Cara Merawat Ayam

Diposting pada

Anekabudidaya.Com –  Terdapat berbagai jenis ayam yang dapat dipelihara oleh kalian, mulai dari jenis ayam petelur sampai dengan ayam petarung. Ayam adalah jenis ayam yang dapat dimanfaatkan telur dan dagingnya sehingga sudah banyak sekali para peternak yang telah menjadikan bisnis ayam sebagai lahan pencarian mereka.

Dalam merawat ayam petelur dengan ayam petarung pastinya sangat berbeda, walaupun pada umumnya mereka serupa. Cara dalam merawat ayam pastinya yang pertama harus diperhatikan ialah terkait dengan kebersihannya, baik secara kebersihan akan kandang maupun kebersihan ayamnya yang akan di pelihara. Buat kamu yang membutuhkan tips mengenai cara merawat ayam, artikel ini akan membahasnya dengan lengkap yang dapat kamu pelajari sendiri.

Cara Merawat Ayam


Cara Merawat Ayam

Pada umumnya, setiap orang mempunyai cara dalam merawat ayam tersendiri tergantung jenis ayam yang mereka pelihara. Namun saya akan menerangkan cara merawat ayam pada umumnya yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

1. Pilih Kandang Tepat

Pilih Kandang Yang Sesuai

Apabila kamu menentukan dalam memelihara ayam, pastinya telah memahami bahwa kandang ayam perlu disesuaikan dengan umur ayam yang kamu miliki. Siapkan kandang yang berbeda buat anak ayam dan induknya dan dalam perawatannya sendiri juga sangat berbeda.  Jika kamu akan memelihara ayam yang baru menetas, letakan di kandang yang dilengkapi lampu untuk menjaga anak ayam dengan suhu tetap hangat. Jika telah berusia 2 bulan, maka ayam dapat dipindahkan di kandangnya sendiri yang lebih besar.


2. Memberi Pakan Ayam

Memberi Pakan Ayam

Cara dalam merawat ayam dari kecil harus dapat diperhatikan mengenai pakan yang akan diberikan. Pakan ini dapat diberikan sebagai sumber energi dan berpengaruh pada perkembangan ayam yang kamu pelihara. Kamu bisa menyesuaikan takaran pakan dengan berat badan dari si ayam yang kamu miliki. Jenis pakannya juga perlu disesuaikan dengan umur dari ayam. kamu dapat memberikan suplemen atau vitamin tambahan sejak ayam berusia 1 bulan sehingga daya tahan tubuh ayam akan terjada dari penyakit yang akan menyerang.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Tongkol

3. Mandikan Ayam

Mandikan Ayam

Supaya kebersihan ayam dapat terjaga dengan baik, Maka kamu harus memandikannya ayam dengan secara rutin sehingga tetap bersih dan jauh dari penyakit yang akan menggangu kesehatan ayam milik kamu. Tidak hanya dalam memandikan ayam, Kamu juga perlu untuk membersihkan kandang ayam agar tidak ada sumber penyakit yang sebagai penyebab ayam jatuh sakit. Jdalam memandikan ayam yang baik dan benar adalah di saat pagi hari pada pukul 8. memakai air bersih namun jangan air hangat dan jangan disabun supaya bulu tidak rusak untuk ayam itu sendiri.


4. Jemur Ayam

Jemur Ayam

Perawatan untuk ayam umumnya dapat dilakukan dengan cara menjemurnya setelah dimandikan. Ayam yang dijemur ini bermaksud agar dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada tubuh ayam. Caranya dengan memasukkan ayam ke dalam kurungan yang berbentuk bulat dengan bagian bawahnya sudah diberi alas kayu serta bebatuan supaya ayam tidak kotor lagi. Jemur ayam dari setelah dimandikan sampai dengan 2 jam Selanjutnya dapat sinar matahari yang mengandung vitamin D yang baik untuk ayam kamu.


5. Perawatan Harian Ayam

Perawatan Harian Ayam

Dalam perawatan ayam yang intensif juga diharuskan untuk ayam dari kecil sampai dengan berusia 6 bulan dan seluruhnya dapat dilakukan di kandang agar dapat mencegah kehilangan energi yang seharusnya dalam masa perkembangan. Latih juga ayam tersebut di umur 6 sampai 7 bulan karena mereka telah melewati proses perkembangan badan yang telah dimaksimalkan pada umur sebelumnya.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Ayam yang baik dan benar dengan kalian merawat Ayam yang benar penuh dengan ketekunan maka ayam yang kamu pelihara akan sehat selalu dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan artikel Cara Merawat Ayam, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Baca Artikel Lainnya :