Cara Menanam Buah Delima

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Buah Delima “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman pada tanaman buah delima… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

                  Budidaya Buah Delima (punica granatum)

Tanaman buah delima atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya punica granatum merupakan jenis tanaman subtropik yang dapat bertahan hidup pada suhu musim dingin yang rendah mencapai sekitar -10° C. Di daerah Asia Tenggara sendiri tanaman delima dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian mencapai sekitar 1.600 meter diatas permukaan laut. Sedangkan pada daerah dataran rendah tanaman buah delima dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ukuran ketinggian maksimal sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Kondisi tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman buah delima adalah pada kondisi tanah yang gembur yang tidak terendam oleh air, akan tetapi untuk jangkauan akar terhadap air tanah juga tidaklah begitu dalam. Tanaman buah delima memiliki ciri – ciri morfologi tanaman, Pada bagian batang tanaman delima dapat tumbuh dengan mencapai ketinggian sekitar 3,5 meter sampai dengan 5 meter, batang tanaman delima memiliki batang yang berwarna coklat ketika tanaman masih muda dan ketika tanaman delima sudah tua berwarna hijau kotor, batang tanaman delima berkayu yang terdiri dari percabangan dengan jumlah cabang yang banyak dengan ranting tanaman yang berbentuk persegi. Pada bagian daun tanaman delima memiliki jenis daun tunggal dengan memilliki tangkai daun yang berukuran pendek dan dapat tumbuh dengan berkelompok dengan ukuran panjang daun sekitar 2 sampai dengan 9 cm dan ukuran lebar daun sekitar 0,5 sampai dengan 2,5 cm, daun tanaman delima memiliki benntuk yang berbentuk lonjong atau lanset dengan pangkal daun yang memiliki bentuk yang lancip, ujung daun yanng tumpul dan sisanya berbentuk rata dengan sistem pertulanngan daun yang menyirip. Pada bagian bunga tanaman delima memiliki jenis bunga tunggal yang bertangkai pendek yang biasanya tumbuh pada ujung ranting. Pada bagian buah tanaman delima memiliki bentuk buah yang berbentuk seperti dengan buah buni yang memiliki ukuran diameter buah sekitar 6 sampai dengan 12 cm yang warna buahnya memilliki warna yang bervariasi yang dapat dilihat dari warna bunnganya, kulit buat delima dipenuhi dengan bercak – bercak dengan warna yanng lenih tua jika dibandingkan dengan warna dasar pada kulit buahnya, pada daging buahnya memiliki banyak kandungan air serta memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Pada bagian biji tanaman buah delima memiliki biji yang jumlah bijinya cukup banyak dengan berbagai macam bentuk bijinya dari yang berbentuk bulat, oval, sedikit persegi sampai dengan yang berbentuk pipih dengan ukuran biji yang kecil serta tekstur biji yang keras dan tidak beraturan.

Baca Juga  Cara Menanam dan Merawat Tanaman Blewah
                             Buah Delima (punica granatum)

 

Berikut ini adalah hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman buah delima adalah sebagai berikut:

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman buah delima adalah pada proses persiapan bibit tanaman. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses persiapan bibit tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Benih atau bibit tanaman dapat diperoleh dengan mudah yaitu dengan cara mencangkok dari pohon induk yang memiliki kualitas yang baik ataupun dapat diperoleh dari biji tanaman delima langsung dengan dikeringkan dan melakukan proses persemaian tanaman.
  2. Persiapkan media tanam dengan campuran tanah gembur dan pupuk kompos ataupun pupuk kandang dan sekam dengan komposisi perbandingan sekitar 2 : 1 : 1.
  3. Setelah benih tersebut tumbuh tunas dengan ketinggian sekitar 6 sampai dengan 10 cm maka sudah dapat dipindahkan pada lahan tanam.
                                            Bibit Biji Delima

 

  1. Proses Persiapan Lahan Tanam

Setelah melakukan proses persiapan bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah delima, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan proses persiapan lahan tanam. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses persiapan lahan tanam adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah lokasi yang memiliki cukup pencahayaan yang baik.
  2. Pilihlah lokasi tanam yang memiliki tanah yang gembur, jika tanah yang akan digunakan belum cukup gembur perlu dilakukan pencangkulan ataupun pembajakan lahan tanam.
  3. Lakukanlah pemupukan awal dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.
  4. Perhatikanlah pH tanah, jika pH tanah kurang dari 6 tambahkanlah zat kapur hal ini bertujuan agar pH tanah dapat naik menjadi 6.
  5. Jika tanaman dilakukan penanaman dengan menggunakan pot, dapat memilih pot dengan diameter ukuran pot sekitar 20 sampai dengan 30 cm.
  6. Lakukan pengisian pot tersebut dengan campuran tanah dan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.
  1. Proses Penanaman Bibit Tanaman
Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Kapulaga

Setelah melakukan proses persiapan lahan tanam dalam budidaya tanaman buah delima, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan proses penanaman bibit tanaman. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses penanaman bibit tanman adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah lubang tanam pada lahan tanam yang telah disiapkan.
  2. Buatlah jarak antar lubang tanam dengan ukuran jarak sekitar 1 meter pada setiap lubang tanam.
  3. Masukan bibit tanam pada lubang tanam yang telah disediakan.
  4. Tutup lubang tanam dengan campuran tanah yang telah dipersiapkan, lalu padatkan tanah tersebut.
  5. Jika menggunakan pot tanam, dapat langsung menanam bibit tanaman ke dalam lubang tanam pada pot tersebut.
                           Menanam Bibit Delima Dalam Pot

 

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan proses penanaman bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah delima, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan proses perawatan tanaman. Proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah delima dapat dilakukan dengan cara: Penyiraman, pemupukan, penyiangan dan pemberantasan hama dan penyakit tanaman. Penyiraman dapat dilakukan dengan intensitas penyiraman 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Penyiangan dapat dilakukan 2 minggu sekali yang dapat dibarengi dengan pemupukan. Serta melakukan pemberantasan hama dan penyakit tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pestisida.

  1. Proses Panen Tanaman

Setelah melakukan proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah delima, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalaha pada tahapan proses panen tanaman. Proses panen tanaman buah delima dapat dilakukan ketika tanaman berumur sekitar 3 tahun setelah masa tanam tanaman, yang biasanya panen berlangsung pada bulan Agustus sampai dengan bulan September.

                                       Panen Buah Delima

 

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Buah Delima “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Menanam Buah Naga

Berikut Artikel Terkait Lainnya