Cara Menanam Tanaman Lili Paris

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Tanaman Lili Paris “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman tanaman lili paris… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

                  Budidaya Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman lili paris atau yag biasa disebut dengan nama ilmiahnya Chlorophytum comosum merupakan jenis tanaman yang memili bentuk tanaman yang menyerupai rumput yang sering di jadikan sebagai tanaman hias. Walaupun tanaman lili paris memiliki bentuk yang menyerupai bentuk rumput, namun tanaman ini memiliki warna yang indah oleh sebab itu jugalah sering dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman lili paris disebut sebagai tanaman spider plant karena tanaman ini memiliki benntuk daun yang menyerupai rumput dengan daun yang melengkung seperti halnya degan kaki pada laba – laba, tanaman lili paris ini memiliki ukuran tanaman sekitar 10 cm sampai dengan 15 cm dengan ukuran lebar daun tanaman sekitar 5 cm. Tanaman llili paris ini juga pada bagian akarnya memiliki benntuk akar tanaman yang berbentuk memanjang dengan tekstur yang elastis seperti halnya degan kawat. Tanaman lili pasris ini dapat menggantung ke bawah jika tanaman ini ditanam dengan cara menggantung tanaman tersebut seperti halnya degan laba – laba. Tanaman lili paris ini memiliki bunga yang pada bagian bunganya berwarna putih. Tanaman llili paris dapat tumbuh dengan baik jika tanaman tersebut ditanam pada tempat yang teduh yang tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung, jika tanaman lili paris ini ingin ditanam pada kebun atau pekarangan harus menggunakan paranet untuk dapat melindungi tanaman dari paparan sinar matahari secara langsung, penyinaran yang baik untuk pertumbuhan pada tanaman lili paris adalah pada kondisi penyinaran sekitar 400 F. Tanaman lili paris baik ditanam pada daerah yang berada pada dataran rendah ataupun pada daerah yang berada pada dataran tinggi yang memiliki kondisi suhu udara yang dingin. Tanaman lili paris dapat tumbuh dengan baik pada kondisi udara siang hari sekitar 75 F sampai dengan 85 F sedangkan suhu udara pada malam harinya sekitar 65 F sampai dengan 70 F. Tanaman lili paris juga menyukai media tanam yang lembab namun yang tidak tergenang oleh air.

Baca Juga  Cara Menanam Jintan Dengan Mudah
              Tanaman Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman lili paris memiliki habitat asal yang berasal dari daerah yang berada pada kawasan Afrika Selatan. Tanaman lili paris memiliki ciri morfologi tanaman yaitu: pada bagian daun tanaman memiliki warna yang berwarna terang yang dipadu dengan warna hijau muda yang terletak pada bagian pinggi daunnya. Pada bagian batang tanaman lili paris memiliki batang tanaman dengan ukuran tinggi batang tanaman sekitar 10 cm. Pada bagian akar tanaman lili paris memiliki jenis akar dengan akar yang berjenis serabut serta memiliki umbi. Pada bagian bunga tanaman lili paris memiliki bunga yang berwarna putih yang bunga tersebut ditopang oleh tangkai tanaman yang berbentuk memanjang. Tanaman lili paris memiliki bagian biji tanaman yang cepat sekali berbijinya serta cepat tumbuh tunas tersebut. Tanaman lili paris juga memiliki banyak manfaat, seperti: sebagai pajangan bunga hias pada acara pernikahan, tanaman lili paris dapat juga dimanfaatkan sebagai antioksidan, anti kanker serta dapat membantu untuk meremajakan kulit, kandugan zat sapion yang ada pada tanaman lili paris jugadapat dimanfaatkan sebagai zat penghambat pertumbuhan kanker serta mengatur kadar kolestrol, membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka pada kulit, sedangkan pada ekstrak bunga lili dapat membantu untuk tetap menjaga kelembaban kulit, dapat memberikan perawatan yang spesial bagi kulit yang kering, kulit yang iritasi serta bagi kondisi kulit yang sensitif.

Berikut ini langkah – langkah yang perlu diperhatikan dalam mellakukkan budidaya tanaman lili paris adalah sebagai berikut:

  1. Proses Pembibitan Tanaman

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakkan budidaya tanaman lili paris adalah dengan melakukan tahapan pada proses pembibitan tanaman. Tanaman lili paris merupakan jenis tanaman hias yang tergolong ke dalam bunga semak. Proses pembibitan pada tanaman lili paris dilakukan dengan cara mengambil bibit tanaman tersebut dari rumpun tanaman indukan tersebut. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemisahan bibit yang akan ditanam dengan cara yang hati – hati agar jangan sampai dapat merusak akar pada tanaman tersebut. Jika pembudidaya ingin memperoleh bibit tanaman dalam jumlah yang banyak, maka pembudidaya dapat memperoleh bibit dengan cara membagi bibit tanaman tersebut menjadi rumpun – rumpun kecil. Kemudian setelah itu bibit tersebut dapat diletakkan pada tempat yang pada kondisi lembab sebelum ditanam.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Karet
                              Bibit Tanaman Llili Paris

 

  1. Proses Penanaman Tanaman

Setelah melakukan proses pembibitan tanaman dalam budidaya tanaman lili paris, langkah selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian juga adalah pada tahapan proses penanaman tanaman. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan proses penanaman tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Siapkanlah media tanam yang berupa campuran tanah dengan pupuk kompos ataupun pupuk kanadang dengan komposis pebandingan sekitar 1 : 1.
  2. Campurkanlah media tanam tersebut dengan merata kemudian taruhlah ke dalam pot ataupun polybag.
  3. Jika ingin melakukan penanaman pada pekarangan, media tanam langsung dapat diolah pada lahan pekarangan.
  4. Buatlah lubang tanam dengan ukuran kedalaman sekitar 10 cm.
  5. Tanamlah bibit pada lubang tanam tersebut, lalu tutup kembali lubang tanam dengan media tanam lalu padatkan.
  6. Lakukan penyiraman pada media tanam dengan menggunakan air bersih secukupnya, hal ini bertujuan agar bibit tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik.
                        Penanaman Lili Paris

 

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan proses penanaman tanaman dalam budidaya tanaman lili paris, langkah selanjutnya yang perlu mendapatkan perhatian juga adalah pada tahapan proses perawatan tanaman. Proses perawatan tanaman pada budidaya tanaman lili paris dapat dilakukan dengan cara: penyiraman, penyiangan, perampalan serta pemupukan tanaman. Penyiraman dapat dilakukan scara teratur dengan intensitas penyiraman sehari sekali dengan waktu penyiraman pada pagi ataupun sore hari. Penyiangan dilakukan dengan menyingkirkan gulma atau tanaman liar yang mengganggu disekitar tanaman, penyiangan tersebut dilakukan dengan tjuan agar gulma atau tanamandak mencuri nutrisi yang ada pada media tanam tersebut sehingga tanaman lili paris tersebut dapat tumbuh dengan baik. Perampalan dapat dilakukan pada bagian daun tanaman yang sudah kering apabila perampalan tersebut diperlukan. Sedangkan proses pemupukan tanaman lili paris dapat dilakukan pemupukan secara berkala setelah tanaman tersebut memiliki umur sekitar 3 sampai dengan 4 minggu dengan menggunakan pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Putih Dengan Mudah

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Tanaman Lili Paris “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya