Cara Perbanyakan Tanaman Buah Jambu Kristal

Anekabudidaya haii haii haii para budidayawan…. Kembali lagi pada postingan artikel kita kali ini yang dimana kali ini kita akan memberikan kalian informasi terbaru dengan bahasan ” Cara Perbanyakan Tanaman Buah Jambu Kristal “… Semoga informasi ini bisa menjadi bekal kalian untuk mulai melakukan penanaman tanaman buah jambu kristal.. Selamat membaca dan selamat mencoba ….. 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

Panen Jambu Kristal

Tanaman buah jambu kristal atau yang biasa disebut dengan nama ilmiahnya Psidium Guajava merupakan jenis tanaman yang berasal dari hasil perubahan genetika dari buah jambu Muangthai Pak yang dibudidayakan di negara taiwan. Tanaman buah jambu kristal diberi nama itu dikarenakan tanaman tersebut memiliki daging buah yang berwarna putih bersih serta jernih sama seperti halnya dengan kristal. Tanaman buah jambu kristal ini memiliki keunggulan utama yaitu pada jambu kristal memiliki biji yang sedikit dan hampir tidak ada. selain itu, tanaman buah jambu ini memiliki banyak keunggulan lainnya jika dibandingkan dengan jambu jenis lain yaitu pada rasanya yang manis, memiliki daging buah yang tebal, memiliki terkstur daging buah yang renyah dan tidak keras, rajin berbuah di sepanjang tahun, memiliki buah yang besar, memiliki lapisan lilin yang tebal sehingga tidak mudah busuk serta tanaman buah kristal ini tahan disimpan lebih lama. Tanaman jambu kristal ini juga memiliki habitat tumbuh pada daerah yag beriklim tropis seperti halnya negara Indonesia. Tanaman buah jambu kristal ini juga dapat tumbuh dengan optimal pada daerah yang memiliki ukuran ketinggian lahan yang berada sekitar 50 sampai dengan 1.000 meter di atas permukaan air laut. Suhu rata – rata udara yang baik untuk menanam tanaman jambu kristal agar tanaman jambu kristal tersebut dapat tumbuh dengan optimal adalah pada suhu sekkitar 15 C sampai dengan 34 C. Tanaman buah jambu kristal juga dapat tumbuh dengan baik dan subur jika di tanam pada daerah yang memiliki intensitas curah hujan yang ada sekitar 1.000 sampai dengan 3.800 mm per tahunnya dengan kelembaban udara yang ada pada daerah sekitar bekisar 70% sampai dengan 90%.  Tanaman jambu kristal juga merupakan jenis tanaman buah – buahan yang sangat menyukai tanah yang memiliki tekstur tanah liat yang memilliki sedikit pasir dengan pH tanah sekitar 4,5 sampai dengan 8,2. Tanaman buah jambu kristal ini juga memiliki banyak kandungan zat yang terkandung didalamnya, oleh sebab itulah tanaman buah jambu kristal sering dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh, seperti: jambu kristal dapat dimanfaatkan untuk mecegah adanya kanker hal tersebut dikarenakan buah jambu kristal tersebut memilii kandungan antioksidan yang tinggi, memperlancar saluran pencernaan, daun jambu kristal juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare, dapat meningkatkan sistem ketahnan tubuh, baik juga untuk kesehatan mata, menurunkan tekanan darah serta menurunkan kolestrol di dalam tubuh.

Baca Juga  Cara Budidaya Buah Langsat

  1. Proses Persiapan Bibit Tanaman

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman buah jambu kristal adalah dengan melakukan tahapan pada proses persiapan bibit tanaman. Bibit tanaman buah jambu kristal dapat diperoleh dengan cara mencangkok tanaman buah jambu kristal tersebut. Selain itu, bibit tanaman buah jambu kristal ini juga dapat diperoleh dengan membeli bibit tanaman tersebut pada toko – toko pertanian terdekat dan terpercaya yang menjual bibit tanaman buah jambu kristal tersebut.

  1. Proses Persiapan Media Tanam dan Media Tumbuh

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan bibit tanaman dalam budidaya tanaman buah kristal, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah proses persiapan media tanam dan media tumbuh. Adapun lagkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses persiapan media tanam dan media tumbuh adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat tanam, dapat dilakukan dengan menyiapkan drum yang dipotong menjadi dua bagian atau juga dapat mengguakan planter bag yang dapat dibeli pada toko bibit tanama terdekat.
  2. Buatlah ukuran planter bag dengan membuat diameter tersebut yang cukup besar.
  3. Sebagai media tumbuh tanaman, pembudidaya dapat menggunakan campuran tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dan sekam padi dengan komposisi perbandingan sekitar 2 : 1 : 1.

  1. Proses Penanaman Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses persiapan media tanam dan media tumbuh tanaman dalam budidaya tanaman buah kristal, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah proses penanaman tanaman buah jambu kristal. Adapun lagkah – langkah yang dapat dilakukan dalam proses penanaman tanaman adalah sebagai berikut:

  1. Isilah bagian bawah planterbag tersebut dengan pecahan genteng dengan menambahkan serabut kelapa yang berguna untuk menstabilkan sir.
  2. Isilah juga setengahnya lagi plannterbag tersebut dengan menggunakan media tumbuh tanaman yang telah dipersiapkan.
  3. Masukkanlah bibit tanaman tersebut dan uruk juga tanah yang sudah dicampurkan tersebut.
  4. Kemudian setelah itu lakukanlah penyiraman, pada media tanam dapat ditambahkan juga dengan dolomit untuk menjaga kondisi tanah agar tidak berjamur.
Baca Juga  Cara Menanam Cyanococcus Dengan Hasil Panen Berkualitas

  1. Proses Perawatan Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses penanaman tanaman dalam budidaya tanaman buah kristal, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah proses perawatan tanaman buah jambu kristal. Proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman jambu kristal dapat dilakukan dengan cara: penyiraman, pemangkasan dan melakukan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukan setiap hari pada saat musim kemarau namun ketika musim hujan penyiraman dapat dilakukan sekali sehari pada saat pagi atau sore hari. Pemangkasan dapat dilakukan dengan memotong bagian cabang tanaman yang tidak terlalu baik bagi pertumbuhan tanaman tersebut. Pemupukan pertama kali dapat dilakukan sekitar 1 bulan setelah masa tanam serta pemupukan berikutnya dapat dilakukan dengan intensitas pemberian pupuk sekitar 2 sampai dengan 3 bulan sekali, dengan menggunakan jenis pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos atau dapat menambahkan sediki jenis pupuk anorganik sesuai dosis yang dianjurkan.

  1. Proses Panen Tanaman

Setelah melakukan tahapan pada proses perawatan tanaman dalam budidaya tanaman buah kristal, langkah selanjutnya yang perlu juga diperhatikan adalah pada tahapan akhir yaitu pada proses panen tanaman buah jambu kristal. Panen tanaman jambu kristal memliki masa panen yang bervariasi yang tergantung pada sistem perawatan dan pemilihan bibit tanaman. Panen tanaman jambu kristal ada yang sudah dapat dipanen ketika sudah berbuah 8 bulan atau juga ada yang 1,5 tahun baru dapat berbuah.

Demikianlah informasi yang telah disampaikan pada postingan artikel kali ini yang membahas tentang ” Cara Menanam Tanaman Sayuran Kailan Dengan Baik “… Semoga informasi yang sudah disampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk para pelaku budidaya atau yang baru akan mencobanya.. So,, tetap stay di web anekabudidaya.com yaaaa..,,,, karena masih banyak informasi – informasi yang tidak kalah menarik lainnya yang akan kami berikan kepada para budidayawan… 🙂 🙂 🙂 🙂

Baca Juga  Cara Tanam Buah Belimbing Uluh

Berikut Artikel Terkait Lainnya