Cara Budidaya Buah Jeruk Kimkit

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Budidaya Buah Jeruk Kimkit “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman tanaman buah kimkit.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Tanaman buah jeruk kimkit atau yang sering dikenal dengan nama ilmiahnya Triphasia trifolia merpakan jenis tanaman buah dari jenis jeruk – jerkan yang identik dengan rasa buah yang memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa masam. Jeruk kingkit ini juga telah cukup populer dan dengan mudah kita temui dipasaran yang menjual buah – buahan. Buah jerk kingkit memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin C. Tanaman jeruk kingkit memiliki habitat asal yang berasal dari negara Malaysia, sampai dengan sekarang ini penyebaran tanaman jeruk kingkit ini sudah sampai di negara Indonesia dan juga di negara Indonesia sendiri tanaman jerk kingkit sudah banyak dilakukan pembudidayaan baik untuk kebun maupun juga untuk pecinta tanaman.

Tanaman jeruk kimkit memiliki iri – iri morfologi tanaman yaitu: pada bagian buah tanaman jerk kingkit memiliki buah yang memiliki bentuk yang unik dengan bah yang berwarna hijau ketika buah tersebut belum matang dan akan berwarna merah tua ketika bah tersebut telah matang, jeruk kingkit memiliki rasa buah yang tergolong manis dengan sedikit rasa yang masam, pada bagian bah tanaman jeruk kingkit juga memiliki khasiat untk dapat mengobati penyakit tenggorokan atau gatal pada bagian tenggorokan. Pada bagian daun tanaman jeruk kingkit memiliki daun yang berbentuk bulat – bulat yang memiliki ukuran yang sedikit kecil jika dibandingkan dengan tanaman jeruk lainnya serta memiliki pertumbhan daun yang berabang banyak dengan bentuk daun yag seperti itulah, oleh sebab itu tanaman jeruk kingkit juga banyak dijadkan sebagai tanaman bonsai sebagai penghias rumah. Pada bagian tubuh tanaman jeruk kingkit dapat tumbuh dengan ukuran ketinggian tubuh tanaman mencapai sekitar 30 m sampai dengan 50 cm. Tanaman jeruk kingkit juga dapat tumbuh dengan optimal jika ditanam pada daerah yang berada pada dataran rendah sampai dengan datarang tinggi yang memiliki iklim tropis. Tanaman jeruk kingkit juga merupakan jenis tanaman yang sangat memerlukan penyinaran di sepanjang harinya.

Baca Juga  Cara Tanam Buah Kecapi

  1. Proses Persiapan Lahan

Tahapan awal yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman jeruk kingkit adalaha pada tahapan proses persiapan lahan tanam. Lahan tanam dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan rumput liar yang mengganggu. Lakukanlah penggemburan tanah serta buatlah gundukan – gundukan tanah dengan memberi jarak antar tanaman satu dengan tanaman yang lainnya. Kemudian buatlah lubanng tanaman dengan kedalaman lubang tanah menyesuaikan pada akar bibit tanaman terebut, atau juga dapat dilakukan dengan menggunakan pot tanam yang memiliki ukuran pot tanam yang berukuran sedang dengan drainase yang baik.


  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan lahan dalam budidaya tanaman jeruk kingkit, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan dalm budidaya tanaman jeruk kingkit adalah pada tahapan proses persiapan bibit tanaman jeruk kingkit. Bibit dalam perbanyakan tanaman jerk kingkit dapat diperoleh dengan cara membeli bibit yang memiliki kualitas yang unggu pada toko – toko pertanian yang ada, hal tersebut dikarenakan kualitas bibit yang akan digunakan untuk budidaya tanaman jeruk kingkit akan menentukan hasil dari kualitas buah jeruk kingkit tersebut nantinya. Selain itu perbanyakan tanaman jeruk kingkit yang paling sering dilakukan oleh pembudidaya tanaman jeruk kingkit adalah dengan melakukan ara okulasi ataupun dengan melakukan penangkokan pada tanaman jeruk kingkit tersebut. Akan tetapi, induk tanaman yang akan dignakan sebagai oklasi atapun penangkokan haruslah berasal darin induk tanaman yang sehat yang tidak cacat.


  1. Proses Penanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan bibit tanaman dalam budidaya tanaman jeruk kingkit, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan dalm budidaya tanaman jeruk kingkit adalah pada tahapan proses penanaman tanaman jeruk kingkit. Proses penanaman jeruk kingkit pada budidaya tanaman jeruk kingkit dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tancapkan bibit yang sudah dipersiapkan pada gundukan yang sudah dibuat tersebut.
  2. Kemudian pembudidaya harus terus memperhatikan bahwa tanaman jeruk kingkit tersebut mendapatkan cukup paparan sinar matahari.
Baca Juga  Cara Budidaya Jeruk Kingkit

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses penanaman tanaman dalam budidaya tanaman jeruk kingkit, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan dalm budidaya tanaman kingkit adalah pada tahapan proses perawatan tanaman jeruk kingkit. Proses perawatan tanaman jeruk kingkit dalam budidaya tanaman jeruk kingkit dapat dilakukan dengan cara melakukan pemupukan, penyiraman, penyiangan serta pemberantasan hama dan penebangan. Pemupukan dapat dilakukan dengan intensitas pemupukan sebanyak 4 kali di dalam 1 tahun dengan menggunakan jenis pupuk campuran ataupun juga menggunakan jenis pupuk kombinasi pupuk ZK, NPK, pupuk kompos ataupun pupuk kandang dengan dosis pemberian pupuk yang disesuakan pada waktu yang tepat. Penyiraman dapat dilakukan dengan intensitas penyiraman sehari sekali yang dapat dilakukan pada pagi ataupun sore hari, akan tetapi pembdidaya perlu memastikan tanah tidak boleh sampai tergenang oleh air. Penyiangan dapat dilakukan dengan menyingkirkan gulan dan tanaman liar yag ada disekitar tanaman yang nantinya dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan pada tanaman jeruk kingkit tersebut. Pemberantasan hama dan penyakit yang mengganggu tanaman jeruk kingkit dapat dilakukan dengan cara membuat jebakan pada tanaman tersebut serta dapat dilakukan dengan memberikan penyemprotan yang berupa airan peptisida pada tanaman jeruk kingkit tersebut. Selanjutnya adalah dengan melakukan proses penebangan, penebangan dilakukan pada bagian utama batanng pada tanaman jeruk kingkit, penebangan ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat terus meningkatkan jumlah batang supaya dapat menngkatkan produktivitas dari tanaman jeruk kingkit tersebu


  1. Proses Panen

Setelah melakukan tahapan pada proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman jeruk kingkit, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan dalm budidaya tanaman jeruk kingkit adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses pemanenan tanaman jeruk kingkit. Proses pemanenan dalam budidaya tanaman jeruk kingkit dapat dilakukan ketika tanaman jeruk kingkit terlihat pada bagian buahna yanhg sudah mulai tua serta berumur sekitar 30 minggu setelah proses pembungaan. Akan tetapi, jika tanaman jeruk kingkit ditanam dengan menggunakan cara vegetatif proses pemanenan tanaman jeruk kingkit akan lebih cepat.

Baca Juga  Cara Tanam Kapulaga

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Budidaya Buah Jeruk Kimkit “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Berikut Artikel Terkait Lainnya