Tips Perawatan Suplir

Diposting pada

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Tips Perawatan Suplir “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan perawatan tanaman suplir.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Tanaman Suplir atau yang dikenal dengan nama ilmiah Adiantum merupakan jenis tanaman hias yang pernah menjadi primadona pasar Indonesia pada era 80. Suplir tergolong ke dalam jenis tumbuhan paku – pakuan yang tidak menghasilkan bunga selama siklus hidup suplir. Perkembangbiakan tanaman suplir dengan menggunakan spora. Spora tersebut terletak pada sisi tepi bawah daun dewasa. Akan tetapi, tanaman suplir memiliki perbedaan dari tumbuhan paku – pakuan yang lainnya, daun pada tanaman supllir tidak memiliki bentuk yang memanjang melainkan daun tanaman suplir memiliki bentuk yang cenderung membulat.


Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman suplir, sebagai berikut:

  1. Pembibitan

Pembibitan pada budidaya tanaman suplir dalam memperoleh bibitnya didapatkan dengan cara melakukan pemisahan bibit dari tanaman induknya tetapi tanaman induk harus memiliki kualitas yang baik dan merupakan tanaman induk yang sehat yang bebas dari hama penyakit. Pembudidaya juga harus tetap memperhatiakan batang supaya batang tidak putus atau patah, karena tanaman suplir memiliki batang yang mudah patah karna bentuknya yang sangat tipis. Setelah pembudidaya mendapatkan bibit tanaman suplir, bibit dapat disimpan pada tempat yang lembab sebelum dilakukan penanaman.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Kemuning

  1. Persiapan Penanaman

Pembudidaya dapat mempersiapkan media tanam dan wadah sebelum menanam tanaman suplir. Media tanam wadah yang digunakan dalam melakukan penanaman pada tanaman suplir adalah media polybag ataupun pot yang diberi lubang pada bagian bawahnya dan pada setiap sisi – sisi media tersebut. Tanaman suplir menggunakan media tanam dengan tanah yang memiliki struktur tanah yang gembur dan tanah tersebut hruslah mengandung banyak unsur hara yang kemudian media tanam tersebut dicampurkan dengan pupuk kompos sesuai yang dibutuhkan, kemudian siram dengan air.

Ketika seluruh media sudah siap barulah pembudidaya dapat melakukan proses penanaman pada tanaman suplir tersebut. Bibit tanaman suplir dimasukan dengan cara bagian akar yang seluruhnya tertutup media tanam. Saat melakukan pemasukan tbibit pada media tanamΒ  haruslah memastikan supaya batang tanaman tidak patah. Tempatkan tanaman pada area yang teduh serta sirami tanaman setiap harinya.


  1. Perawatan

Pada budidaya tanaman suplir perawatan pada tanaman ini dilakukan dengan cara memberikan penyiraman pada tanaman suplir tersebut secara rutin. Tidak hanya penyiraman, pemupukan pada tanaman suplirpun sangat perlu dilakukan untuk tetap memberikan nutrisi pada tanaman suplir. Pemupukan dapat dilakukan dengan memberikann pupuk cair ata pupuk kompos ataupun pupuk NPK yang diberikan dengan intensitas waktu yaitu setiap 2 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Jika tanaman suplir tumbuh rimbun segeralah lakukan pergantian wadah dan media tanam.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Tips Perawatan Tanam SuplirΒ “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Kamboja

Berikut Artikel Terkait Lainnya