Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Bunga Sedap Malam “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman pada tanaman bunga sedap malam… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

           Budidaya Sedap Malam (Polianthes tuberose L)

Tanaman bunga sedap malam atau yang biasa disebut denngan nama ilmiahnya Polianthes tuberose L, termasuk jenis tanaman bunga yang masuk kedalam suku Asparagalus dan famili Agavaceae. Tanaman bunga sedap malam sendiri memiliki kurang lebih sekitar 12 spesies dari genus Polianthes. Tanaman bunga sedap malam dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang berada pada dataran rendah dengan ukuran ketinggian daerah sekitar 700 sampai dengan 1.500 meter di atas permukaan laut. Tingkat pH tanah yang baik untuk hidup tanaman bunga sedap malah adalah pada kadar pH tanah sekitar 5 sampai dengan 5,7 dan pada kondisi tanah yang gembur yang mengandung banyak humus dengan suhu udara sekitar yaitu 14 sampai dengan 27 C. Tanaman bunga sedap malam juga dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki curah hujan sekitar 1.900 sampai dengan 2.600 mm/ tahun dengan kondisi drainase yang baik.

                         Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberose L)

Tanaman bunga sedap malam memiliki ciri – ciri morfologi tanaman, pada bagian akar tanaman bunga sedap malam memilliki serabut yang keluar dari batang utama tanaman yang dapat menyebar pada segala arah sampai dengan ukuran kedalaman sekitar 40 sampai dengan 60 cm. Bagian batang pada tanaman bunga sedap malam terdiri dari 2 bagian yaitu batang utama dan batang semu, batang utama berwarna putih kotor sampai dengan hijau muda dan memiliki bentuk yang lurus yang terdapat tangkai daun serta ditumbuhi oleh perakaran halus sedangkan pada batang semu memiliki bentuk yang dapat berubah yang berguna sebagai penyimpanan cadangan makanan. Pada bagian daun tanaman bunga sedap malam memilliki bentuk yang panjang dan pipih yang berwarna hijau mengkilat di bagian atasnya dan berwarna hijau muda di bagian bawah permukaan daun tanaman tersebut, serta daun pada tanaman bunga sedap malam memiliki bintik – bintik yang berwarna kemerah – merahan. Pada bagian tangkai bunga tanaman bunga sedap malam memiliki ruas – ruas yang memiliki bentuk yang panjag dan pipih dengan ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran daun yang biasa, pada tiang tangkai bunga dapat melekat sekitar 1 sampai dengan 5 kuntum bunga atau bahkan lebih yang mekarnya tidak secara bersamaan. Pada bagian bunga tanaman bunga sedap malam memiliki warna bunga yang berwarna putih sedikit kemerah – merahan yang memiliki bentuk yang menyerupai dnegan bunga melati serta terdapat sekitar 5 sampai dengan 6 jari kerucut yang pada bagian tengahnya berwarna kuning, bunga sedap malam sendiri mekar pada saat malam hari.

Baca Juga  Cara Menanam Jintan Dengan Mudah

 

Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam menanam tanaman bunga sedap malam, yaitu:

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman bunga sedap malam adalah pada tahapan proses persiapan bibit tanaman. Bibit tanaman bunga sedap malam yang baik digunakan adalah berupa umbi. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses persiapan bibit tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah umbi tanaman yang sudah tua yang memiliki umur sekitar 1,5 tahun dengan ukuran tinggi umbi tanaman sekitar 1 sampai dengan 2 cm.
  2. Potonglah akar – akar yang ada pada umbi tanaman tersebut.
  3. Lakukan pengeringan umbi tanaman dengan kurun waktu sekitar 3 sampai dengan 4 minggu.
  4. Lakukanlah penyimpanan bibit tanaman selama kurun waktu sekitar 1 bulan penuh.
             Bibit Bunga Sedap Malam

 

  1. Proses Persiapan Media Tanam

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan bibit tanaman dalam budidaya tanaman bunga sedap malam, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan proses persiapan media tanam. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam persiapan media tanam adalah:

  1. Persiapkan pot atau polybag.
  2. Persiapkanlah campuran tanah, aranng sekam dan pupuk dengan komposisi perbandingan 1 : 1 : 1.
  3. Masukan media tanam tersebut ke dalam pot atau polybag.
  4. Pastikan pot atau polybag yang digunakan memiliki lubang – lubang drainase yang baik.
                                            Media Tanam

 

  1. Proses Penanaman Bibit Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan media tanam tanaman dalam budidaya tanaman bunga sedap malam, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan proses penanaman bibit tanaman. Buatlah lubang tanam dengan ukuran kedalaman lubang tanam sekitar 5 cm pada media tanam tersebut. Masukkanlah umbi tanaman ke dalam lubang tersebut lalu tutuplah lubanng kembali serta lakukanlah penyiraman seperlunya. Kemudian letakan pot atau polybag tersebut pada tempat yang terkena cukup paparan sinar matahari secara langsung.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Matahari

 

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses penanaman bibit tanaman dalam budidaya tanaman bunga sedap malam, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan proses perawatan tanaman. Proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman bunga sedap malam dapat dilakukan dengan cara penyiraman, pemupukan dan pemberantasan hama dan penyakit. Penyiraman dapat dilakukan dengan inntensitas penyiraman sekitar 2 kali dalam 1 hari yaitu pada waktu pagi dan sore hari, ketika tanaman sudah mulai mengeluarkan tunas tanaman tersebut intensitas penyiraman tanaman sudah harus mulai dikurangi menjadi sekitar 1 kali sehari. Pemupukan dapat dilakukan ketika tanaman bunga sedap malam telah berumur sekitar 6 bulan setelah masa tanam tanaman dengan menggunakan jenis pupuk organik seperti pupuk kandanng ataupun pupuk kompos atau juga dapat menggunakan campuran pupuk buatan seperti halnya dengan pupuk TSP dan pupuk urea yang memiliki komposis perbandingan sekitar 1 : 1 dengan intensitas pemberian pupuk pada tanaman bunga sedap malam sekitar beberapa minggu sekali. Pemberantasan hama dan penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pestisida.

                                        Perawatan Bunga Sedap Malam
  1. Proses Panen Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman bunga sedap malam, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses panen tanaman. Proses pemanenan tanaman dalam budidaya tanaman bunga sedap malam dapat dilakukan ketika tanaman bunga sedap malam sudah berumur sekitar 7 sampai dengan 8 bulan pada saat itu kuntum bunga sudah mulai bermunculan. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memisahkan tangkai bunga dari rumpun tanaman dengan cara menariknya atau memotongnya, akan tetapi jangan sampai akar tanaman bunga sedap malam tersebut rusak, supaya tanaman bunga sedap malam tetrsebut dapat tumbuh kembali.

Baca Juga  Cara Menanam Kacang Tanah
                                                Panen Sedap Malam

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Bunga Sedap Malam “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya