Cara Menanam Pohon Jarak

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com – Tanaman jarak merupakan salah satu flora yang dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah beriklim tropis. Manfaatnya Tanaman Jarak yang beragam, mulai dapat mengatasi masalah kesehatan hingga pengganti bahan bakar minyak, membuat Tanaman Jarak ini sangat banyak diminati. banyak orang yang ingin mencoba untuk dapat membudidayakan Tanaman Jarak ini di rumah.  Jarak dapat berproduksi secara maksimal, pada lahan yang kering di dataran rendah dan beriklim kering. Ketinggian tempat 0 sampai 500 m dpl. Curah hujan 300 sampai 1.100 mm per tahunnya. Suhu dan temperatur daerah lebih dari 2° C. Lahan tanah berpasir 60% sampai 90% dengan pH 5,5 sampai 6,5. Tanaman Jarak Dapat tumbuh di daerah miskin hara, tapi mempunyai drainase dan aerasi yang sangat baik.

Jika kalian masih penasaran dengan Cara Menanam Pohon Jarak, saya akan menyampaikan informasi terkait Cara Menanam Pohon Jarak, agar kalian dapat belajar cara dan teknik nya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, selamat membaca.

Cara Budidaya Tanaman Jarak


Cara Menanam Pohon Jarak

Secara optimal, Supaya kamu dapat menanam tanaman jarak dengan menggunakan media stek sebagai cara berbudidaya pohon jarak agar  lebih menguntungkan dan mudah dibanding dengan menggunakan biji. Berikut ini akan dibahas cara menanam pohon jarak dengan setek.


1. Syarat untuk Tumbuh Jarak

Syarat untuk Tumbuh Jaral

Pohon jarak mempunyai beberapa syarat agar dapa tumbuh dengan baik, yang harus di lakukan supaya proses pertumbuhan tanaman dapat optimal sehingga dapat menghasilkan hasil produksi buah jarak yang melimpah. Berikut adalah syarat tumbuh tanaman pohon jarak.

  • Daerah tempat penanaman harus beriklim tropis dengan kontur tanah yang kering dengan kelembapan yang rendah
  • Ketinggian daerah yang kurang dari atau sama dengan 500 mdpl.
  • Daerah harus memiliki curah hujan yang rendah, antara 300 sampai 1100 mm per tahun.
  • Suhu rata-rata mencapai 20 derajat Celsius.
  • Lahan dengan drainase yang cukup baik.
Baca Juga  Cara Menanam Pohon Jati

2. Pemilihan Bibit untuk Stek

Pemilihan Bibit untuk Stek

Stek batang Pohon Jarak yang ditentukan adalah stek yang di proleh dari tanaman induk yang berumur lebih dari 5 tahun. Selain memperhatikan hal diatas penentuan bibit Pohon Jarak stek juga harus memenuhi kriteria seperti di bawah ini :

  • Cari bibit dari pohon jarak yang usianya telah lebih dari 5 tahun.
  • Temukan pada bagian ujung batang pohon jarak yang telah berkayu.
  • Cari batang yang lurus dan tidak bengkok.
  • Potong batang dengan sepanjang 30 cm dengan potongan menyudut.
  • Taruh bibit jarak di tempat teduh dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Tegakkan batang di permukaan bukan tanah dan biarkan hingga getahnya mengalir sampai tuntas.

3. Pembibitan dengan Cara Stek

Pembibitan dengan Cara Stek

Selanjutnya kamu dapat campurkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 di dalam polybag. Lalu kamu dapat tancapkan bibit stek Pohon Jarak dengan posisi tegak lurus pada media tanam, pastikan pada bagian batang Pohon Jarak sudah tertimbun tanah sedalam 10 cm. Polybag harus diletakkan di tempat yang beratap dan terhindar dari pancaran cahaya matahari secara langsung. Siram Pohon Jarak sebanyak 3 kali sehari supaya akar Pohon Jarak cepat berkembang.


4. Mempersiapkan Lahan Tanam

Mempersiapkan Lahan Tanam

Lahan yang dipelukan untuk dapat penanaman jarak wajib untuk disiapkan dengan bersamaan pada proses pembibitan. Hal ini diperlukan untuk dapat menentukan lahan pada tanam Pohon Jarak yang telah siap ketika bibit stek Pohon Jarak harus untuk dipindahkan ke lahan yang kebih besar. Setelah menemukan lahan yang tepat, maka kamu dapat buatlah lubang dengan berukuran sekitar 30x30x30 cm. Selanjutnya, taruh berupa pupuk organik atau pupuk kandang dengan sebanyak 2kg di dalam lubang tanam Pohon Jarak. Idealnya, Pohon Jarak antara tanaman satu dan yang lain adalah 200 cm supaya tanaman Pohon Jarak dapat tumbuh, dengan optimal. Biarkan tanah hingga waktu pemindahan bibit selesai.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Origano

5. Proses Menanam Jarak

Proses Menanam Jarak

Setelah usianya telah mencapai 2 bulan, Sehingga kamu dapat memulai untuk dapat memindahkan bibit Pohon Jarak dari polybag ke lahan tanam yang sudah kamu persiapkan. Pastikan bibit Pohon Jarak yang dipindahkan dalam keadaan sehat, baik, dan tidak diserang oleh hama atau penyakit. Buka bagian polybag dengan secara hati-hati, dan masukkan bibit Pohon Jarak beserta tanahnya ke dalam lubang yang kamu buat. Tutup pada bagian lubang dengan memakai tanah hingga bibit Pohon Jarak tertanam dengan sempurna. Siramlah Pohon Jarak dengan menggunakan air secukupnya untuk memberikan kelembapan pada lahan tanam Pohon Jarak.


6. Perawatan Pohon Jarak

Perawatan Pohon Jarak

Seperti jenis tanaman lainnya, pohon jarak juga memerlukan perawatan supaya tanaman pohon jarak dapat berproduksi dengan secara maksimal. Berikut cara perawatan yang perlu kamu lakukan sebagai berikut :

  • Drainase yang Baik
  • Jarak menyukai tempat yang kering dan kelembapan rendah.
  • Genangan air yang berlebihan dapat membuat tanaman ini mati dan busuk.
  • Menyiangi
  • Cabutlah tanaman pengganggu seperti rumput atau tanaman lain yang tidak diinginkan.
  • Kamu bisa menggunakan cangkul untuk mempermudah pekerjaan ini.
  • Memangkas Cabang dan Ranting
  • Pemangkasan pada pohon jarak perlu dilakukan untuk memastikan pertumbuhannya merata.
  • Memangkas pohon jarak dapat dilakukan setelah 1 tahun sejak masa penanaman.
  • Pemupukan Pohon Jarak setelah satu tahun memberikan pupuk q sampai 2 kg pupuk yang di butuhkan

7. Masa Panen Jarak

Masa Panen Jarak

Panen dapat di lakukan pada saat tahun pertama. Dehan hasil panen bervariatif tergantung dari lokasi dan lahan tanam seperti juga pada cara menanam hidroponik sederhana di daerah pekarangan . Namun, dalam setiap herktarenya biasanya akan panen pertama dapat menghasilkan 0,5 sampai 1 ton. Jumlah ini akan terus menaik sampai hingga dapat mencapai 5 ton pada tahun kelima tanam. Buah yang masuk kriteria untuk di panen jarak adalah buah yang sudah berwarna kuning sampai dengan buah yang sudah kering yang berwarna hitam. Proses panen jarak tidak dapat dilakukan dengan serentak sehingga perlu benar benar teliti supaya buah yang masih hijau tidak ikut terpanen.

Baca Juga  Tips Menanam Tanaman Leunca

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Pohon Jarak semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba Menanam Pohon Jarak, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :