Cara Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Budidaya udang vaname, Litopenaeus vannamei adalah salah satu dalam kegiatan yang menjanjikan dengan mengingat tingginya suatu permintaan dari pasar industri yang menginginkan udang vaname sebagai bahan baku utama, seperti industri dalam pembuatan kerupuk udang. Selain menguntungkan dan memberikan penghasilan, budi daya udang vaname dapat tekunkan oleh siapa saja selama ada lahan yang memadai.

Kebutuhan akan adanya suatu lahan untuk budi daya udang vaname pun dapat dengan secara fleksibel. Meski lahan penggunaan budidaya udang vaname tidak terlalu luas, maka budi daya udang vaname di kolam terpal juga tetap dapat dilakukan dengan hasil yang efektif. Budi daya udang vaname memang sangat menjanjikan. Udang ini adalah salah satu pasokan komoditas ekspor yang diandalkan. Masyarakat Indonesia juga gemar untuk dapat mengonsumsi udang vaname karena kaya akan kandungan protein dan rendah kalori serta khasiat lain yang baik bagi kesehatan manusia.

Lalu jika kamu memang berminat untuk Cara Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal maka saya akan memberi kamu Cara Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal yang baik dan benar sampai hasilnya sangat memuaskan dan mendapatkan pengahsilan tambahan dari usaha Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal, simak artikel ini sampai habis.

Udang Vaname


Kolam Terpal Bulat Budidaya Vaname

Kolam Terpal Bulat Budidaya Vaname

Cocok untuk dapat dipergunakan untuk tebar padat tinggi. Jika ditambahkan aerasi, maka difusi oksifen pada kolam lebih merata dan maksimal. Mudah untuk dipasang sehingga masa pertumbuhan Udang Vaname ini akan lebih secara maksimal. Risiko untuk kematian jenis Udang Vaname  sangat minim. Proses upaya dalam panen Udang Vaname lebih mudah untuk di lakukan.

Bagi kamu yang mau untuk dapat menghemat tempat, pilihan terbaik jatuh pada kolam terpal kotak. kamu yang mau untuk mendapatkan hasil panen yang lebih optimal, maka kamu dapat pilih kolam terpal bulat. Dengan kolam terpal bulat, proses masa pertumbuhan Udang Vaname akan lebih maksimal. Selain itu, kamu juga tidak akan kesulitan dalam merawat dan membersihkan kolam terpal bulat.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Bandeng

1. Mempersiapkan Lokasi

Mempersiapkan Lokasi

Langkah pertama yang wajib untuk dapat dipersiapkan untuk memulai budidaya Udang Vaname di kolam terpal bulat adalah menyiapkan tempat lokasi. kamu bebas untuk dapat menentukan lokasi. Misalnya di halaman belakang rumah, pekarang, teras, atau garasi yang tidak terpakai. Sesuaikan juga dengan ukuran kolam terpal yang akan kamu gunakan.


2. Perhatikan Suhu

Perhatikan Suhu

Mengatur pada tekanan suhu adalah hal sepele yang terkadang dianggap sepele, utamanya oleh para pembudidaya Udang Vaname yang masih pemula. Padahal hal ini akan berakibat pada kurangnya nafsu makan udang vaname. Apabila zat oksigen terlarut kurang dari empat ppm, maka nafsu makan pada Udang Vaname akan mengalami penurunan. Jika zat oksigen terlarut berada di bawah dua ppm, maka udang akan berhenti makan secara otomatis. Oleh karena itu.

Kamu harus dapat memperhatikan zat oksigen terlarut. Sementara suhu efektif untuk masa pertumbuhan Udang Vaname berkisar antara 26°C hingga 32°C. Selain makan dengan lebih cepat, maka Udang Vaname pun akan lebih cepat buang kotoran. Sangat wajib untuk selalu dapat mengontrol suhu supaya Udang Vaname dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Jika terjadi pada penurunan suhu sekitar 2°C, maka penggunaan pakan yang diberikan harus kamu kurangi hingga 30% dari rata-rata volume pakan harian udang vaname.


3. Pengisian Air Kolam Terpal

Pengisian Air Kolam Terpal

Cara budidaya udang vaname di kolam terpal selanjutnya yang wajib untuk dapat diperhatikan adalah mengisi air pada kolam Udang Vaname. Lakukan pengisian air dengan secara berkala. Jika kolam telah diisi air sebelumnya, maka biarkan saja air tersebut selama waktu tujuh hingga empat belas hari. Pada kolam terpal Udang Vaname yang baru, hal tersebut dapat sangat efektif untuk dapat menghilangkan bau karet yang masih menyengat. Setelah kamu pastikan bahwa bau karet telah tidak ada, maka kamu dapat membuang air tersebut dengan kemudian dapat di ganti dengan menggunakan air tawar yang baru. Diamkan hingga beberapa hari sebelum kolam dapat digunakan oleh Udang Vaname.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Laut Cakalang


4. Fermentasi Air

Fermentasi

Sebelum kolam dapat diisi dengan bibit udang vaname air tawar, maka kolam wajib untuk difermentasikan terlebih dulu. Tak perlu cemas, caranya sangat mudah, yaitu cukup kamu mencampurkan probiotik dengan garam. Cara ini dilakukan supaya air akan menjadi payau. Dengan begitu, udang vaname lebih mudah beradaptasi dengan cepat.


5. Pemberantasan Hama

Pemberantasan Hama

Udang vaname tidak lepas dari hama. Namun, tak perlu khawatir, sebab di pasaran banyak tersedia banyak obat yang bisa kamu perlukan untuk dapat mencegah dan memberantas hama. Jika kamu memakai kolam terpal bulat, maka proses dalam pemberantasan hama ini akan lebih efesien. Pasalnya, area jangkauan hanya berputar pada area pusat. maka Udang Vaname Tidak menyebar layaknya pada kolam terpal kotak.


6. Pilih Benih Udang Vaname

Pilih Benih Udang Vaname 

Langkah dalam pemeliharaan udang vaname dengan penggunaan air tawar selanjutnya adalah menentukan benih Udang Vaname. Meskipun dalam pemeliharaan udang vaname pada kolam terpal dapat menghasilkan panen yang besar, bukan berarti kamu boleh dapat menentukan benih bibit Udang Vaname. Benih Udang Vaname yang berkualitas akan mendapatkan udang yang berkualitas dengan ukuran yang besar dan rasa yang sangat lezat.

harga jual Udang Vaname pun cukup meningkat drastis. kamu menentukan udang dengan kualitas rendah. Hasilnya tidak akan dapat memuaskan, justru akan sanagat mengecewakan. Bahkan, kamu akan terancam untuk gagal panen Udang Vaname. Umumnya, pada benih Udang Vaname yang berkualitas dapat dilihat dari ukurannya yang sangat seragam, warnanya yang bagus dan cerah, tanpa ada cacat pada bagian Udang Vaname.


7. Penebaran Benih Udang Vaname

Setelah mempunyai benih Udang Vaname yang berkualitas secara unggul, maka kamu dapat lakukan penebaran benih udang vaname. Sebaiknya proses dalam tebar benih tidak dapat dilakukan pada saat siang hari. Panas akan matahari yang menyengat dapat menyebabkan Udang Vaname tidak akan nyaman. kamu dapat lakukan tebar benih Udang Vaname pada saat sore atau jelang malam hari. Di waktu ini, sang cahaya matahari sudah relatif minim. kamu bisa menebar benih Udang Vaname, masukkan dengan sejumlah benih Udang Vaname ke dalam kantong selanjutnya apungkan di kolam. Hal ini dapat dilakukan supaya proses adaptasi Udang Vaname dapat berlangsung lancar.

Baca Juga  Cara Budidaya Ikan Kakap Merah


8. Pemberian Pakan Udanga Vaname

Pemberian Pakan Udang Vaname

Pemberian pada Pakan udang vaname di kolam terpal bulat Selama waktu tujuh hari pertama, beri pada pemberian pakan udang dengan volume tinggi, sesuai dengan jumlah udang vaname yang kamu budidaya Udang Vaname di kolam terpal. Setelah usia Udang Vaname memasuki tujuh hari, maka kamu dapat beri protein tinggi dengan takaran sekitar 30% dari takaran pakan harian. Pada memasuki usia remaja Udang Vaname hingga dewasa, maka udang dapat diberi pakan sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari. Pengurasan Air Kolam Jika air dirasa sudah cukup kotor, maka kamu dapat lakukan pengurasan. Namun, sebaiknya dilakukan setelah Udang Vaname berusia sekitar dua bulan lamanya.


9. Panen Udang Vaname

Panen Udang Vaname

Panen pada Udang Vaname dapat dijalankan setelah berumur udang mencapai tiga bulan. Namun, jika kamu ingin hasil udang yang lebih besar, tambahkan waktu panen hingga empat atau lima bulan. sehingga panen akan secara merata dengan ukuran yang sama sehingga tidak adanya perbedaan ukuran pada saat panen sudah tiba


Itu lah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal Semoga kalian yang ingin Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kalian, dan meraup pundi-pundi yang memuaskan, dan semoga artikel ini dapat membantu anda dalam Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal. Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :