Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Kambing Etawa pada saat masih unggul dari harga pasar baik dipulau jawa maupun diluar pulau jawa sekalipun, Kambing Etawa ini sangat baik untuk diternakan dimanapun. Kambing Etawa ini sangat banyak dijumpai dipeternakan-peternakan di daerah jawa timur dan jawa tengah. Jenis kambing Etawa juga gampang dalam perawatan, Kambing Etawa ini dapat diberi makan dengan menggunkan rumput alami atau pakan buatan dari hasil fermentasi yang telah dibuat oleh para peternak.

Dalam dunia beternak Kambing, Kambing Etawa masih dominan menjadi jenis kambing yang paling terkenal dan sangat diminati dipasaran karena Kambing Etawa ini mempunyai banyak manfaat diantarnya merupakan sebagai Kambing perah dan Kambing kontes. Namun dengan perkembangan jaman untuk masalah pakan maka saat ini para peternak tidak usah repot-repot lagi untuk mencari rumput untuk pakan kambing etawa, pada saat ini sudah banyak sekali penjual makanan kambing yang dibuat secara khusus dalam bentuk Voer yang dapat menjadi pakan alternatif untuk kambing etawa.

Jika kalian makin penasaran dengan cara ternak kambing etawa tanpa ngarit maka teman-teman wajib membaca artikel ini karena saya akan menuntun kamu dalam ternak kambing etawa tanpa ngarit, Karena saya akan berbagi informasi megnenai cara ternak kambing etawa tanpa ngarit yang baik supaya dapat cepat untung dan sukses, tentunya.

Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit


Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit

Usaha ini sangatlah mudah untuk dijalankan dan sederhana hanya saja mencakup tentang kandang, pakan, minum, dan mengobati pada saat kambing etawa terkena penyakit.  Jika Beternak Kambing Etawa yang sobat jalankan dengan cara yang benar maka bukan tidak mungkin maka hasilnya akan maksimal maka sobat akan memperoleh pada saat panen nanti. Baiklah dibawah ini merupakan langkah dan cara lengkap yang harus dikerjakan jika ingin sukses beternak Kambing Etawa tanpa ngarit.

Baca Juga  Cara Ternak Kroto di Toples

1. Bibit Kambing Etawa

Bibit Kambing Etawa

Bibit adalah suatu pondasi penting dalam dunia peternakan, bibit ini perlu ada karena inilah yang akan menjadi sebuah modal kedepannya. Bibit ini juga sangat mempengaruhi pada sebuah keberhasilan ternak binatang jenis apapun. Untuk itu bibit perlu menentukan dari yang terbaik/unggul, bibit Kambing Etawa yang unggul akan sangat baik untuk modal utama sebuah usaha beternak Kambing Etawa. Untuk dapat beternak Kambing Etawa maka kamu memerlukan bibit indukan Kambing Etawa yang baik supaya nantinya keturun Kambing Etawa yang akan dihasilkan akan berkualitas dan mempunyai harga pasar yang sangat tinggi untuk dijualnya.

Ciri-ciri bibit Kambing Etawa yang bagus untuk kita ternakan. Berikut ini adalah ciri-ciri induk Kambing Etawa yang unggul :

  • Kambing Etawa Betina Bersifat cukup jinak atau cenderung tidak galak, mempunyai bentuk pada kaki-kaki lurus, terdapat 2 puting susu, bentuk tubuh yang secara proporsional dan juga simetris lurus, tumit terlihat cenderung tinggi dan pastinya sehat tanpa adanya cacat pada seluruh kondisi tubuh Kambing Etawa.
  • Kambing Etawa Penjantan, Mempunyai bentuk punggung yang lurus dan tidak bengkok  akan tulangannya,ukuran tubuh Kambing Etawa yang cenderung besar dan sangat gagah, terlihat lebih kokoh, pada usia 1,5 tahun atau lebih, sehat dan pastinya juga tanpa cacat  pada seluruh kondisi tubuh Kambing Etawa.


2. Lokasi kandang Kambing Etawa yang Baik

Lokasi kandang Kambing Etawa yang Baik

Jika kamu masih bingung dalam menentukan kandang yang tepat buat beternak kambing etawa maka kamu dapat bertanya dari para peternak yang sudah berpengalaman karena dalam pembangunan ini sifatnya juga tidak asal sembarangan. Kandang harus ditempat yang mempunyai kelembapan area, banyaknya stok makanan, dan kandang harus aman dari hama/pemangsa, namun pada umumnya kandang kambing etawa harus jauh dari pemukiman dan terhindar dari lalu lalang kendaraan, karena kambing etawa mudah untuk tress jika kandang dekat dengan pemukiman penduduk.

Baca Juga  Cara Ternak Ayam Kalkun

3. Pakan Kambing Etawa

Pakan Kambing Etawa

Pemberian pakan dalam sebuah usaha beternak kambing etawa ini sifatnya sangat penting dan perlu adanya. Pakan hal terpenting dalam kelangsungan makhluk hidup, pakan inilah yang akan membuat kambing etawa dapat berkembang dengan baik. Kambing kambing etawa juga memerlukan asupan pakan yang baik dan mempunyai kandungan gizi yang cukup supaya hidup dan berkembang dengan optimal. Pakan untuk kambing etawa harus mengandung beberapa elemen yaitu vitamin, protein, karbohidrat, dan juga mineral.

Pemberian pakan seprti ini dapat dengan menggunakan pakan rerumputan, namun sebagai alternatif tanpa kamu harus ngarit di ladang maka alternatif untuk dapat memberi pakan kambing etawa penggantinya dapat juga diberikan dengan Voer, komboran bekatul kualitas A. Dengan diberikan pakan seperti ini maka Kambing Etawa akan berkembang dalam pembentukan daging, jika memungkinkan dapat diberi pakan tambahan berupa ampas tahu, ampas singkong, atau bahan sisa organik lainnya yang murah dan gampang untuk didapat.

Dalam Pemberian pakan kambing etawa sebaiknya diberikan sebanyak 2 kali sehari pada saat menjelang sore hari dan pada saat pagi hari dengan pemberian minum air bersih minimal 2 liter/hari. Jika kambing etawa susah untuk minum maka dapat ditambahkan dengan menggunkan garam beryodium secukupnya supaya Kambing dapat menyukai minumannya yang telah kita berikan.


4. Pencegahan Penyakit Kambing Etawa

Pencegahan Penyakit Kambing Etawa

Sebaiknya kamu dapat menyediakan hal ini terlebih dahulu yaitu beberpa jenis obat-obatan untuk mengantisipasi bila Kambing Etawa terserang oleh penyakit dan memudahkan kamu dalam penanganan pada saat Kambing sudah terjangkit oleh penyakit. sehingga kambing bisa langsung kamu obati tanpa harus mencari obat yang membutuhkan waktu yang cukup lama.


5. Panen Kambing Etawa

Panen Kambing Etawa

Jika telah memasuki pada tahap panen kambing etawa dan memperoleh keuntungan maka kamu dapat saya katakan dalam ternak Kambing Etawa yang kamu kerjakan telah berhasil dan hanya wajib untuk mengembangkan-dan mengembangkan nya lagi sampai menjadi usaha peternak kambing etawa yang sukses.

Baca Juga  Cara Budidaya Cacing Sutra

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit yang Baik dan Benar Agar Cepat Sukses Untuk Pemula dalam Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit. semoga teman-teman yang telah membaca mendapat wawasan tambahan terkait dengan Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit,Itu saja yang dapat saya sampaikan sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :