Cara Menanam Buah Leci

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Menanam Buah Leci “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman buah leci… Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂

                              Budidaya Leci (Litchi chinensis)

Tanaman buah leci atau yang sering disebut dengan nama ilmiahnya Litchi chinensis merupakan jenis tanaman buah yang tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis. Tanaman buah leci memiliki habitat yang umumnya ditemukan di negara Tiongkok, India, Pakistan,  Taiwan, Nepal, Bangladesh, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan serta Meksiko. Tanaman buah leci dapat tumbuh dengan baik pada linngkungan udara yang dingin yang membutuhkan cukup banyak air namun tidak sampai membanjiri tanaman tersebut. Tanaman buah leci dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki ke dalaman air kurang lebih sekitar 1 meter. Tanaman buah leci juga dapat tumbuh dengan baik pada keadaan curah hujan yang tinggi yaitu pada rata – rata curah hujan sekitar 2.000 mm per tahunnya. Tanaman buah leci baik ditanam dan budidayakan pada daerah yang memiliki ukuran ketinggina daerang sekitar lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Sedangkan suhu udara yang baik untuk menanam dan membudidayakan tanaman buah leci pada kondisi suhu udara sekitar 9 sampai dengan 19 C sepanjang musim penghujan serta berada pada suhu udara sekitar 24 sampai dengan 33 C sepanjang musim kemarau. Tanaman buah leci memiliki begitu banyak kandungan yang terkandung di dalam buahnya. Dengan berbagai macam kandungan tersebut tanaman buah leci sering dimanfaatkan untuk: tanaman buah leci dapat digunakan untuk mencegah kanker, kesehatan jantung, memperbaiki pencernaan, dapat bermanfaat untuk menutrisi kulit, menjaga kesehatan tulang, menangkal radikal bebas, untuk metabolisme pada tubuh, dapat mencegah penuan dini serta juga dapat dimanfaatkan untuk dapat memelihara rambut sehat.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Buah Leci
                                         Leci (Litchi chinensis)

 

Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk menanam buah leci adalah sebagai berikut:

  1. Proses Persiapan Lahan Tanam

Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman buah leci adalah pada tahaan proses persiapan lahan tanam. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk proses persiapan lahan tanam pada budidaya tanaman buah leci adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum lahan tanam digunakan, terlebih dahulu lakukanlah pennggemburan lahan tanam.
  2. Proses penggemburan lahan dapat dilakukan dengan membajak atau mencangkul lahan tanam tersebut dengan ukuran kedalaman sekitar 30 cm.
  3. Buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang tanam sekitar 60 cm x 60 cm x 60 cm dengan keadaan tanah pada bagian bawah dan tanah bagian atas haruslah dipisahkan.
  4. Diamkanlah lubang tanam tersebut dengan kurun waktu selama sekitar 2 minggu yang bertujuan untuk dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tanah tersebut.
  5. Pada bagian tanah bawah dapat dikembalikan pada lubang tanam, sedangkan pada bagian tanah atas dapat dicampurkan dengan menggunakan campuran pupuk kandang ataupun pupuk kompos untuk dapat menutup lubang tanam tersebut.
  1. Proses Persiapan Bibit Tanam

Setelah melakukan tahapa pada proses persiapan lahan tanam, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan proses persiapan bibit tanam. Adapun syarat – syarat bibit tanam yang akan digunakan untuk melakukan budidaya tanaman buah leci adalah sebagai berikut:

  1. Biji tanaman buah leci yang baik untuk digunakan adalah yang memiliki umur sekitar 1 sampai dengan 1,5 tahun.
  2. Bibit tersebut haruslah bibit yang sehat dan normal serta memiliki ukuran yang seragam.
  3. Bibit tanaman harus dibiarkan untuk beradaptasi sekitar satu bulan sebelum waktu penanaman.
  4. Ukuran lahan tanam yang digunakan ttergantung pada bibit yang digunakan, untuk lahan seluas 1 hektar dengan jarak tana 14 m x 14 m atau 12 m x 12 m diperlukan sekkitar 55 sampai dengan 70 batang bibit tanaman buah leci.
Baca Juga  Cara Tanam Buah Ciplukan Untuk Pemula
                                 Bibit Leci

 

  1. Proses Penanaman Bibit Tanam

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah leci, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan proses penanaman bibit tanaman. Adapun langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses penanaman tanaman buah leci adalah sebagai berikut:

  1. Bibit tanaman yang sudah disemai sudah dapat dilakukan pemindahan ketikan bibit tanaman tersebuut sudah mencapai ukuran tinggi tanaman sekitar 50 cm.
  2. Untuk dapat memindahkan bibit pada lubang tanam, terlebih dahulu dilakukan penyiraman dengan tujuan untuk memudahkan melepaskan polybag yang telah digunakan untuk persemaian tersebut.
  3. Polybag tersebut dapat dirobek dengan menggunakan pisau, kemudian pisahkan bibit dengan tanah semai.
  4. Masukan bibit yang telah disemai tersebut ke dalam lubang tanam yang sudah dipersiapkan.
  5. Tutup kembali lubang tanam dengan menggunakan tanah sisa yang ada.
  6. Kemudian lakukanlah penyiraman bibit tanam secukupnya.
                                                   Penanaman Leci

 

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses penanaman bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah leci, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan proses perawatan tanaman buah leci. Proses perawatan tanaman buah leci dapat dilakukan dengan cara: penyiraman, penyulaman, instalasi mulsa, penyiangan dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan secara teratur dengan intensitas penyiraman sekitar 1 sampai dengan 2 kali dalam waktu satu hari pada saat pagi dan sore hari, namun ketika tanaman sudah berumur dewasa penyiraman sudah dapat dikurangi secara bertahap. Penyulaman dapat dilakukan dengan cara membongkar tanaman buah leci yang abnormal atau sudah mati dengan menggantikan bibit tanaman buah leci yang baru yang cukup sehat. Instalasi mulsa segera dilakukan ketika tanaman sudah mulai ditanam dengan cara menyusun jerami ataupun rumput yang sudah kering menjadi sekitar 3 sampai dengan 5 tikar tebal untuk dapat digunakan sebagai tanah perinukan sekitar tajuk tanaman. Penyiangan dapat dilakukan pertama kali ketika tanaman berumur 2 minggu setlah masa tanam dan selnajutnya dapat dilakukan sekitar 1 sampai 2 bulan berikutnya. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk orgaik ataupun pupuk anorganik dengan dosis yang disesuaikan.

  1. Proses Panen Tanaman
Baca Juga  Tahapan Dalam Menanam Buah Duku

Setelah melakukan tahapan pada proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah leci, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan juga adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses panen tanaman buah leci. Proses panen pada tanaman buah leci dapat dilakukan ketika tanaman berumur sekitar 4 sampai dengan 5 tahun setelah masa tanam tanaman. Proses pemanenan buah leci dapat dilakukan dengan memotong tangkai pada buahnya.

                                                                 Panen Leci

 

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Buah Leci “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya