Cara Merawat Ayam Bangkok

Diposting pada

Anekabudidaya.ComAyam jago merupakan untuk semua jenis ayam yang berjenis kelamin jantan. Semua jenis ayam memang mempunyai kelebihan secara masing-masing akan tetapi ada beberapa jenis ayam yang memiliki kekuatan dalam gaya petarung masing-masing.

Ayam jantan atau yang lebih diketahui dengan kata ayam jago memang suka dijadikan sebagai ayam petarung karena lebih kuat dan lebih gagah. Dari semua jenis spesies ayam jago, ayam jago jenis Bangkoklah yang dinilai mempunyai kualitas bagus. Hal inilah yang membuat jenis ayam Bangkok banyak dijadikan sebagai ayam aduan bahkan mempunyai banyak peminat. Namun, telah kamu ketahui cara dalam merawat ayam Bangkok petarung .

Cara Merawat Ayam Bangkok


Cara Merawat Ayam Bangkok

Merawat ayam bangkok sebetulnya sangat gampang hanya saja kamu harus telaten dalam menjalankan pekerjaan yang satu ini, banyak orang yang memiliki hobi dalam merawat ayam bangkok akan tetapi dalam jangka waktu satu minggu mereka sudah merasa jenuh dengan hobi yang sedang di jalani.  Berikut ini merupakan cara yang harus diperhatikan pada saat merawat ayam jago bangkok milik kamu.

1. Pakan Ayam Bangkok

Pakan Ayam Bangkok

Dalam memberi makan ayam bangkok yang bagus ialah dengan takaran pakan yang dapat disesuaikan dengan berat badan si ayam milik kamu, seperti ayam bangkok dengan berat badan 3 sampai 4 kg sehingga pakan yang perlu diberikan 200 sampai 300 gram terhitung dalam setiap kamu memberi makan ayam bangkok.

Pakan ayam bangkok juga perlu untuk disesuaikan umumnya berbeda antara ayam bangkok yang masih kecil dan ayam yang telah besar. Bahkan untuk ayam bangkok yang sama-sama dewasa juga berbeda tergantung dengan kemauan kalau mau untuk dijadikan aduan biasanya ditambah pakan berupa jagung yang masih utuh digantung bertujuan untuk melatih paruh ayam bangkok supaya menjadi kuat dan lincah.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Sidat di Rumah

2. Memandikan Ayam Bangkok

Memandikan Ayam Bangkok

Waktu yang bagus dalam memandikan ayam bangkok ialah sekitar pukul 08:00 pagi tetapi tidak sedang dalam keadaan hujan. Cara dalam memandikan yang benar adalah dengan memakai air bersih dari sumur jangan memakai sabun, jangan memakai air hangat karena air tersebut bisa merusak jaringan pada perkembangan bulu pada ayam bangkok.


3. Penjemuran Ayam Bangkok

Penjemuran Ayam Bangkok

Sesudah kamu memandikan ayam bangkok selesai maka yang harus untuk dilakukan selanjutnya adalah dengan penjemuran dengan cara memasukkan ayam ke dalam kurungan yang berbentuk bulat dan jangan lupa kasih alas pada bagian bawahnya bisa di kasih kayu atau bebatuan hal itu bertujuan supaya si ayam tidak dapat guling-guling dan kotor kembali. Proses dalam penjemuran dapat dilakukan sampai pukul 11:00 saja karena pada saat itu sinar matahari mengandung vitamin D dalam bentuk inaktif yang sangat menolong dalam proses perkembangan tulang dan bulu ayam bangkok.


4. Latihan Fisik Ayam Bangkok

Latihan Fisik Ayam Bangkok

Latihan ini sangat wajib untuk dilakukan supaya memperoleh hasil yang diinginkan pada saat dalam pertandingan. Umumnya para petarung dapat melatih ayam bangkok mulai dari umur 7 sampai 8 bulan sedangkan pada umur 1 sampai 5 bulan pertama telah difokuskan dalam proses perkambangan badan ayam bangkok. Latihan fisik yang suka dilakukan dapat membuat ayam bangkok lebih terbiasa dalam bekerja keras, kuat dan tidak cepat lelah pada saat pertandingan berlangsung.


Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Merawat Ayam Bangkok yang baik dan benar dengan kalian merawat Ayam Bangkok yang benar penuh dengan ketekunan maka Ayam Bangkok yang kamu pelihara akan sehat selalu dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang, Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dengan artikel Cara Merawat Ayam Bangkok, Sekian dan terimakasih.

Baca Juga  Cara Ternak Ayam Bangkok

Baca Artikel Lainnya :