Cara Menanam Bunga Puring

Diposting pada

AnekaBudidaya.Com- Bunga puring merupakan salah satu jenis bunga puring yang paling banyak diburu oleh masyarakat sebagai bunga penghias di perkarangan rumah. Dimana, banyak masyarakat Indonesia mencari tahu cara untuk dapat menanam bunga puring.  Jika dilihat morfologinya, bunga ini mempunyai bentuk yang cenderung bulat, panjang, lebar, dan mirip seperti pesawat atau burung. Di mana bunga ini mempunyai banyak warna seperti hijau pekat, orange, kuning, merah, dan ungu. Bentuk dari morfologi pada bunga puringini memiliki bentuk daun yang unik, dan umumnya adalah spiral serta mirip seperti bentuk dasi.

Bunga Puring merupakan jenis bunga yang banyak tumbuh di kawasan daratan Indonesia. Sebelum memahami bagaimana cara untuk menanam bunga puring yang baik dan benar.  Jika kalian masih penasaran dengan Menanam Bunga Anggrek Bulan, saya akan menyampaikan informasi terkait Cara Menanam Bunga Puring, agar kalian dapat belajar cara dan teknik nya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, selamat membaca.

Cara Menanam Bunga Puring


Cara Menanam Bunga Puring

Supaya bunga puring dapat mekar secara sempurna, maka perlu kamu perhatikan dengan sangat teliti dan seksama cara utuk dapat menanam bunga puring yang baik dan tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan dalam menanam bunga puring  yaitu dengan :


1. Pembibitan Bunga Puring

Pembibitan Bunga Puring

Cara untuk dapat menanam bunga puring langkah awal  adalah dengan melalui proses masa pembibitan dengan benar, yaitu dengan melaksankan cara menyetek pada bagian batangnya ataupun dengan cara mencangkok pada bunga puring. Yaitu, dengan menentukan pada bagian batang bunga puring yang kuat dan sehat, serta kamu dapat lakukan dengan cara mengerok pada bagian batang tersebut dengan menggunakan pisau supaya lendir pada bagian batang bunga puring akan keluar dan lap lendir dengan menggunakan kain sampai hilang.

Baca Juga  Cara Pembudidayaan Karet

2. Tunggu Hingga Akar Muncul

Jika pembibitan dengan cara di cangkok telah selesai, maka tahap selanjutnya kamu dapat melakukan cangkok dengan menutup pada bagian tersebut dengan menggunakan kain atau plastik yang sudah berlubang dan setelah itu plastik dapat diisi tanah, maka lakukan proses penyiraman dengan secara rutin hingga pada akhirnya muncul akar pada bagian yang akan dicangkok tersebut. Jika akar telah muncul, maka proses bibit siap untuk dipotong dari batang bunga puring.


3. Siapkan Media Tanah

Siapkan Media Tanah

Hal yang wajib kamu lakukan dalam menanam bunga puring adalah kamu telah mempersiapkan media tanah yang akan dipakai selama jangka waktu dua minggu sebelum masa proses penanaman bunga puring. Lokasi dari penanaman bunga puring tersebut harus bersih dari hama gulma dan limbah, serta jika medianya menggunakan pot maka tanah harus kaya akan humus berwarna hitam dan tidak hanya itu, tanah harus steril ari berbagai macam penyakit yang kan mengganggu perkembangan dari bunga puring.


4. Lakukan Penggemburan Tanah

Lakukan Penggemburan Tanah

Tahapan berikutnya untuk melakukan cara menanam bunga puring yang baik dan benar, merupakan melakukan proses dalam penggemburan tanah dengan tepat. Dimana ini berfungsi supaya udara akan dapat masuk kedalam tanah dan membuat kelancaran pada penanaman bunga puring akan menghasilkan hasil panen yang kita inginkan. Bukan sekedar itu saja, dalam masa penggemburan tanah juga berfungsi untuk dapat menghilangkan kerikil dan rumput liar pada tanah.


5. Campurkan Pupuk Kedalam Tanah

Supaya hasilnya akan lebih maksimal, maka pada tahapanselanjutnya adalah kamu dapat mencampurkan tanah dengan menggunakan pupuk, baik itu pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos ataup pupuk NHK dan pupuk sp36. Tujuan dari pemberian pupuk tersebut adalah supaya kadar protein dan nutrisi yang ada si tanah bagi pertumbuhan bunga puring akan menjadi lebih sehat, dengan komposisi perbandingan 1:1.

Baca Juga  Cara Merawat Aglaonema

6. Buat Lubang Pada Tanah

Buat Lubang Pada Tanah

Cara untuk dapat menanam bunga puring dengan menggunakan media tanah yang cukup luas adalah kamu wajib untuk membuat lubang pada bagian tanah tersebut dengan ukuran 5 cm sampai 10 cm. Tujuannya adalah supaya puring dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan masa pertumbuhan akar akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rubuh jika terkena angin, dan padatkan saat akan menanam bunga puring.


7. Penyiraman Dilakukan Dengan Rutin

Penyiraman Dilakukan Dengan Rutin

Proses yang terakhir, yang wajib untuk dapat diperhatikan dalam menanam bunga puring merupakan selalu rutin pada saat akan melakukan proses penyiraman, hal ini karena bunga puring merupakan jenis bunga yang memerlukan kapasitas air sangat banyak, selain itu pada proses penyiraman bunga puring juga dapat dilakukan pada saat sore hari dan jangan pada saat siang hari. Penyiraman juga bermanfaat untuk dapat membantu fotosintesis saat di pagi harinya bagi pertumbuhan bunga puring.


Itulah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Menanam Bunga Puring yang Baik dan Benar Untuk Pemula semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba Menanam Bunga Puring, Terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :