Cara Tanam Asam

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Tanam Asam “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman tanaman asam.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Tanaman Asam atau buah asam adalah jenis tanaman buah yang rasanya asam. Buah ini biasa digubakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia yanng fungsinya sebagai penyedap atau penambah rasa asam pada makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang – kadang kuah pempek. Buah yang masih muda rasanya sangat asam, dan digunakan sebagai bumbu atau campuran salad atau sayuran asam. Buah yang matang dapat disimpan dalam waktu lama setelah dikupas dan sedikit dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Selai daginng, banyak bagian pohon asam yang dapat digunakan sebagai obat tradisonal. Daun muda bisa dimanfaatkan sebagai obat dengan dikombinasikan dengan kunyit.


  1. Poses Persiapan Lahan Tanam

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman asam adalah dengan melakukan proses persiapan lahan tanam. tanaman Asam tumbuh baik pada variasi kondisi tanah dan iklim yang cukup. Tanaman ini tumbuh di tanah berpasir atau tanah liat, yaitu pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi yaitu sekitar 1000  meter di atas permukaan laut.

Baca Juga  Cara Merawat Tanaman Kucai

  1. Proses Pemilihan Bibit Tanaman

Asam dapat diperbanyak dengan benih, pencangkokan, penyambungan dan penempelan. Anakannya yang berumur satu tahun atau kkurang sudah cukup besar untuk ditanam di lapangan, tetapi mungkin sifatnya berbeda dengan induknya. Pohon induk yang baik biasanya diperbanyak secara vegetatif.


  1. Teknis Penanaman

Penempelan perisai (shield budding) dan penempelan tambahan (patch budding) serta sambung celah (cleft grafting) merupakan metode yang cepat dan dapat dipercaya. Pohin hasil perbanyakan secara penempelan dan penyammbungan ditanam di kebun pada awal musim hujan dengan jarak tanam 8 sampai dengan 10 m.


  1. Proses Pemeliharaan Tanaman

Perawatan pohon asam pada umummya minim, tetapi diperkebunan buah asam di wilayah Delta Tengah dan Thailand dilakukan pemeliharaan secara intensif. Perlakuan ini dimungkinkan karena pohon hasil penyambungan sudah dapat berubah pada umur 3-4 tahun. Kultivar yanng manis ditanam dan tanaman genjah yang berkualitas unggul tidak memerlukan pertumbuhan perpanjangan, diduga tingginya permukaan air tanah yang menghambat akar tumbuh lebih dalam itu menolong mengerdilkan pohon. Langkah – langkah pengaturan ukuran pohon mencangkup jarak tanam yang rapat (kira – kira 500 batang per hektar) dan pemangkasan untuk memperbaharui cabang penghasil buah.


  1. Proses Pemanenan Tanaman

Buah dari kultivar asam dipanen dalam dua tahap: polong hijau untuk bumbu penyedap, dan polong matang untuk diproses.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Tanam Asam “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Budidaya Tanaman Kaktus

Berikut Artikel Terkait Lainnya