoria ternatea L, Bunga Telang ini dikenal sebagai bunga asli adal dari Negara Indonesia dan Malaysia, namun ada juga yang berpendapat bahwa Bunga Telang ini sebelumnya sudah ada di Negara Australia, Afrika dan Amerika. Bunga telang ini dikenal sebagai Bunga Teleng, Bunga Talang, atau Bunga Bisi.

Penampilan dari Bunga Telang yang cantik, bunga telang terkenal mempunyai karakteristik yang membuatnya banyak diminati. Selain itu bunga telang mempunyai banyak manfaat karena termasuk dalam daftar dari bunga yang dapat dikonsumsi. Bunga telang ini mempunyai kadar kandungan Fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur dan ca-oksalat yang ada di dalam Bunga Telang.

Jika kalian masih penasaran dengan Cara Menanam Bunga Telang, Maka saya akan menyampaikan informasi terkait Cara Menanam Bunga Telang, agar kalian dapat belajar cara dan teknik nya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, selamat membaca.

Cara Menanam Bunga Telang


Cara Menanam Bunga Telang

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang banyak ditemui di hutan namun pada saat Bunga Telang ini sudah banyak dijadikan sebagai tanaman hias untuk dapat memperindah perkarangan rumah kamu. Bunga Telang ini dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam dalam keperluan seperti sebagai pewarna makanan, kue serta sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Baca Juga  Tips Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Bunga telang tidak akan lepas dari berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yaitu seperti untuk dapat mengobati gangguan penglihatan mata, mengobati bisul, mengobati batuk, serta dapat meningkatkan fungsi kognitif, mencegah penyakit jantung, mengurangi rasa cemas dan mengurangi diabetes.  jika kalian masih penasaran maka kalian dapat mengikuti tahap penanaman Bunga Telang dari awal hingga akhir.

1. Mempersiapkan Bibit Bunga Telang

Mempersiapkan Bibit Bunga Telang

Telang mempunyai nama ilmiah Asian pigeonwings dan sering dijumpai di tepi hutan. Tanaman ini tergolong tanaman rambat berbunga, Untuk dapat membudidayakannya di rumah, Maka langkah pertama kamu perlu untuk mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu. Bibit telang dapat kamu dapatkan di toko bunga ataupun di e-commerce. Setelah bibit kamu dapatkan, maka kamu dapat memulai untuk memisahkan bibit yang layak dengan yang kurang layak. Caranya, denganrendam bibit Bunga Telang di dalam air selama 3 sampai 5 menit. Jika ada bibit Bunga Telang yang mengapung, maka segera kamu singkirkan dari wadah karena kualitasnya rendah tidak bagus. Lanjutkan perendaman bibit Bunga Telang yang tenggelam hingga 7 sampai 12 jam, supaya proses dolmansi benih berhenti dan Bunga Telang dapat bertunas lebih mudah.


2. Penyemaian Bibit Telang

Penyemaian Bibit Telang

Sambil menantikan bibit Bunga Telang kamu dapat sambil memulai untuk menyiapkan media semai. Siapkan dan campuran tanah, pasir atau sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Atau, gunakan campuran humus dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1. Lalu sediakan wadah berupa nampan, tray, kaleng bekas, atau polybag.

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  • Lubangi pada bagian bawah wadah untuk sirkulasi air yang lancar
  • Isi wadah dengan media semai hingga terisi ¾
  • Siapkan bibit Bunga Telang yang sudah direndam dan kering dengan secara alami
  • Tanam bibit Bunga Telang dengan kedalaman kurang lebih 0,8 sampai 1,2 cm dari permukaan media semai.
  • Semprot pada permukaan media semai dengan spray air, lalu tutup bagian atasnya dengan plastik bening berlubang
  • Simpan wadah di tempat teduh, pastikan media semai selalu dalam kondisi lembap
Baca Juga  Cara Menanam Rumput Aquascape

Bibit bunga telang akan dapat mulai bertunas dalam jangka waktu sekitar 2 sampai 7 hari. Jika benih Bunga Telang sudah mulai tumbuh selama lima minggu dan mengeluarkan 2 sampai 5 helai daunBunga Telang, maka bibit Bunga Telang sudah siap untuk kamu tanam.


3. Pemindahan Bibit Siap Tanam Bunga Telang

Pemindahan Bibit Siap Tanam Bunga Telang

Sekarang, bibit Bunga Telang sudah siap untuk dapat dipindahkan ke dalam pot yang ukurannya lebih besar. supaya tampilannya akan lebih menawan, kamu dapat coba dengan menghias pot bunga dengan berbagai motif yang estetik yang kamu sukai. Setelah kamu sudah menentukan pot yang akan digunakan untuk Bunga Telang, kamu dapat melakukan langkah sebagai berikut:

  • Letakkan pada batu-batu kecil di bagian dasar pot
  • Isi pot dengan campuran tanah, pupuk, dan sekam atau pasir dengan komposisi 2:1:1
  • Siapkan kayu atau besi sebagai media rambat dan pasang tegak lurus dengan jarak 4-8 cm
  • Ambil bibit di media semai beserta dengan akarnya dan tanam di pot

Ingat, jangan sampai ada bagian akar tanaman Bunga Telang yang lecet atau bahkan patah selama masa proses pemindahan, Dapatkan bibit bunga telang dengan berkualitas dengan harga yang terjangkau.


4. Perawatan Tanaman Telang

Perawatan Tanaman Telang Hingga Berbunga

Tahap selanjutnya dalam perawatan ini mencangkup pada proses penyiraman, pemupukan, pengendalian hama, dan lainnya. Proses penyiraman dapat kamu lakukan pada saat di pagi dan sore hari. Namun, jika media tanam Bunga Telang cenderung lembap atau tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung, maka sebaiknya cukup lakukan satu kali pada saat di pagi atau sore hari. Kemudian, kamu dapat melakukan pemupukan dua minggu sekali, sehingga kamu dapat memberi pupuk organik cair ataupun pupuk kalsium.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Pohon Fragrans

Kamu juga harus mengikat secara halus pada tanaman Bunga Telang ke arah media rambat jika Bunga Telang sudah tumbuh cukup tinggi. Maka kamu jangan sampai lupa untuk dapat siangi area dekat akar dengan secara rutin dan lakukan masa pengendalian hama dan penyakit tanaman Bunga Telang. Hal ini dilakukan supaya tanaman Bunga Telang tidak mati sebelum akan berbunga.


5. Masa Panen Bunga Telang

5. Masa Panen Bunga Telang
Kelopak bunga pada umumnya akan dapat muncul setelah tanaman Bunga Telang berusia lebih dari 40 hari. Oleh karena itu, masa panen Bunga Telang dapat berada di antara 49 sampai 73 hari setelah tanam Bunga Telang. Sementara untuk bagian kelopak Bunga Telang yang dapat dipanen kamu dapat menjual ataupun memakainya sebagai bahan campuran masakan.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Bunga Telang semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba Menanam Bunga Telang, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :