Tips Perawatan Tanaman Vanili

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Tips Perawatan Tanaman Vanili “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan perawatan tanaman vanilia.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Tanaman vanili atau yang sering disebut dengan nama ilmiahnya Vanilia planifofela merupakan jenis tanaman yang dapat menghasilkan bubuk vanili yang memiliki aroma yang harum yang biasanya digunakan dalam bahan pembuatan kue. Selain itu, aroma dari tanaman vanili juga sering dijadikan sebagai aroma essential oils. Tanaman vanili memiliki syarat tumbuh tanaman sebagai berikut: tanaman vanili dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang berada pad ketinggian 400 sampai dengan 700 di atas permukaan laut pada suhu udara yang mencapai sekitar 20 sampai dengan 25 C dengan tingkat kelembaban sekitar 70 sampai dengan 80% dengan rata – rata sekitar 75%, selain itu tanaman vanili juga dapat tumbuh dengan intensitas cahaya sekitar 35 sampai dengan 50% dan pada kondisi curah hujan sekitar 1600 sampai dengan 2000 mm/ tahun yang dibagi ke dalam 8 sampai dengan 9 bulan pada kondisi basah serta 3 sampai dengan 4 bulan saat kondisi kering dan pada keadaan pH tanah sekitar 6 sampai dengan 7.

Tanaman vanili memiliki ciri – ciri morfologi, yaitu: Pada bagian batangnya tanaman vanili memiliki bentuk ruas yang berbuku – buku dengan ukuran sekitar 6 sampai dengan 15 cm dengan batang tanaman yang berbentuk silinder, pada bagian batang akar tanaman berbentuk gemuk dengan tektur batang yang lunak dan berwarna hijau muda atau hijau tua dengan ukuran diameter sekitar 1 sampai dengan 2 cm. Pada bagian akar tanaman vanili terdiri dari 2 jenis yaitu akar batang dan akar gantung, panjang akar tanaman vanili sekitar 1 sampai dengan 2 meter dengan ukuran ketebalan akar tanaman sekitar 3 sampai dengan 4 mm dengan akar tanaman berwarna putih butek yang memiliki bulu. Pada bagian daun tanaman vanili memiliki bentuk yang pipih dan memiliki daging, daun tanaman vanili berwarna hijau muda sampai hijau tua dengan ukuran panjang daun sekitar 15 sampai dengan 20 cm dan ukuran lebar daun sekitar 6 sampai dengan 7 cm. Pada bagian bunga tanaman vanili memiliki bentuk seperti terompet yang berwarna putih kehijauan dengan ukuran panjang bunga sekitar 3 sampai dengan 5 cm. Sedangkan pada bagian buah pada tanaman vanili memiliki bentuk morfologi yang berbentuk polong, sedikit lunak dan memiliki daging yang berwarna hijau muda sampai dengan berwarna kecoklatan, terdapat juga bagian garis yang menghasilkan atau terdapat biji di dalamnya, di dalam 1 buah terdapat 10 biji yang ada di dalamnya dengan bentuk bulat pipih yang berwana hitam mengkilat serta berstektur keras.

Baca Juga  Cara Melakukan Budidaya Mahkota Dewa

Tanaman vanili juga mmiliki berbagai macam zat yang terkandung di dalamnya, oleh sebab itulah selain dapat digunakan untuk olahan makanan dan minuman tanaman vanili juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh seperti: dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, merawat kulit, untuk merawat rambut, Β menurunkan merat badan, mengatasi rasa mual, mengatasi rasa depresi serta meminimalisisr terjadinya kardiovaskular.


  1. Proses Persiapan Lahan

Hal utama yang harus menjadi perhatian di dalam melakukan budidaya tanaman vanili adalah pada tahapan proses persiapan lahan tanam. Adapun syarat lahan tanam yang akan digunakan dalam budidaya tanaman vanili adalah sebagai berikut:

  1. Lahan harus memiliki cukup sinar matahari dengan kondisi suhu 18 sampai dengan 23
  2. Lahan memiliki struktur tanah yang lembab dan gembur.
  3. Lahan dipupuk dengan menggunakan pupuk organik.
  4. Lahan harus diberi naungan berupa pohon yang tumbuh lebih tinggi dari pohon tanam.

  1. Proses Persiapan Bibit Tanam

Setelah melakukan tahapan proses persiapan lahan pada budidaya tanaman vanili, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pada tahapan persiapan bibit tanam. Bibit tanaman vanili dapat diperoleh melalui biji tanaman vanili ataupun dapat langsung membelinya pada toko – toko yang menjual bibit tanaman. Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan dalam persiapan bibit pada budidaya tanaman vanili adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan bibit (stek) tanaman terlebih dahulu dengan menggunakan lap.
  2. Rendamlah bibit yang telah dibersihkan dengan intensitas perendaman sekitar 5 sampai dengan 10 menit.
  3. Keringkan bibit stek tersebut lalu rendamlah kembali ujungnya saja selama 5 sampai dengan 7 hari.
  4. Jika daun – daun tunas mulai tumbuh dibagian bawah yang direndam itu artinya stek berhasil.
Baca Juga  Cara Pembudidayan Vanili

  1. Proses Penanaman Tanaman

Setelah melakukan tahapan proses persiapan bibit tanam pada budidaya tanaman vanili, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pada tahapan penanaman tanaman vanili. Budidaya tanaman vanili dapat dilakukan dengan menggunakan lahan pekarangan ataupun dapat dilakukan dengan menggunakan pot tanam. Sebelum melakukan proses penanaman tanaman tanah yang ada pada lahan atau pot yang akan digunakan hendaknya dilakukan pemupukan terlebih dahulu, buatlah guludan untuk pengaliran air, buatlah lubang tanam pada guludam lalu tanamlah tanaman pada lubang tanam dan tancapkan juga tiang penyangga didekat tanaman vaila yang ditanam tersebut.


  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan proses penanaman tanaman pada budidaya tanaman vanili, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pada tahapan proses perawatan tanaman vanili. Proses perawatan pada budidaya tanaman vanili dapat dilakukan dengan cara: penyiraman, pemangkasan dan pemupukan tanaman. Penyiraman dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi tanah supaya tanah tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah, tanaman vanili merupakan tanaman yang tidak tahan akan kekeringan sehingga pembudidaya perlulah membuat mulsa dan juga tanaman vanilli tidak tahan akan genangan air sehingga pembuidaya harus membuatkan parit unntuk aliran air. Pemangkasan dilakukan untuk meranngsang pertumbuhan tunas – tunas baru pada tanaman vanili. Pemupukan dilakukan dengan memberikan pupuk organik dengan dosis sesuai aturannya.


  1. Proses Panen Tanaman

Setelah melakukan tahapan proses perawatan tanaman pada budidaya tanaman vanili, tahapan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses panen tanaman vanili. Proses panen pada budidaya tanaman vanili dapat dilakukan pada saat tanaman vanili berumur 2 sampai dengan 3 tahun. Panen dapat dilakukan selama kurun waktu setahun 1 kali dengan masa panen 2 sampai dengan 3 bulan penuh. Buah tanaman vanili yang siap dipanen memiliki ciri warna buah yang sudah berwarna hijau dengan pucuk yang berwarna kuning.

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Rambutan

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Tips Perawatan Tanaman VaniliaΒ “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Berikut Artikel Terkait Lainnya