Cara Menanam Buah Duku

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Buah Duku “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman pada tanaman buah duku… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

                  Budidaya Buah Duku (Lansium domesticum)

Tanaman buah duku atau yanng sering disebut dengan nama ilmiahnya Lansium domesticum merupakan jenis tanaman buah yang dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang berada pada dataran rendah hingga ketinggian mencapai sekitar 600 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan sekitar 2.000 sampai dengan 3.000 mili meter dalam per tahunya serta pada keadaan suhu udara sekitar 25 C. Tanman buah duku juga dapat tumbuh dengan baik pada lahan tanaman dengan tanah yang memiliki jenis tanah seperti tanah latosol, podsolik kuning, atau juga pada jenis tanah aluvia. Tanaman buah duku memilliki ciri – ciri morfologi tanaman, pada bagian akar tanaman duku memiliki sistem perakaran tunggang yang dapat tumbuh menancap pada tanah dengan akar tanaman yang berbentuk silindris serta memiliki banyak cabang – cabang akar atau rambut – rambut akar yang memiliki fungsi untuk memperluas penyerapan air dan unsur hara yang ada di dalam tanah serta untuk dapat memperkokoh tanaman tersebut. Pada bagian batang tanaman duku memiliki ukuran ketinggia batang tanaman yang dapat mencapai sekitar 20 meter dengan ukuran diameter batang tanaman sekitar 36 sampai dengan 40 cm, dengan batang tanaman yang berbentuk silindris yang memiliki sistem percabanngan monopodial, pada batang tanaman duku memiliki struktur batang yang beralur – alur dengan kulit batang yang berwarna coklat kehijauan atau juga berwarna keabu – abuan yang memiliki getah batang berwarna putih, pada kulit batang memiliki struktur yanng tidak terlalu tebal dan sulit untuk dikelupas, batang tersebut dapat tumbuh dengan tegak lurus sedangkan rantingnya tumbuh ke atas. Pada bagian daun tanaman buah duku memiliki daun yang berjenis majemuk dengan jumlah daun ganjil yang tersusun berselang – seling yang pada setiap daunnya memiliki sekitar 5 sampai dengan 7 helai anak daun yang masing – masingnya berbentuk ellips yang memanjang dengan pinnggiran daun rata, pada ujung daun meruncing, untuk bagian permukaan daun tanaman duku sendiri berwarna hijau tua atau terkadang juga dapat berwarna sedikit kekuningan. Pada bagian bunga tanaman duku memiliki warna yang berwarna hijau atau kekkuningan yang berukuran kecil dan memilliki tangkai yang pendek dan berbentuk mangkuk. Pada bagian buah tanaman duku memiliki buah yang berbentuk bulat dengan ukuran diamter buah sekitar 2 sampai dengan 4 cm yang berwarna hijau ketika buah masih muda dan berwarna kuning ketika buah sudah tua. Pada bagian biji tanaman duku memiliki jumlah biji yang tergantung pada jumlah daging buah yang ada dala 1 buah duku tersebut, biji tanaman buah duku memiliki biji yang berukuran kecil namun ada juga yang memiliki ukuran yang besar yang berbentuk lonjong serta pipih namun ada juga yang memiliki ukuran yang sedikit bulat dengan biji yang berwana coklat tua dan jika digigit terasa pahit.

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Talas Colocasia

 

Berikut ini adalah hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman buah duku, yaitu:

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman buah duku adalah pada tahapan proses persiapan bibit tanaman buah duku. Perbanyakan tanaman buah duku sering dilakukan dengan mennggunakan biji dari buah duku tersebut. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses persiapan bibit tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Dapat dilakukan dengan memanfaatkan biji duku yang tumbuh disekitar pohon duku tersebut.
  2. Pindahkanlah tunas biji – biji tersebut ke dalam polybag semai sampai dengan bibit duku tersebut memiliki ukuran ketinggian sekitar 1 meter.
  3. Setelah bibit tersebut sudah siap untuk dilakukan penanaman, bibit dapat dipindahkan ke lahan panen yang disiapkan.
                                  Bibit Buah Duku

 

  1. Proses Persiapan Lubang Tanam

Setelah melakukan tahapan proses persiapan bibit tanam dalam budidaya tanaman duku, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan persiapan lubang tanam. Buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang tanam sekitar 61 cm x 61 cm x 61 cm dengan ukuran ke dalaman lubang tanam sekitar 65 sampai dengan 80 cm. Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran jarak antar lubang tanam sekitar 8 meter x 8 meter untuk dapat memberikan ruang tumbuh bagi tanaman duku. Lakukan pengisian lubang tanam dengan menggunakan pupuk kandang sekitar 2/3 bagian dapat terisi dan diamkan lubang tanam sekitar 1 sampai dengan 2 bulan sebelum lubang tersebut digunakan.

                                           Lubang Tanam

  1. Proses Penanaman Bibit

Setelah melakukan tahapan proses persiapan lubang tanam dalam budidaya tanaman duku, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan penanaman bibit tanam. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah plastik pada polybag secara perlahan jangan sampai tanah persemaian tersebut hancur.
  2. Masukan bibit tanam pada lubang tanam yang telah dipersiapkan.
  3. Tutuplah lubang tanam tersebut dengan menggunakan tanah yang ada disekitar lubang tanam tersebut.
  4. Lakukanlah penyiraman pada lubang – lubang tanam yang suda ditanami bibit – bibit tanaman tersebut.
Baca Juga  Cara Menanam Buah Pir

 

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan proses penanaman bibit tanaman dalam budidaya tanaman duku, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan perawatan tanaman buah duku. Proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah duku dapat dilakukan dengan cara: penyiangan, penyulaman, pemupukan dan pemangkasan. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan tanaman dari gulma atau tanaman liar yang mengganggu tanaman duku, penyiangan dapat dilakukan mulai dari tanaman baru ditanam ketika tanaman masih kecil. Penyulaman dilakukan dengan menggantikan tanaman yang layu atau mati dengan tanaman yang baru. Pemmupukan dapat dilakukan secara berkala dengan intensitas pemupukan sekitar 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang atupun pupuk kompos. Sedangkan proses pemangkasan dapat dilakukan ketika tanaman sudah mulai tinggi

  1. Proses Panen Tanaman

Setelah melakukan tahapan proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman duku, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan panen tanaman buah duku. Proses panen tanaman dalam budidaya tanaman buah duku dengan menggunakan biji dapat dilakukan ketika tanaman sudah berumur sekitar 12 tahun dan jika menggunakan sistem cangkok dapat dipanen ketika tanaman berumur sekitar 5 sampai dengan 8 tahun tergantung dengan jenis perawatan yang diberikan pada tanaman duku tersebut. Proses pemanenan buah duku dapat dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau ataupun gunting.

                                     Panen Buah Duku

 

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Buah Duku “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Langsat

 

Berikut Artikel Terkait Lainnya